Rumus Perfect Continuous Tense dalam Bahasa Inggris

Rumus Perfect Continuous Tense dalam Bahasa Inggris

Rumus Present Perfect Continuous tense membantu menggambarkan tindakan yang dimulai di masa lalu dan masih berlangsung. Kamu dapat membentuk jenis tense ini dengan menggunakan kata kerja bantu “have”, kata kerja utama dalam present participle (berakhiran -ing) dan subjeknya, seperti contoh berikut:

“We have been talking for the past two hours.”

Dalam kalimat tersebut, aksi mengobrol dimulai tiga jam lalu dan masih berlangsung. Present Perfect Continuous juga dapat membantu mendeskripsikan tindakan yang telah diselesaikan baru-baru ini.

Panduan Belajar Perfect Continuous Tense

Mengetahui bagaimana cara menggunakan perfect continuous tense menandakan bahwa kamu menguasai keterampilan komunikasi yang baik.

Cara Membentuk Perfect Continuous Tense

Present Perfect Continuous dibentuk dengan kata kerja bantu “have” dan kata kerja utama dalam bentuk present participle (berakhiran -ing).

“They have been talking for the past three hours.”

Dalam kalimat ini, kata kerja bantu “have” digunakan dengan kata kerja utama “talking” dalam bentuk present participle. Subjek kalimat harus selalu berada sebelum kata kerja bantu “have”.

Rumus

Berikut adalah rumus yang digunakan untuk membuat pola kalimat perfect continuous tense: Subject + have/has + been + verb (present participle) + time frame.

  • We have been using this app for the past three months.
  • Donna has been teaching for the past two hours.
  • Joko has been waiting for an hour.
  • Nina and Ratna have been talking for the past two hours.
  • We have been editing this article for the past week.

Present Perfect vs. Present Perfect Continuous

Perbedaan Present Perfect dan Present Perfect Continuous adalah Present Perfect digunakan untuk menggambarkan tindakan yang telah selesai, sedangkan Present Perfect Continuous digunakan untuk menggambarkan tindakan yang masih berlangsung.

  • We have completed our sketch. (Present Perfect)
  • We have been working for the past two hours. (Present Perfect Continuous)

Pada kalimat pertama, tindakan telah selesai. Pada kalimat kedua, tindakan masih berlangsung.

Baca Juga: Belajar Keterangan Waktu Present Perfect Continuous Tense 

Kesalahan Umum Penggunaan Perfect Continuous Tense

Salah satu kesalahan paling umum saat menggunakan Present Perfect Continuous adalah penggunaan kata kerja bantu “have” yang salah. Banyak orang melakukan kesalahan dengan menggunakan kata kerja bantu “has” ketika subjeknya tunggal dan kata kerja bantu “have” ketika subjeknya jamak.

  • He has been teaching for the past three hours. (Benar)
  • We have been sleeping for the past two hours. (Benar)
  • We has been studying for the past forty five minutes. (Salah)

Jadi, kata kerja bantu “has” tidak boleh digunakan jika subjeknya jamak. Hindari penggunaan kata kerja utama yang salah dalam present participle. Banyak pembelajar membuat kesalahan dengan menggunakan bentuk kata kerja present simple dan bukan present participle.

  • You have been sleeping for the past two hours. (Benar)
  • We have been sleep for the past two hours. (Salah)

Dalam kalimat ini, kata kerja utama “sleep” harus dalam bentuk present participle (berakhiran -ing).

Jadi, rumus Present Perfect Continuous memiliki sejumlah manfaat, seperti untuk menggambarkan aktivitas yang sedang berlangsung dalam jangka waktu lama. Kamu juga dapat menggunakannya untuk menyatakan tindakan yang baru saja diselesaikan, dan tindakan yang berulang dalam jangka waktu tertentu.

Agar lebih mudah mempelajari materi yang kamu butuhkan, sangat disarankan untuk ikut kursus Bahasa Inggris ICAN English. Kelas yang interaktif didukung pembelajaran terstruktur, dan tutor yang kompetitif. Kamu akan mendapatkan banyak metode pembelajaran yang menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web