Panduan Belajar Apa Itu Tenses dalam Bahasa Inggris

Panduan Belajar Apa Itu Tenses dalam Bahasa Inggris

Apa itu tenses dalam bahasa inggris digunakan untuk menunjukkan ciri-ciri kata kerja dalam sebuah kalimat. Bentuk kata kerja digunakan untuk menggambarkan waktu tertentu, dimana suatu peristiwa tertentu sedang berlangsung.

Tenses sering kali dianggap sebagai elemen paling mendasar dalam bahasa Inggris. Tanpa tenses, semuanya pasti tidak mungkin bisa dikomunikasikan. Tenses membantu kamu mendeskripsikan tindakan yang terjadi pada waktu berbeda. Hal ini juga membantu memberikan kejelasan pada konteks dan informasi yang ingin kamu sampaikan.

Basic Tenses dalam Bahasa Inggris

Tenses juga memungkinkan kamu dalam membangun struktur kalimat yang kompleks. Jadi, jika kamu ingin menyampaikan informasi dengan jelas dan cepat, kamu harus mengetahui kedua belas tenses dan cara penggunaannya. Tidak hanya apa itu tenses dalam Bahasa Inggris, kamu juga harus tahu macam-macam tenses dasar, sebagaimana berikut:

Present Simple

Bentuk kata kerja ini adalah tentang fakta umum (the moon revolves around the earth, Susan has blue eyes) atau hal-hal yang biasa kamu lakukan – bisa setiap hari, setiap minggu, setiap tahun, kadang-kadang, jarang, atau selalu. Jika kamu berolahraga tiga kali seminggu atau jika saudara laki-laki kamu bermain bola basket untuk tim sekolah, gunakan kalimat sederhana saat ini untuk membicarakan tindakan tersebut.

Cukup gunakan bentuk dasar kata kerja (v1) jika subjeknya adalah I, they, we, atau you:

They usually go to work at 9 am.

You always wake up early.

They often go to the museum.

You never have enough coffee.

Jika kamu berbicara tentang orang atau objek lain (he, she, it), tambahkan -s atau -es di akhir kata kerja:

My uncle usually goes to bed at 11 pm

Joko always wakes up late!

Baca juga:
Rumus Perfect Continuous Tense dalam Bahasa Inggris

Present Continuous

Saat mendeskripsikan tindakan yang sedang berlangsung, kamu dapat menggunakan kata kerja -ing. Jika tindakan tersebut terjadi sekarang atau di masa kini secara umum dan mempunyai akhir yang dapat diperkirakan (bukan suatu kebiasaan), kamu dapat menggunakan present continuous. Dalam situasi ini, gunakan kata kerja To Be (am, is, are), diikuti dengan kata kerja -ing:

He is waiting for my report

You are talking too fast!

We are taking a new scene.

I am traveling across Asia.

Past Tense

Seperti namanya, tense ini adalah tentang masa lampau; khususnya, tindakan yang diselesaikan di masa lalu yang berhubungan dengan waktu tertentu. Tense ini menggunakan kata kerja bentuk lampau (v2) yang beraturan (dengan d -atau -ed di akhir) atau tidak beraturan, yang berarti sedikit berubah dari bentuk dasarnya.

Yesterday, we went to bed at 9 pm.

They woke up late today!

Joko studied in the UK for university.

Baca juga:
Apa Itu Past Continuous Tense Dan Aturan Penggunaannya

Present Perfect

Tense ini mempunyai sedikit kaitan dengan masa kini. Present perfect kebanyakan digunakan untuk menggambarkan pencapaian masa lalu, tanpa menyebutkan secara spesifik kapan hal tersebut terjadi. Pernyataan ini tidak menyertakan penanda waktu lampau. Namun, dapat menyebutkan berapa kali telah melakukan sesuatu.

Untuk menggunakan present perfect dan berbicara tentang apa yang telah kamu lakukan, gabungkan has/have dengan kata kerja past participle (v3):

We have seen her twice.

Have you done your project?

We have taken the ticket.

They have left the city.

She has won many competitions.

He has submitted his application.

Namun, tense ini juga dapat digunakan untuk membicarakan tindakan yang dimulai di masa lalu dan masih berlaku hingga saat ini. Untuk konteks ini, kamu harus mencantumkan berapa lama tindakan tersebut berlangsung:

We have studied here for four years

He has studied Spanish for three years.

Setelah mempelajari detail tenses bahasa Inggris ini, gunakan secara rutin dan terus berlatih!

Baca Juga:
Buku Tenses Lengkap, Cocok Buat Belajar!

Teknik Belajar Tenses

Selain apa itu tenses dalam bahasa inggris, kamu juga harus mengetahui bagaimana cara mempelajarinya. Kamu harus belajar dengan pikiran yang jernih. Fokus, pahami apa itu tenses dan bagaimana penggunaannya.

Ada pola tertentu di mana setiap tense dikonjugasikan. Proses belajar akan menjadi lebih mudah jika kamu mengidentifikasi pola dan memahaminya. Misalnya, continuous tense menggunakan kata kerja bantu dan kata kerja dalam bentuk present participle (verb+ing). Telusuri sebanyak mungkin contoh yang dapat kamu temukan. Berlatihlah sebanyak yang kamu bisa, dan tahu bagaimana tepatnya setiap tenses bekerja dalam konteks berbeda.

Kamu juga harus membaca buku apa pun yang informatif dan menarik minat, menonton film, video, atau serial. Tanpa kamu sadari, kamu akan dapat mengembangkan kosakata dan mempelajari begitu banyak struktur kalimat berbeda menggunakan berbagai bentuk tense.

Kamu juga bisa mempelajari lebih banyak tentang apa itu tenses dalam bahasa inggris, ICAN English adalah tempt terbaik untuk memulainya. Kamu akan mendapatkan program kursus Bahasa Inggris intensif dengan teknik belajar yang interaktif dan sesuai kurikulum yang dipersonalisasi setiap siswa.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi