aturan penggunaan simple past tense

Aturan Penggunaan Simple Past Tense

Aturan penggunaan simple past tense adalah digunakan untuk membicarakan hal yang terjadi di masa lampau. Lebih tepatnya, tenses ini menyatakan kejadian yang sudah selesai. Berbeda dengan past continuous tense yang menekankan kejadian di masa lalu yang terjadi selama waktu tertentu.

Kamu juga bisa menggunakan simple past untuk membicarakan tentang keadaan masa lalu, seperti apa yang dirasakan seseorang terhadap sesuatu. Keadaan ini sering menggunakan simple past tense dengan kata kerja to be dan adjective, noun, atau prepositional phrase.

Bagaimana Aturan Simple Past Tense

Untuk banyak kata kerja, metode simple past tense bisa dibilang sederhana. Kamu bisa menggunakan formula ini untuk membentuk simple past tense.

  • Ambil bentuk akar kata kerja dan tambahkan -ed di akhir
  • Jika kata kerjanya berakhiran -e, tambahkan saja -d. Misalnya, simple past tense dari ignite maka berubah menjadi ignited
  • Untuk kata kerja yang berakhiran -y, biasanya berubah menjadi -i jika mengikuti konsonan. Misalnya, kata kerja cry berubah menjadi cried tetapi kata kerja play hanya perlu ditambahkan -ed, sehingga menjadi played
  • Satu pengecualian penting untuk aturan umum ini adalah kelompok kata kerja yang menggunakan varian -t, di mana mereka diakhiri dengan -t dan bukan -d. Kata kerja build (yang menjadi built), sleep (yang menjadi slept), dan send (yang menjadi sent) hanyalah tiga contoh verba yang menggunakan varian -t.

Namun, simple past tense bisa menjadi lebih rumit ketika kita menggunakan kata kerja tidak beraturan. Ada banyak kata kerja tidak beraturan dalam bahasa Inggris yang tidak mengikuti aturan khas dari simple past tense.

Kesulitan yang akan kamu hadapi adalah tidak ada aturan umum tentang bagaimana membentuk past tenses dengan kata kerja tidak beraturan. Kamu hanya perlu mempelajari bentuk-bentuk kata kerja ini dan menghafal bagaimana perubahan kata kerja mereka.

Baca Juga:
Mengenal Rumus Simple Past Tenses

Berikut adalah beberapa contoh simple past tense dari beberapa kata kerja tidak beraturan:

  • fly = flew
  • buy = bought
  • think = thought
  • know = knew
  • choose = chose
  • eat = ate
  • drive = drove
  • swim = swam

Aturan penggunaan simple past tense perlu kamu ketahui dengan baik agar bia menggunakannya dengan tepat. Materi ini akan selalu ada ketika kamu belajar bahasa Inggris baik secara mandiri maupun tergabung dalam kursus.

Baca Juga:
Materi Tentang Simple Past Tense

Bentuk Kalimat Negatif

Hampir semua kata kerja mengikuti aturan dalam membuat simple past tense menjadi negatif. Untuk membuat bentuk lampau sederhana menjadi negatif, kamu harus menambahkan did not sebelum bentuk akar kata kerja.

Berikut adalah contoh simple past tense yang digunakan dalam kalimat negatif:

  • I did not eat the pizza
  • He didnt go to the bank
  • My friends didnt buy a new car

Untuk kata kerja to be, kamu tidak membutuhkan auxiliary did. Ketika subjek dari kalimat adalah tunggal, maka kamu menggunakan was not (wasnt). Ketika subjek adalah jamak, maka kamu harus menggunakan were not werent).

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web