aplikasi untuk belajar listening bahasa inggris

Aplikasi untuk Belajar Listening Bahasa Inggris

Bahasa Inggris bukan perkara yang mudah sebab kamu harus menguasai berbagai macam hal, mulai dari speaking, writing, reading, sampai listening. Aplikasi listening bahasa Inggris bisa membantu kamu untuk mendapatkan kemudahan dalam mempelajari mendengar menggunakan bahasa Inggris.

Di zaman yang modern seperti saat ini berbagai macam aktivitas menjadi lebih mudah dengan menggunakan smartphone. Kamu bisa memanfaatkan kecanggihan smartphone untuk membantu belajar listening. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan mendownload aplikasi untuk meningkatkan kemampuan listening secara gratis dan hanya memanfaatkan koneksi internet saja. 

Pilihan Aplikasi Terbaik untuk Belajar Listening Bahasa Inggris

Semua kesulitan yang didapatkan ketika belajar listening akan terbantu dengan menggunakan bantuan aplikasi. Banyak aplikasi yang bisa dipilih untuk mempelajari listening dengan mudah dan gratis, seperti berikut;

Learn English Video and Audio

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan adalah Learn English Video and Audio, dimana membantu kamu untuk membiasakan mendengar audio dengan tayangan berbentuk video dalam bahasa Inggris. Di dalam aplikasi tersebut ada dua sumber belajar yang biasanya diseleksi berupa ungkapan-ungkapan dan sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. 

Kamu hanya perlu sering-sering mendengarkan audio dan video yang ada di dalam aplikasi tersebut agar terbiasa dengan aksen maupun ungkapan menggunakan bahasa Inggris. Semakin sering kamu berlatih, semakin cepat terbiasa dengan listening bahasa Inggris.

Baca Juga:
Tips Melatih Listening Bahasa Inggris

Learn With ACO

Aplikasi listening selanjutnya bisa kamu pilih ada Learn With ACO. Sebenarnya di dalam aplikasi tersebut dilengkapi dengan latihan untuk semua skill, mulai dari listening, speaking, writing, dan reading. Emang kamu bisa memilih untuk menu skill apa yang ingin dipelajari dan ditingkatkan.

Untuk meningkatkan kemampuan listening, maka kamu akan dilatih dengan mendengarkan kalimat dan melafalkannya agar tahu bagaimana cara pelafalan yang benar. Kelengkapan yang diberikan oleh Learn With ACO akan membantu para pemula untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah.

English Listening and Speaking

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah English Listening and Speaking. Aplikasi ini lebih menekankan skill pada listening dan speaking, di mana para pengguna bisa mendengarkan ungkapan kemudian diharapkan untuk langsung menirukan sesuai dengan contoh. 

Pada aplikasi yang satu ini semua percakapan telah diatur sesuai dengan leven kesulitan yang diinginkan. Jadi kamu bisa meningkatkan level kesulitan sehingga meningkatkan kualitas bahasa Inggris untuk speaking dan listening menjadi lebih baik.

Voice of America

Aplikasi pemenang penghargaan ini, tersedia untuk pengguna iOS dan Android, memberi akses ke salah satu jaringan media berita internasional terbesar di dunia, Voice of America.

Jaringan ini memiliki pengguna mingguan lebih dari 200 juta orang dari berbagai negara. Pengguna dapat menyesuaikan aplikasi lebih dari 400 bahasa dan dialek, membaca cerita sambil mendengarkan, mengunduh cerita dan video untuk mendengarkan secara offline.

BBC Learning English

Aplikasi BBC Learning English memperoleh rating tinggi, membantu pengguna meningkatkan kemampuan mendengarkan, tata bahasa, dan berbicara bahasa Inggris. Kamu dapat mendengarkan percakapan sederhana dari BBC Learning English seperti contoh 6-Minute English, English At Work, dan The English We Speak.

Setiap pelajaran dilengkapi dengan audio bahasa Inggris, transkrip, latihan, dan daftar kosakata. Pengguna dapat melatih bahasa Inggris, mengobrol dengan pelajar bahasa Inggris lainnya, dan melatih berbicara bahasa Inggris dengan pengenalan suara.

Baca Juga:
Cara Meningkatkan Kemampuan Listening

Apakah Mungkin Belajar Bahasa Inggris dari Listening Saja?

Ada beberapa orang yang lebih tertarik untuk belajar bahasa Inggris melalui listening. Padahal di dalam bahasa Inggris ada berbagai macam aspek yang sangat penting lainnya, seperti speaking, writing, dan reading juga. Sebagian orang mungkin hanya menyukai listening dan malas mempelajari aspek lain ketika belajar.

Mempelajari listening memang bisa membantu kamu untuk meningkatkan kualitas bahasa Inggris, tetapi tidak maksimal, sebab ada banyak aspek lain yang perlu dipelajari. Kamu harus belajar listening secara konsisten agar kemampuan bahasa Inggris meningkat dengan cepat.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang tepat melalui listening, misalnya seperti berikut;

  • Sering berbicara dengan native speaker. Hal tersebut akan membantu kamu untuk mengetahui berbagai macam kosakata baru. Saat kamu berbicara dengan native speaker, Mungkin kamu bisa mendengarkan pelafalan kosa kata bahasa Inggris sehingga tidak hanya belajar vocabulay baru tetapi juga memahami pelafalan dari kata-kata tersebut. 
  • Lebih banyak menonton video menggunakan bahasa Inggris agar menguasai listening bahasa Inggris dengan baik. Menonton video berbahasa Inggris bisa mengasah kemampuan listening dan membantu menguasai vocabullary melalui pelafalan yang baik. 
  • Selain menonton video bahasa Inggris, kamu juga bisa mendengarkan lagu bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan listening loh. Mendengarkan lagu bahasa Inggris untuk bisa membantu kamu untuk lebih banyak memahami vocabullary dengan kemampuan listening yang terus meningkat. Semakin sering kamu mendengarkan lagu bahasa Inggris, maka kemampuanmu semakin meningkat.

Masih banyak cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan listening dalam bahasa Inggris. Meningkatkan kemampuan  bahasa Inggris melalui listening saja sebenarnya bisa dilakukan, tetapi akan kurang maksimal sebab kamu tidak bisa menguasai dengan baik aspek lainnya yang sangat penting seperti writing dan reading.

Dengan beberapa aplikasi listening bahasa Inggris untuk belajar akan membantu kamu semakin terbiasa dengan berbagai macam kosakata dan pelafalannya. Pastikan kamu menggunakan aplikasi yang berkualitas untuk belajar bahasa Inggris ya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web