Apa Itu Past Continuous Tense dan Aturan Penggunaannya

Apa Itu Past Continuous Tense dan Aturan Penggunaannya

Apa itu past continuous tense adalah salah satu dari empat jenis past tense. Jenis tenses ini mengacu pada tindakan/peristiwa yang terjadi pada waktu tertentu di masa lalu. Misalnya, “Joko was sleeping in my bedroom.” Dalam kalimat tersebut, terdapat kata ‘was sleeping’, mengacu pada tindakan yang dilakukan Joko di masa lalu.

Past Continuous Tense sangat penting untuk dipelajari sebagai materi Bahasa Inggris untuk menggambarkan tindakan yang sedang berlangsung pada titik tertentu di masa lalu. Sehingga dengan menguasainya, kamu akan memiliki pemahaman atau cara untuk menyampaikan durasi suatu aktivitas.

Penggunaan Past Continuous Tense

Untuk mengetahui apa itu continuous tense, kamu bisa menggunakan penjelasan berikut:

Rumus dan Pola Kalimat

Mengetahui bagaimana suatu tense tertentu terbentuk akan membantu kamu mempelajari dan mengidentifikasi tenses dengan mudah. Jadi, perhatikan struktur kalimat dalam past continuous tense berikut:

Subjek + Bentuk Be (was/were) + bentuk kata kerja ‘ing’ + objek/tambahan

Misalnya, “My daughter was playing with her cats yesterday.”

Pada kalimat tersebut, subjeknya adalah ‘my daughter’, yang digunakan dengan bentuk ‘be’, yaitu ‘was’, dan dengan bentuk kata kerja ‘ing’, yaitu ‘playing’.

Contoh Kalimat Past Continuous

Agar lebih paham tentang penggunaan past continuous tense, berikut adalah beberapa contoh kalimatnya:

  • It was terrifying yesterday.
  • Budi and Joko were eating at the cafe.
  • We were sleeping yesterday.
  • I was working last night.
  • Sinta was waiting for the train when I met Prabu.
  • They were playing football when Mr. Candra came.
  • Everyone was watching.
  • Prabu was practising the violin after classes.
  • The kids were laughing when you came into their room.

Gunakan contoh di atas untuk membuat kalimat sendiri dalam bentuk past continuous. Kamu bisa membuat kalimat sesuai dengan pengalaman sehari-hari.

Baca Juga:
Materi Tentang Past Continuous Tense
Rumus Past Continuous Tense Verbal dan Nominal

Benefit Belajar Past Continuous Tense

Dengan mempelajari apa itu past continuous tense, ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan. Saat bercerita atau menceritakan peristiwa masa lalu, penggunaan Past Continuous Tense membantu menciptakan narasi yang lebih hidup dan dinamis. Kamu dapat menekankan tindakan yang sedang berlangsung pada momen tertentu.

Penguasaan Past Continuous Tense juga memungkinkan adanya perbedaan antara dua tindakan yang terjadi secara bersamaan di masa lalu. Sehingga kamu dapat menyatakan tindakan yang diinterupsi oleh peristiwa lain di masa lalu dan menyoroti sifat berkelanjutan dari aktivitas awal.

Past Continuous Tense sering digunakan untuk memberikan informasi latar belakang narasi masa lalu, mengatur latar peristiwa atau tindakan yang lebih penting. Sehingga akan meningkatkan kemahiran berbahasa dengan memberikan pemahaman yang berbeda tentang konjugasi kata kerja dan struktur kalimat.

Untuk lebih mudah mengembangkan keterampilan dan potensi bahasa, kamu bisa bergabung di berbagai kelas ICAN English. Kursus Bahasa Inggris bersama tutor yang tepat dan suportif akan membantu agar kamu lebih cepat mengembangkan keterampilan ini!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.