mengenal rumus simple past tenses

Mengenal Rumus Simple Past Tenses

Untuk menunjukkan kejadian di masa yang telah lampau, simple past tense adalah tense yang digunakan. Tenes ini ditandai dengan kata kerja kedua yang menunjukkan waktu lampau. Untuk mempelajari tense ini, kamu perlu mengenal rumus past tenses.

Tenses sebenarnya harus kamu terapkan dalam percakapan setiap hari. Past tense sendiri bisa kamu gunakan untuk menceritakan hari yang sudah lampau atau berlalu. Jadi, kejadian yang kamu ceritakan adalah kejadian yang telah dimulai dan berakhir di masa lalu.

Rumus Simple Past Tense

Past tense sendiri biasanya digunakan dalam percakapan ketika pembicara sedang menceritakan kejadian yang telah berlalu. Bisa juga kamu gunakan ketika sedang menulis cerita tentang pengalaman di masa lalu.

Pola kalimat past tense biasanya dilengkapi dengan kata kerja kedua atau Verb 2. Jika kamu menulis kalimat nominal dalam past tense, maka be yang digunakan adalah bentuk lampau. Berikut perbedaan rumus past tenses untuk kalimat verbal dan nominal.

Baca Juga:
Aturan Penggunaan Simple Past Tense

Kalimat Verbal

(+) Subject + verb 2 + object

(-) Subject + did + not + verb 1

(?) Did + subject + verb 1

Perlu kamu ingat bahwa dalam past tense, verb 2 hanya digunakan pada kalimat positif. Dalam bentuk kalimat negative dan pertanyaan, maka akan kembali ke verb 1. Contoh kalimatnya adalah He played football last week.

Kalimat Nominal

(+) Subject + to be (was/were) + adjective/adverb

(-) Subject +to be (was/were) + adjective/adverb

(?) to be (was/were) + Subject + adjective/adverb

Was digunakan untuk subjek I, She, He, It. Sedangkan, were digunakan untuk subjek You, They, We. Contoh kalimatnya adalah I was late yesterday.

Perlu kamu ingat bahwa simple past tense digunakan untuk kejadian yang telah berlangsung dan berakhir di masa lalu. Jika kejadian tersebut masih berlangsung hingga sekarang, maka kamu tak lagi bisa menggunakan Past Tense.

Baca Juga:
Pola Kalimat Simple Past Tense

Penggunaan Irregular dan Regular Verb

Kata kerja sendiri memiliki dua macam jenis, yakni regular verb dan irregular verb. Pada simple past tense, kata kerja yang digunakan adalah kata kerja bentuk kedua atau verb 2. Untuk regular verb, kata kerja selalu ditambahkan dengan akhiran -ed atau -d dan -ied. Sedangkan, untuk irregular verb maka bentuknya tidak beraturan.

Untuk memahami materi ini, kamu perlu belajar bahasa Inggris secara lengkap. Sebab, banyak kata kerja yang masuk dalam regular verb dan banyak pula yang masuk dalam kategori irrefular verb.

Contoh verb 2 untuk regular verb, seperti misalnya

  • Answer – Answered
  • Allow – Allowed
  • Add – Added
  • Borrow – Borrowed
  • Cry – Cried
  • Cook – Cooked

Contoh verb 2 untuk irregular verb, seperti misalnya

  • Feel – Felt
  • Get – Got
  • Have – Had
  • Hear – Heard
  • Smell – Smelt

Kata kerja ini perlu kamu pahami agar bisa menggunakannya dengan tepat. Banyak kata kerja yang hanya ditambahkan -ed dan lainnya, namun banyak juga yang memiliki bentuk tidak beraturan. Hati-hati dalam membuat kalimatnya agar tidak salah menggunakan kata kerja. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa hubungi ICAN English untuk konsultasi langsung dengan tim kami.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi