Rumus Past Continuous Tense Verbal dan Nominal

Rumus Past Continuous Tense Verbal dan Nominal

Dalam present continuous tense, kamu akan membahas kejadian yang saat ini sedang berlangsung. Namun hal tersebut berbeda dengan penggunaan rumus past continuous tense verbal dan nominal. Jenis tense ini untuk mengungkapkan kejadian yang sedang terjadi selama waktu tertentu di masa lalu.

Penggunaan past continuous tense merupakan bentuk kalimat yang disela dengan kejadian lain dan dapat dikombinasikan dengan kejadian lainnya. Hanya saja, dua kejadian tersebut harus berjalan di waktu yang bersamaan.

Belajar Past Continuous Tense

Mempelajari rumus past continuous tense verbal dan nominal akan meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris, lisan maupun tulisan. Kamu juga akan lebih mudah memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain maupun tertulis dalam bentuk tense tersebut.

Rumus Verbal

Rumus past continuous tense verbal adalah sebagai berikut: subjek + was/were + verb-ing. Berikut adalah beberapa contoh bentuk kalimat past continuous tense secara verbal:

  • Joko was playing football in the yard.
  • They were watching a concert at that time.
  • She was teaching in the classroom when you came.

Dalam pola kalimat verbal menggunakan tense ini, menjelaskan tentang suatu kejadian atau aktivitas yang sedang berlangsung di masa lalu. menjadi pola kalimat verbal digunakan untuk menekankan suatu tindakan atau kegiatan.

Rumus Nominal

Pada rumus past continuous tense menggunakan bentuk kalimat nominal, kamu tidak perlu menggunakan kata kerja. Akan tetapi hanya menggunakan adjective atau kata sifat, noun atau kata benda, dan kata keterangan atau adverb.

Rumus nominal pada jenis tense ini dibagi menjadi tiga, yaitu kalimat positif, kalimat negatif, dan juga kalimat interogatif sebagaimana penjelasan berikut:

(+) Subjek + was/were + adj. + noun + adv.

Contoh:

  • I was happy because I met you.
  •  I was angry because you left me.

(-) Subjek + was/were + not + adj. + noun + adv.

Contoh:

  • We weren’t happy at that time.
  • I wasn’t angry with you.

(?) Was/were + Subjek + adj. + noun + adv.

  • Was my phone inside your bag?
  • Why were you angry?

Sekarang kamu dapat menggunakan rumus nominal dan verbal pada past continuous tense. Cermati contoh di atas dan cobalah untuk membuat contoh kalimat sendiri untuk meningkatkan pemahaman.

Baca Juga:
Rumus Nominal Present Continuous Tense Dan Contoh Kalimat
Apa Itu Past Continuous Tense Dan Aturan Penggunaannya

Mengapa Harus Belajar Past Continuous Tense

Dengan mempelajari rumus past continuous tense nominal dan verbal, Maka sangat berguna untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris. Kamu dapat mengungkapkan kejadian-kejadian yang sedang terjadi di masa lalu dengan jelas dan dapat dipahami oleh orang lain.

Pemahaman dalam tense ini akan meningkatkan kemampuan menceritakan lebih mendalam tentang temporal relationship dalam bahasa Inggris. Itulah mengapa materi ini menjadi salah satu pembelajaran yang disampaikan pada saat kamu sekolah di jenjang menengah.

Jika kamu kesulitan untuk belajar Bahasa Inggris sendiri di rumah, manfaatkan kesempatan untuk ikut kursus bahasa Inggris bersama ICAN English. Metode pembelajaran yang interaktif didukung dengan kurikulum yang terstruktur akan membuat potensi bahasa yang kamu miliki terus berkembang sesuai dengan kebutuhan personal.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.