Kenalan dengan Duolingo Test dan Trik Capai Skor Tinggi

Kenalan dengan Duolingo Test dan Trik Capai Skor Tinggi

Jika kamu sudah tidak asing dengan IELTS dan TOEFL test, bagaimana dengan Duolingo Test? Platform digital ini membantu kamu dalam memperoleh Tes Kemampuan Berbahasa Inggris sebagai alternatif dari IELTS dan TOEFL.

Hal ini karena sudah banyak lembaga mengakui efektivitas dari tes tersebut. Sama seperti IELTS dan TOEFL, hasil tes Duolingo bisa kamu gunakan untuk memenuhi syarat bahasa asing untuk kuliah di luar negeri. Ujian Duolingo menilai aspek speaking, writing, reading, dan listening.

Apa yang Dimaksud Duolingo English Test?

Tes Duolingo diselenggarakan agar kamu dapat mengukur kemampuan berbahasa Inggris secara alami. Tes ini juga menuntut pesertanya untuk menjawab soal-soal dengan jawaban terbuka. Peserta Duolingo akan mendapatkan kemudahan mengerjakan soal, karena kamu dapat menyelesaikannya walaupun di rumah.

Ketika kamu bisa menjawab satu soal tes Duolingo dengan benar, maka soal berikutnya akan menjadi lebih sulit. Apabila jawaban kamu salah, sistem akan langsung memberikan pertanyaan berikutnya dengan level yang lebih mudah. Inilah metode yang membuat tes Duolingo mempunyai akurasi tinggi dalam menentukan level kemahiran bahasa inggris peserta tes.

Selama tes, terdapat tim pengawas yang akan memantau gerak-gerik setiap peserta tes. Hal ini karena seluruh pelaksanaan tes di komputer terekam. Semua tombol yang kamu tekan bahkan bisa dipantau oleh tim. Mereka kemudian akan mengevaluasi hasil rekaman tersebut untuk memastikan jika kamu telah memenuhi peraturan ujian dan tidak melakukan tindakan kecurangan.

Baca Juga:
Tips Sukses Duolingo Practice English Test

Keuntungan Mengikuti Duolingo Test

Berikut adalah apa saja keuntungan ketika kamu mengambil tes Duolingo:

Cara Daftar Mudah

Salah satu keuntungan terbesar dari tes Duolingo adalah karena sangat mudah sekali untuk melakukan pendaftaran. Kamu bahkan bisa daftar 10 menit sebelum tes mulai. Tes juga bisa kamu ikuti kapan saja, tanpa harus menunggu adanya pengumuman pendaftaran tes Duolingo di waktu tertentu. Untuk mendaftar, kunjungi laman web Duolingo English test dan mengikuti seluruh instruksi yang ada.

Harga Terjangkau

Selain nyaman, salah satu alasan mengapa banyak pelajar memilih Duolingo adalah karena tes ini menawarkan harga terjangkau. Biaya test duolingo lebih murah dibandingkan biaya ikut tes TOEFL atau IELTS.

Harga Duolingo English test yaitu sekitar $49 US, yang artinya hanya sekitar 600 ribuan. Tes ini juga tidak mengenakan biaya apabila peserta ujian ingin mengirimkan nilai tes ke universitas tujuan. Bahkan, masa berlaku Duolingo english test ini terbilang menguntungkan, yaitu berlaku selama dua tahun.

Fleksibel

Ketika mendaftar ujian Duolingo, kamu tidak perlu harus memenuhi persyaratan kualifikasi akademik. Kamu bisa mengikuti tes ini dimana saja dan kapan saja. Pastikan bahwa kamu hanya mengambil ujian ini hanya untuk universitas yang menerima duolingo english test. Tes tersebut terbuka untuk siapa saja di atas usia 13 tahun dan dapat dipergunakan di lebih dari 1100 universitas di berbagai belahan dunia.

Kamu bahkan bisa mengerjakan soal-soal tersebut di depan komputer, di rumah. Tidak perlu harus pergi ke pusat tes yang sudah ditawarkan Duolingo. Kamu hanya membutuhkan komputer dan webcam.

Persiapan Minim

Sebelum mengikuti tes, kamu tidak membutuhkan banyak persiapan peralatan. Kamu dapat menggunakan komputer dengan mikrofon, speaker, dan kamera yang dapat berfungsi secara normal. Kamu juga membutuhkan browser versi terbaru dengan koneksi internet stabil.

Untuk ikut tes ini, kamu bisa menggunakan koneksi internet dengan kecepatan 2 Mbps untuk kecepatan unduh dan 1 Mbps untuk kecepatan unggah. Kamu juga hanya perlu menunjukkan KTP atau paspor sebagai verifikasi tanda pengenal ketika tes.

Tidak Ada Batasan Ikut Tes

Walaupun skor yang kamu peroleh kurang memuaskan, kamu dapat mengikuti tes Duolingo kembali. Bahkan kamu bisa mengulang tes ini hingga puluhan kali, karena memang tidak ada batasan sama sekali.

Peraturan dalam pengulangan ujian adalah 30 hari setelah memperoleh sertifikat Duolingo English. Setelah 30 hari, kamu bahkan bisa mengulang-ulang tes ini sebanyak mungkin yang kamu butuhkan.

Baca Juga:
Duolingo English Test, Seperti Apa?

Sistem Scoring Duolingo English Test

Duolingo test mempunyai format nilai dari 10 hingga 160 secara total. Scoring dibagi dalam empat jenis, yaitu: Literacy (Reading and Writing), Comprehension (Listening and Reading), Production (Writing and Speaking) dan Conversation (Speaking and Listening). Scoring penilaian ini sebanding dengan ujian CEFR, IELTS, dan TOEFL.

Apabila kamu berhasil meraih score 120-160, kamu termasuk peserta dengan kategori advanced dalam berbahasa Inggris. Kamu dinyatakan telah memahami tuntutan bahasa tertulis dan lisan, kiasan, idiom, dan mampu menggunakan bahasa inggris secara fleksibel untuk kebutuhan akademik maupun profesional.

Jika hasil score adalah 90-115, kamu termasuk dalam kategori Upper Intermediate. Kamu sudah mempunyai kemampuan berkomunikasi, paham konsep konkrit dan konsep abstrak, serta mampu berinteraksi dengan cukup baik.

6 Jenis Soal Duolingo

Sebelum mengikuti Duolingo test, kamu jgua harus tahu apa saja struktur dan jenis soal yang akan kamu hadapi nanti, yaitu:

1. Literacy

Jenis tes ini akan menguji peserta dengan adanya bacaan yang mempunyai bagian kata hilang. Sehingga, kamu harus membaca dan melengkapinya. Terdapat pula jenis Read and Select, yaitu kamu harus membaca setiap kata pada daftar, selanjutnya harus memilih kata bahasa inggris yang sesuai.

Soal literasi juga ada yang menampilkan foto, dimana kamu harus menulis untuk menggambarkan seperti apa foto tersebut. Sedangkan untuk jenis Read and then Write, maka kamu harus membaca perintah tertulis terlebih dahulu dan menulis jawabannya paling sedikit 50 kata

2. Conversation

Listen and Select, yaitu ketika kamu harus mendengarkan terlebih dahulu dan kemudian memilih kata paling sesuai. Ada juga Listen and Type dimana kamu harus mendengarkan audio terlebih dahulu sebelum mengetik kalimat apa yang kamu dengar. Untuk jenis soal Read Aloud, kamu akan diminta membaca pernyataan yang tertulis dengan lantang.

Dalam ujian conversation, kamu juga dapat diminta untuk membicarakan tentang gambar yang muncul di layar, bisa berupa foto atau lainnya. Bahkan, ada juga perintah untuk membaca terlebih dahulu lalu berbicara tentang apa yang kamu baca selama 30 detik. Terakhir, kamu juga diminta untuk mendengarkan audio terlebih dahulu, dengarkan perintah, dan bicara.

3. Comprehension

Read and Complete adalah salah satu ujian Comprehension yang menampilkan isi bacaan dengan bagian kata yang hilang, sehingga kamu harus melengkapinya. Ada juga Read and Select, dimana kamu harus baca tiap kata pada daftar dan pilih mana kata yang paling sesuai. Listen and Select menguji kemampuan kamu untuk mendengarkan, dilanjutkan memilih kata-kata paling tepat dalam bahasa inggris.

Terdapat juga model soal Listen and Type, yaitu mendengarkan audio dan mengetik kalimat yang sudah kamu dengar. Read Aloud membacakan pernyataan tertulis dan kamu diminta untuk mengucapkannya keras-keras.

4. Production

Pola ujian jenis Production adalah kamu harus menulis atau mendeskripsikan gambar yang tampil di layar. Atau, kamu juga harus berbicara tentang foto tersebut. Model soal lainnya adalah membaca dan menulis, yaitu baca instruksi soal tertulis terlebih dahulu dan menulis jawabannya sepanjang 50 kata. Ada juga model soal Read and then Speak, yaitu membaca instruksi terlebih dahulu lalu mengucapkannya ulang selama 30 detik. Terakhir, model soal Listen and Speak, yaitu mendengarkan instruksi dan mulai berbicara.

5. Speaking Sample

Kamu akan mendapatkan prompt tertulis. Selanjutnya, kamu akan diminta berbicara dengan durasi 1-3 menit terkait topik tersebut. Pastikan jawaban sesuai dengan topik relevan, karena jawaban relevan adalah poin terbesar dalam penilaian. Tetap fokus dan jangan panik agar kamu bisa menyelesaikan tes Duolingo.

6. Writing Sample

Kamu akan mendapatkan prompt tertulis. Kemudian, kamu harus menulis sekitar 3-5 menit terkait topik tersebut. Misalnya, kamu diminta untuk menggambarkan foto yang tampil di layar. Tulis satu kalimat dalam waktu tidak lebih dari satu menit. Tulis 50 kata dalam waktu 5 menit, dan pastikan tulisan tersebut relevan dengan topik.

Trik Sukses Capai Skor Tinggi di Duolingo Test

Ada beberapa trik yang harus kamu lakukan agar berhasil memperoleh skor tinggi dalam tes Duolingo. Walaupun kamu dapat mengerjakan tes tersebut di rumah dengan nyaman, setiap tes berjalan di bawah pengawasan untuk memastikan kamu tidak memperoleh bantuan dalam menyelesaikan tes. Sehingga, kamu harus tetap fokus menghadap layar.

Beritahu orang rumah bahwa tidak boleh ada yang masuk ke ruangan tempat kamu mengerjakan soal Duolingo. Ruangan tersebut harus benar-benar hening dan kondusif. Cara ini penting agar  kamu bisa tetap fokus dan tidak ada indikasi kecurangan. Kerjakan soal dengan fokus dengan mengubah ponsel ke mode jangan ganggu terlebih dahulu. Pastikan ikut tes di waktu yang ideal, misalnya jam 8 pagi.

Selain itu, kamu juga harus menutup seluruh program pada komputer yang kamu gunakan. Browser, perangkat lunak untuk berkomunikasi, perangkat lunak desktop untuk jarak jauh, pemeriksa ejaan, dan lainnya tidak boleh digunakan selama ujian. Agar lebih aman, matikan terlebih dahulu komputer dan nyalakan kembali untuk menggunakan aplikasi Duolingo English Test saja. Kondisi baterai juga harus cukup.

Ketika menjawab soal-soal dengan jawaban terbuka, cobalah menjawab secara alami, berdasarkan cara pandang dan hasil pemikiran sendiri. Pastikan bahwa jawaban yang kamu berikan adalah hasil kata-kata sendiri dan relevan dengan topik. Gunakan sekitar 30-60 waktu tersisa untuk mengoreksi.

Ingat, tes ini juga menguji kemampuan vocabulary dan pronunciation. Pakai kosakata beragam dan pastikan pelafalan sudah tepat. Jangan mengulangi kata sama, sehingga, kamu perlu menggantinya dengan sinonim. Sebelum mengucapkan jawaban sesuai pertanyaan, berikan jeda 20 detik untuk merangkai kalimat.

Sekarang, semua rasa penasaran kamu terkait Duolingo test sudah terjawab di pembahasan ini! Mau ikut tes Duolingo dan dapat nilai terbaik agar tidak perlu berulang-ulang ikut tes? Kamu bisa belajar di ICAN English! Ada kelas Duolingo yang bikin langkah semakin dekat dengan universitas impian kamu, loh!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi