Apa Itu Duolingo English Test? Ini Panduan Lengkapnya!

Apa Itu Duolingo English Test? Ini Panduan Lengkapnya!

Apa itu Duolingo english test adalah ujian kemahiran berbahasa Inggris yang dirancang untuk membantu pelajar dan institusi. DET dimaksudkan untuk diikuti oleh peserta yang bukan penutur asli bahasa Inggris dan penutur asli bahasa Inggris. Tes ini dapat dilakukan di komputer pribadi tiap peserta dan online dari mana saja dan kapan saja.

Seperti tes kecakapan bahasa Inggris konvensional lainnya yaitu TOEFL, IELTS, dan PTE, ujian ini menguji empat kemampuan berbahasa: Membaca, Menulis, Mendengarkan, dan Berbicara. Tingkat kesulitan tes akan terus meningkat sesuai setiap jawaban yang benar. Tetapi, tingkat kesulitan tes juga akan menurun jika jawaban soal sebelumnya salah.

Berbeda dengan tes kecakapan bahasa Inggris lainnya, kamu tidak perlu pergi ke pusat tes untuk mengikuti ujian. Kamu dapat mengikuti tes dari rumah. Validitas DET adalah dua tahun.

Berapa Kali Bisa Mencoba Tes Duolingo?

Kamu boleh mengikuti tes ini sebanyak yang kamu suka. Satu-satunya syarat adalah tidak boleh mengambil DET lebih dari dua kali dalam 30 hari. Validitas ujian Duolingo tidak terbatas, dan jika gagal berkali-kali, kamu dapat mengulanginya sebanyak yang kamu anggap perlu.

Satu-satunya bagian yang berkaitan dengan validitas tes Duolingo adalah jika tidak meningkatkan bahasa Inggris dalam jangka waktu tertentu, ujian ini berarti bukanlah pilihan yang tepat. Mungkin kamu harus menggunakan metode lain untuk memperoleh sertifikat kemahiran berbahasa Inggris yang berguna dalam memenuhi persyaratan instansi.

Biaya Tes Bahasa Inggris Duolingo

Biaya ujian Duolingo jauh lebih rendah dibandingkan IELTS dan TOEFL. Hal ini karena pola pengujiannya yang unik. Ujian online memungkinkan pengurangan biaya eksternal seperti sewa fasilitas pengujian dan logistik lainnya yang ada pada tes tatap muka. Biaya ujian Duolingo hanya 49 USD  ditambah pajak yang berlaku, tergantung di mana pembelian dilakukan.

Biaya Penjadwalan Ulang Duolingo

Setelah pembayaran dilakukan, kamu dapat mengikuti tes kapan saja dalam 21 hari ke depan. Dalam jangka waktu ini, kandidat dapat menjadwalkan ujiannya sesuai keinginannya. Jika tidak mengikuti tes dalam waktu 21 hari, tes dibatalkan. Tidak ada pengembalian dana yang akan diberikan jika kandidat membatalkan atau gagal mengikuti tes Duolingo.

Jika seorang kandidat menghadapi masalah dengan tes atau hasilnya, dapat menghubungi layanan pelanggan dan meminta pengembalian dana. Perlu dicatat bahwa jika kandidat tidak mengikuti salah satu aturan tes, maka tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pengembalian uang.

Baca Juga:
Kenalan dengan Duolingo Test dan Trik Capai Skor Tinggi

Apa Saja Syarat Ikut Tes Duolingo

Tes Bahasa Inggris Duolingo tidak memerlukan transkrip akademik atau sertifikat apa pun untuk kualifikasi. Siapa pun yang ingin menilai kemahiran bahasa Inggrisnya dapat mengikuti tes DET dari belahan dunia mana pun.

Kriteria Usia

Tes Bahasa Inggris Duolingo tidak memiliki batasan usia. Ujian tersebut terbuka untuk semua orang yang membutuhkan tes kemahiran bahasa Inggris. Namun, pelamar yang berusia di bawah 13 tahun memerlukan izin orang tua. Wali sah atau orang tua perlu memberikan persetujuannya melalui formulir online pada saat pendaftaran.

Frekuensi Tes Ulang

Tes ini dilakukan sepanjang tahun, namun hanya dapat dilakukan dua kali dalam 30 hari. Siswa dapat mengulangi tes sampai mencapai skor yang ditargetkan.

Universitas ternama mempunyai persyaratan skor yang lebih tinggi dan siswanya harus mencoba kembali tes tersebut untuk mendapatkan skor yang diinginkan. Siswa dapat mendaftar untuk ujian baru hanya setelah pengumuman hasil ujian sebelumnya.

Kualifikasi Akademik

Kualifikasi akademis pelamar tidak diperlukan untuk mengikuti ujian Duolingo. Siswa kelas 6, 8, dan 9 juga dapat mendaftar. Ujian Duolingo diperuntukkan bagi siswa dari semua tingkatan dan standar yang ingin diterima di institusi akademik di negara-negara berbahasa Inggris.

Syarat Dokumentasi

Pelamar yang mendaftar ujian Duolingo memerlukan bukti foto KTP yang masih berlaku. Alternatif lainnya bisa berupa paspor yang masih berlaku, SIM, tanda pengenal pemerintah, atau bukti identifikasi militer. Karena pelamar mengikuti tes menggunakan komputer atau laptop, siswa harus memiliki konektivitas internet yang cepat, browser yang mendukung, kamera depan, dan mikrofon.

Baca Juga:
Simak Cara Menyelesaikan Tes Bahasa Inggris Di Duolingo

Siap Daftar Duolingo Test?

Itulah penjelasan tentang apa itu Duolingo English test. Jika kamu merasa sudah siap daftar, jangan terburu-buru. Pastikan untuk mengambil kursus persiapan Duolingo dulu di ICAN English. Setelah itu, kamu dapat mengikuti tes resmi Duolingo di lembaga ini untuk mengurus syarat studi luar negeri, jadi lebih praktis!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi