Rumus past tenses

Mengenal Rumus Simple Past Tenses

Jan 20, 2022 | Bahasa Inggris

Untuk menunjukkan kejadian di masa yang telah lampau, simple past tense adalah tense yang digunakan. Tenes ini ditandai dengan kata kerja kedua yang menunjukkan waktu lampau. Untuk mempelajari tense ini, kamu perlu mengenal rumus past tenses.

Tenses sebenarnya harus kamu terapkan dalam percakapan setiap hari. Past tense sendiri bisa kamu gunakan untuk menceritakan hari yang sudah lampau atau berlalu. Jadi, kejadian yang kamu ceritakan adalah kejadian yang telah dimulai dan berakhir di masa lalu.

Baca Juga: ATURAN PENGGUNAAN SIMPLE PAST TENSE

Rumus Simple Past Tense

Past tense sendiri biasanya digunakan dalam percakapan ketika pembicara sedang menceritakan kejadian yang telah berlalu. Bisa juga kamu gunakan ketika sedang menulis cerita tentang pengalaman di masa lalu.

Pola kalimat past tense biasanya dilengkapi dengan kata kerja kedua atau Verb 2. Jika kamu menulis kalimat nominal dalam past tense, maka be yang digunakan adalah bentuk lampau. Berikut perbedaan rumus past tenses untuk kalimat verbal dan nominal.

Kalimat Verbal

(+) Subject + verb 2 + object

(-) Subject + did + not + verb 1

(?) Did + subject + verb 1

Perlu kamu ingat bahwa dalam past tense, verb 2 hanya digunakan pada kalimat positif. Dalam bentuk kalimat negative dan pertanyaan, maka akan kembali ke verb 1. Contoh kalimatnya adalah He played football last week

Kalimat Nominal

(+) Subject + to be (was/were) + adjective/adverb

(-) Subject +to be (was/were) + adjective/adverb

(?) to be (was/were) + Subject + adjective/adverb

Was digunakan untuk subjek I, She, He, It. Sedangkan, were digunakan untuk subjek You, They, We. Contoh kalimatnya adalah I was late yesterday.

Perlu kamu ingat bahwa simple past tense digunakan untuk kejadian yang telah berlangsung dan berakhir di masa lalu. Jika kejadian tersebut masih berlangsung hingga sekarang, maka kamu tak lagi bisa menggunakan Past Tense.

Baca Juga: POLA KALIMAT SIMPLE PAST TENSE

Penggunaan Irregular dan Regular Verb

Kata kerja sendiri memiliki dua macam jenis, yakni regular verb dan irregular verb. Pada simple past tense, kata kerja yang digunakan adalah kata kerja bentuk kedua atau verb 2. Untuk regular verb, kata kerja selalu ditambahkan dengan akhiran -ed atau -d dan -ied. Sedangkan, untuk irregular verb maka bentuknya tidak beraturan.

Untuk memahami materi ini, kamu perlu belajar bahasa Inggris secara lengkap. Sebab, banyak kata kerja yang masuk dalam regular verb dan banyak pula yang masuk dalam kategori irrefular verb.

Contoh verb 2 untuk regular verb, seperti misalnya

  • Answer – Answered
  • Allow – Allowed
  • Add – Added
  • Borrow – Borrowed
  • Cry – Cried
  • Cook – Cooked

Contoh verb 2 untuk irregular verb, seperti misalnya

  • Feel – Felt
  • Get – Got
  • Have – Had
  • Hear – Heard
  • Smell – Smelt

Kata kerja ini perlu kamu pahami agar bisa menggunakannya dengan tepat. Banyak kata kerja yang hanya ditambahkan -ed dan lainnya, namun banyak juga yang memiliki bentuk tidak beraturan. Hati-hati dalam membuat kalimatnya agar tidak salah menggunakan kata kerja.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH