Cara Fasih Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi Luar Negeri

Cara Fasih Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi Luar Negeri

Berbicara bahasa Inggris di perguruan tinggi sebagai bahasa kedua mungkin membuat kamu merasa cemas. Apalagi saat berbicara dengan teman sekelas atau memberikan presentasi di universitas.

Waktu di perguruan tinggi adalah peluang besar untuk mengatasi kecemasan ini dan meningkatkan keterampilan komunikasi. Jika kamu gugup setiap hendak menggunakan bahasa Inggris, inilah yang disebut sebagai Language anxiety.

Kamu mungkin takut membuat kesalahan atau takut jadi bahan lelucon. Hal ini dapat terjadi ketika berbicara, membaca, atau menulis dalam bahasa baru. 

6 Strategi Melawan Rasa Cemas saat Berbahasa Inggris di Universitas

Untuk melawan language anxiety, berikut adalah beberapa strategi agar kamu bisa merasa lebih baik dan menjadi lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris di perguruan tinggi:

1. Pahami spotlight effect

Jangan terlalu khawatir tentang apa yang dipikirkan orang lain – orang biasanya kurang memperhatikan kamu, justru kamulah yang berlebihan dalam menilai diri sendiri. Hal ini disebut spotlight effect.

Saat kamu berpikir semua orang memperhatikan, kamu akan menjadi terlalu berhati-hati dan khawatir melakukan kesalahan. Namun, kebanyakan orang tidak akan menyadari kesalahan kecil selama apa yang kamu sampaikan masih dapat dipahami.

Baca juga : Belajar Bahasa Inggris Untuk IELTS

2. Mulailah dari yang kecil

Berbicara di depan umum dalam bahasa baru terkadang terasa menakutkan. Daripada berpidato pada event besar, mulailah dengan membicarakan hal-hal familiar dengan teman dekat yang membuat kamu merasa aman. Perlahan-lahan lanjutkan ke percakapan yang lebih sulit.

Menguasai tugas-tugas kecil membuat kamu merasa lebih mampu. Saat terbiasa dengan langkah-langkah kecil ini, secara alami kamu akan merasa lebih percaya diri dalam melakukan tugas berbicara di event yang lebih besar.

3. Perhatikan orang lain

Dalam diskusi kelas, perhatikan bagaimana orang lain menangani tantangan komunikasi. Kamu akan melihat bahwa mengalami kesulitan adalah hal wajar, tidak bergantung pada level bahasa Inggris. Kita semua lupa kata-kata, membuat kesalahan tata bahasa, atau perlu mengoreksi diri sendiri.

Pertama, lihat bagaimana reaksi teman sekelas ketika mereka melakukan kesalahan. Apakah mereka sering meminta maaf, atau hanya mengoreksi diri dan terus melanjutkan? Kedua, ketahuilah bahwa setiap orang mempunyai momen-momen tersebut. Hal ini membantu kamu belajar dan mengurangi tekanan pada diri sendiri.

4. Bersikaplah fleksibel

Berusaha menjadi sempurna membuat kamu justru akan semakin cemas. Sebaliknya, fokuslah menjadi lebih baik dan berlatih tanpa stres. Memiliki aksen tidak masalah selama orang lain memahami apa yang kamu sampaikan. Terimalah bahwa kamu mungkin tidak terdengar persis seperti penutur asli, dan itu tidak masalah.

Australia adalah negara berbahasa Inggris yang sangat multikultural dan penutur asli di sini terbiasa mendengar segala macam aksen setiap hari. Dengan berusaha mempelajari kata-kata dan area yang sulit, kamu akan merasa lebih kuat dan percaya diri dalam percakapan.

5. Berlatih secara teratur

Jika kamu memiliki presentasi atau diskusi yang akan datang, mempersiapkan sejak dini adalah hal penting. Merekam diri sendiri dan mendengarkannya membantu kamu untuk menemukan area yang perlu ditingkatkan.

Meminta masukan dari teman memberi kamu sudut pandang baru. Jika memerlukan bantuan dalam pengucapan, ada banyak sumber online. Dengan berlatih secara rutin, kamu akan menjadi lebih nyaman dan percaya diri saat berbicara bahasa Inggris.

6. Bersikaplah baik pada diri sendiri

Meskipun mengetahui bahwa beberapa situasi itu sulit adalah hal yang baik, penting juga untuk menghargai diri sendiri. Lihatlah kemajuan dan seberapa banyak kamu telah berkembang. Pahami bahwa tantangan adalah bagian dari pembelajaran. Menghadapi tantangan ini secara langsung akan membuat kamu merasa bangga dan kuat.

Baca Juga : Persiapan Untuk Kuliah Dalam Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris Lebih Percaya Diri di ICAN English

Mintalah bantuan teman, teman sekelas, atau guru jika kecemasan mempengaruhi studi atau kehidupan pribadi, gunakan sumber daya yang tersedia. Beberapa tanda yang harus diperhatikan saat masalah language anxiety semakin mengganggu adalah ketika kamu sering menghindari acara sosial, merasa sangat cemas, hingga melewatkan kelas untuk menghindari berbicara

Atau, kamu juga bisa mengikuti kelas online di ICAN English agar bisa kursus Bahasa Inggris untuk kebutuhan perkuliahan. Kamu bisa membagikan pengalaman apa yang membuat kamu merasa pesimis. Sehingga, tutor dapat membantu untuk memberikan strategi belajar terbaik. Dengan ikut kursus ini, kamu bisa mengasah keterampilan berbahasa dengan lebih mudah tanpa harus terbentur jadwal kuliah.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.