apa Itu ielts reading practice general dan tips persiapannya

Apa Itu IELTS Reading Practice General dan Tips Persiapannya

Dalam tes IELTS Reading, kamu akan membaca berbagai teks dan menjawab serangkaian pertanyaan berdasarkan teks tersebut. Ujian ini bertujuan untuk menilai kemampuan dalam membaca teks bahasa Inggris. Dari IELTS reading practice general, kamu dapat meningkatkan kemampuan membaca teks secara umum, menemukan ide utama, dan memahami kesimpulan.

Terdapat sekitar 14 tipe soal yang berbeda, sehingga kamu harus menemukan strategi untuk menyelesaikan semuanya. Kamu juga harus meningkatkan kemampuan membaca dengan metode skimming dan scanning, sambil menggarisbawahi informasi-informasi penting dalam bacaan.

5 Tips IELTS Reading Practice

Agar kamu mempunyai persiapan yang baik sebelum menghadapi tes IELTS Reading, berikut adalah beberapa tips untuk latihan agar skor meningkat:

Baca Juga:
IELTS Reading Practice Online – Bagaimana Cara Meningkatkan Skor

1. Latihan Baca Lebih Cepat

Latihan ini akan menguji kemampuan kamu dalam membaca lebih cepat. Pastikan saat latihan, kamu memberikan durasi waktu yang sangat ketat saat membaca dan menyelesaikan soal. Gunakan teknik membaca dengan cara scanning agar kamu bisa mendapatkan informasi dalam bacaan lebih cepat dan menemukan jawaban sesuai pertanyaan.

2. Tidak Harus Memahami Bacaan Secara Penuh

Dalam IELTS reading test, tugas kamu adalah untuk menjawab soal, bukan membaca bacaan secara dari awal sampai akhir. Hampir semua jenis soal menguji kemampuan kamu untuk menemukan informasi dalam bacaan, dan memahami kalimat yang mengandung informasi tersebut.

Hanya ada dua tipe soal yang akan membantu kamu untuk lebih detil dalam memahami seluruh bacaan – matching heading dan menentukan judul. Sedangkan soal-soal lainnya hanya menanyakan informasi dalam teks.

3. Kembangkan Vocabulary

Salah satu alasan mengapa banyak pelajar tidak memperoleh skor yang mereka inginkan adalah karena vocabulary yang masih minim. Belajar vocabulary tidak hanya belajar tentang memahami arti kata, tetapi juga belajar ketika kamu bisa dan tidak bisa menggunakan sebuah kata.

Belajar vocabulary juga sangat berhubungan dengan collocations yang dapat digunakan dengan kata, seperti penggunaan verbs dan match nouns. Kamu harus menulis daftar kata yang mempunyai common paraphrase. Kamu juga bisa belajar vocabulary dari latihan membaca bacaan.

4. Kata Kunci

Setiap soal akan mempunyai kata kunci untuk membantu menemukan informasi dalam bacaan dan menemukan jawaban yang tepat. Kamu harus belajar mencari kata kunci tersebut dan menggunakannya secara tepat. Kamu juga harus memastikan bahwa keyword tersebut bisa di parafrase.

Beberapa kata kunci tampak jelas dan mudah dicari, seperti nama, tanggal, nomor, tempat, dan lainnya, tetapi ada juga kata kunci yang terkesan sulit dicari. Untuk itulah, kamu harus belajar penggunaan kata kunci ketika meninjau jawaban-jawaban yang kamu berikan selama belajar IELTS reading.

5. Pahami Kelemahan Diri

Jika kamu tidak mengetahui kelamahan kamu dalam IELTS Reading practice general, maka kamu tidak akan tahu bagaimana cara meningkatkan kemampuan membaca. Kamu harus mencari tahu alasan mengapa jawaban kamu salah atau benar.

Jika jawaban yang kamu berikan salah karena pemahaman dalam bacaan, maka kamu harus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Tetapi, jika jawaban kamu salah karena kamu tidak bisa menemukan informasi atau kamu tidak memahami soal, atau kamu kehabisan waktu, maka permasalahannya terletak dalam strategi selama mengerjakan soal. Untuk itu, evaluasi kemampuan kamu dalam menghadapi ujian tersebut.

Baca Juga:
IELTS Preparation Online Course – Tips Mempersiapkan Ujian

Apakah Butuh Keahlian Khusus untuk Mengerjakan IELTS Reading?

Agar kamu lebih siap dalam IELTS reading practice general, kamu bisa langsung memilih kelas online ICAN English. Gabung dengan banyak teman dan dibimbing langsung dengan pengajar expert! Tidak hanya belajar memahami soal lebih dalam, tapi kamu juga akan belajar beberapa strategi yang berguna agar tidak kehabisan waktu dalam mengerjakan semua soal tes IELTS Reading.

Sering latihan mengerjakan IELTS reading membantu agar kamu mampu mencari makna tersirat, memahami jalannya argumen, berpendapat, hingga menganalisa tujuan penulis dalam teks. Teks yang diujikan mencakup berbagai jenis bacaan dari buku teks, jurnal, majalah, atau surat kabar dengan total panjang mencapai 2.150-2.750 kata.

Kamu tidak memerlukan keahlian khusus untuk memahami bacaan IELTS Reading dan menjawab setiap pertanyaan. Jika kamu membaca dengan cermat, kamu dapat menemukan semua jawaban yang benar dalam teks bacaan. Jika ada istilah teknis tertentu yang tidak diketahui secara umum, akan ada glosarium sederhana untuk membantu memahaminya.

Ketika membaca, kamu harus membacanya dengan cepat, efisien, dan menjawab 40 pertanyaan dalam waktu yang ditentukan. Peserta tes IELTS Reading hanya mempunyai waktu 60 menit, termasuk modul Academic atau General Training.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi