cara meningkatkan kemampuan listening

Cara Meningkatkan Kemampuan Listening

Kamu mungkin sudah paham dengan baik bahwa di dalam bahasa Inggris ada beberapa skill yang harus ditingkatkan. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, sehingga tidak heran jika bahasa tersebut banyak dipelajari. Memiliki kemampuan bahasa Inggris sangat penting sehingga kamu perlu tahu cara meningkatkan kemampuan listening.

Dari banyaknya skill dalam bahasa Inggris, listening menjadi bagian yang dirasa sulit loh. Sebenarnya skill listening ini bisa ditingkatkan dengan mudah asalkan kamu mau berupaya dan sering berlatih. Jadi, tidak ada yang sulit selama kamu mau berusaha ya.

Tips Meningkatkan Skill Listening

Skill listening ini sangat penting untuk bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik dan membantu kamu lebih mudah menangkap sebuah percakapan dengan lawan bicara. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill listening dalam bahasa Inggris; 

Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Tips pertama sebenarnya sangat umum dan mungkin sudah sering kamu lakukan di sela-sela aktivitas sehari-hari. Jadi tips yang pertama ini kamu bisa mendengarkan lagu menggunakan bahasa Inggris sesuai dengan keinginan. Mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris bisa mendongkrak kemampuan listening kamu menjadi lebih cepat.

Ada berbagai macam jenis musik yang bisa kamu pilih sesuai dengan genre yang disukai. Tidak perlu mengganti jenis musik favorit, Tetapi lebih sering mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris sesuai jenis musik favoritmu saja.

Dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris akan membantu kamu untuk mempelajari pengucapan kata dan terbiasa mendengarkan kosakata bahasa Inggris. Memperbanyak kosakata, kamu juga bisa mengetahui pelafalan yang diucapkan dalam lirik bahasa Inggris tersebut. 

Baca Juga:
Tips Meningkatkan Skill Dalam Bahasa Inggris

Menonton Film

Mendengarkan musik mungkin bisa menjadi tips yang dilakukan dengan mudah dalam kegiatan sehari-hari, tetapi kamu juga bisa mencoba untuk menonton film berbahasa Inggris. Siapa yang tidak suka menonton film? Banyak orang tertarik untuk menonton film bahasa Inggris sebab hal tersebut bisa mengasah skill listening.

Kamu bisa melihat percakapan antar tokoh dalam film tersebut dan belajar secara langsung istilah-istilah yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, ada banyak channel YouTube yang bisa meningkatkan kemampuan listening kamu. Lebih baik jika film atau video memiliki kaitannya dengan minat dan bakat kamu, sehingga bisa digunakan dan diaplikasikan ketika masuk perguruan tinggi atau ketika meniti karir. 

Mencatat Kosakata yang Sulit

Tidak hanya mendengarkan musik dan menonton film saja tetapi ketika melakukan kegiatan tersebut mencatat kosakata yang sulit adalah bagian penting. Kamu tidak hanya mendengarkan saja, tetapi ada hasil yang bisa didapatkan yaitu kosakata yang sudah kamu tulis dan nantinya bisa dihafalkan loh.

Kamu bisa menyiapkan buku kecil untuk mencatat semua kosakata baru yang mungkin asing atau belum pernah ditemukan. Lebih efektif Jika kamu membuat note atau catatan menggunakan smartphone, sehingga bisa dibawa ke mana saja. 

Menggunakan Aplikasi Gratis Listening

Untuk meningkatkan kemampuan listening dalam bahasa Inggris, kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang saat ini banyak pilihannya. Tidak perlu khawatir karena saat ini banyak juga aplikasi gratis untuk membantu meningkatkan kemampuan listening kamu. 

Cobalah untuk mencari di Google Play Store atau App Store yang bisa digunakan di Smartphone kamu. Apa yang bisa kamu coba adalah Learn to Speak English with Busuu, Learn English Daily, dan lain sebagainya.

Baca Juga:
Aplikasi untuk Belajar Listening Bahasa Inggris

Ikut Program English Day

Apabila kamu memiliki teman dengan kemampuan berbahasa Inggris jauh lebih baik maka hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk membantu belajar listening. Tidak perlu ragu untuk mengajak teman tersebut ngobrol menggunakan bahasa Inggris. Dengan mendengarkan jawaban lawan bicara kamu, juga termasuk salah satu latihan listening loh. 

Bergabung dalam Kursus Bahasa Inggris Profesional

Jika kamu ingin menemukan teman yang berkualitas bagus dalam berbicara bahasa Inggris, maka kamu bisa bergabung dengan kursus bahasa Inggris terbaik seperti ICAN English. Kursus tersebut akan membantu kamu untuk meningkatkan skill listening lebih mudah dan banyak teman yang bisa diajak belajar bersama loh.

Cara meningkatkan kemampuan listening bisa dilakukan dari hal-hal yang sederhana dan mungkin tidak banyak terpikirkan. Dengan sederhana, kamu bisa mencoba untuk sering mendengarkan musik atau menonton film menggunakan bahasa Inggris. Perlahan-lahan nantinya kamu mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan tersebut loh.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi