Contoh kata kerja dan kata sifat

Contoh Kata Kerja dan Kata Sifat

Jan 28, 2022 | Bahasa Inggris

Salah satu cara terbaik bagi pemula dalam menguasai bahasa inggris adalah belajar contoh kata kerja dan kata sifat. Materi paling dasar ini wajib kamu ketahui agar bisa menggunakan Bahasa Inggris untuk membaca, berbicara, dan menulis.

Kata kerja dan kata sifat, keduanya sangat penting digunakan untuk membuat kalimat. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mennyimak seluruh pembahasan lengkap tentang kata kerja dan kata sifat bersama ICAN English.

Baca Juga: CONTOH KATA KERJA BAHASA INGGRIS

Penggunaan Verb dan Adjective Dalam Bahasa Inggris

Agar kamu lebih mudah mempelajarinya, maka pada pembahasan kali ini akan dikupas satu per satu. Pertama adalah pembahasan verb dan kedua yaitu pembahasan adjective. Masing-masing pembahasan dilengkapi dengan contoh.

1. Penggunaan Verb

Penggunaan verb bervariasi, mulai dari verb 1, verb 2, verb 3, dan verb-ing. Verb 1 adalah untuk pola kalimat simple present, sebagaimana berikut:

Joanna likes Durian

Sedangkan penggunaan verb 2 hanya untuk menyatakan kejadian di masa lampau, dengan contoh berikut:

I watched the football competition yesterday.

Penggunaan verb 3 hanya untuk kalimat pasif ataupun perfect tense. Verb yang digunakan bisa regular atau irregular. Apabila menggunakan regular verb, maka terdapat penambahan –ed/-d, seperti contoh berikut:

We have talked a lot.

Sementara untuk v-ing, mengungkapkan hal yang sedang berlangsung dengan adanya be yaitu is/am/are, dengan contoh kalimat berikut:

Sam is eating chocholate bar.

2. Penggunaan Adjective

Bentuk paling sederhana pada adjective yaitu satu frase atau kata yang dikenal dengan sebutan adjective phrase. Contoh kalimat adjective adalah berikut:

Many young boys.

Dalam kalimat di atas, many fungsinya yaitu modifier, sedangkan young boys adalah adjective. Jika ditulis young boy saja, maka kurang spesifik jumlahnya. Penggunaan kata sifat tersebut berdasarkan kebutuhan dalam memberikan pertanyaan umum maupun khusus. Berikut adalah contoh lainnya tentang kalimat adjective:

  • Joanna is a kind girl (Adjective of quality, karena digunakan berdasarkan kualitas)
  • Some of my family members like camping (Quantitative Adjective, fokus terletak pada nominal barang atau pronoun)
  • I need more books to read (Adjective of Quantity, mengacu pada kuantitas)
  • I need twelve students to start this performance (Numeric adjective, mengacu pada jumlah angka)
  • I want to buy that ice cream (Demonstrative adjective untuk kata benda atau pronoun)
  • Joanna has a funny fat brown cat (Descriptive adjective menerangkan benda dengan beberapa noun)

Adjective atau kata sifat berfungsi menerangkan kata ganti maupun kata benda dalam sebuah kalimat. Adjective merupakan bagian dari part of speech dengan banyak macamnya, sebagaimana contoh-contoh kalimat di atas.

Baca Juga: CARA MENYUSUN KALIMAT BAHASA INGGRIS

Mengapa Harus Paham Adjective dan Verb

Belajar bahasa Inggris memang tampak ribet. Hal ini karena kamu harus belajar rumus dan materinya. Walaupun begitu, kamu bisa memahami kuncinya supaya bisa meningkatkan kemampuan lebih cepat. Salah satu triknya adalah mempelajari contoh kata kerja dan kata sifat.

Dalam sebuah kalimat, selain noun, terdapat adjective atau kata sifat dan verb atau kata kerja. Subject + verb merupakan syarat mutlak wacana. Sekarang, cobalah memperhatikan contoh berikut:

I have a dream.

Menurut kamu, mana verb dalam contoh kalimat tersebut? Jika jawabannya adalah dream, maka dream dalam konteks kalimat ini bersifat noun atau kata benda. Sedangkan verb yang digunakan adalah have.

Itulah penjelasan lengkap tentang contoh kata kerja dan kata sifat. Dari semua penjelasan tersebut, sekarang kamu bisa mencoba mencari kosakata baru setiap hari, khususnya kata kerja dan kata sifat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Online untuk Karyawan

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Online untuk Karyawan

Belajar Bahasa Inggris bagi karyawan saat ini menjadi satu hal yang penting. Mengingat saat ini dunia bisnis dan industri semakin berkembang bahkan sudah mulai merambah internasional sehingga kemampuan bahasa Inggris sangat perlu untuk di asah. Bahkan saat ini ada...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH