persiapan untuk kuliah dalam bahasa inggris

Persiapan untuk Kuliah dalam Bahasa Inggris

Saat ini, kuliah dalam bahasa Inggris pasti seringkali kamu lakukan. Hal ini juga lebih umum bagi para siswa yang memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Kepercayaan diri tentu dibutuhkan untuk menjalani kuliah dalam bahasa Inggris karena bahasa ini bukanlah bahasa ibu.

Kemampuan dalam mendengarkan, berbicara, menulis dan membaca tentu harus kamu kuasai untuk bisa lancar dalam menjalani perkuliahan. Nah, persiapan tentu jadi hal penting sebelum melakukan perkuliahan dalam bahasa Inggris.

3 Persiapan Bahasa Inggris Sebelum Kuliah

Untuk mempersiapkan diri sebelum kuliah dalam bahasa Inggris dan sekaligus meningkatkan kemampuan kamu, berikut beberapa hal yang harus dilakukan.

Baca Juga:
Pentingnya Gabung di Lembaga Kursus Bahasa Inggris

1. Berlatih Berbicara Secara Teratur

Kamu perlu menguasai kemampuan berbicara sebagai persiapan kuliah dalam bahasa Inggris. Kamu harus fasih berbicara secara spontan untuk berkomunikasi dengan dosen atau rekan mahasiswa lainnya.

Satu studi oleh University of Wisconsin-Madison menemukan bahwa keterampilan bahasa pelajar yang berlatih berbicara melebihi mereka yang belajar dari latihan pemahaman saja. Ini mungkin karena ingatan kita memprioritaskan pengalaman manusia dengan emosi yang terikat padanya.

2. Tulis Jurnal Dalam Bahasa Inggris

Banyak orang mulai menulis jurnal di masa pandemi. Kamu dapat mencoba menulis buku harian dalam bahasa Inggris untuk menceritakan pengalaman pribadi. Ini tidak hanya akan meningkatkan keterampilan menulis, namun juga bisa menjadi cara yang baik untuk mengatur dan menjernihkan pikiran.

Untuk membuatnya, sisihkan beberapa menit setiap hari untuk menulis. Jika menulis beberapa paragraf setiap hari terkesan cukup sulit, cobalah menulis satu kalimat dalam bahasa Inggris setiap hari.

3. Bergabung dalam Kursus Bahasa Inggris

Berada dalam kursus bahasa Inggris memungkinkan kamu untuk meningkatkan kemampuan dengan lebih cepat. Tutor 1 on 1 adalah cara paling efisien untuk mengasah kemampuan berbicara kamu.

Tutor bahasa Inggris akan mengetahui secara pasti apa yang kamu perlukan dan di mana kelemahan kamu. Mereka akan membantu menyusun rencana, menyediakan sumber daya dan fokus apa yang perlu kamu tingkatkan.

ICAN English menjadi salah satu lembaga kursus bahasa Inggris di mana kamu dapat memilih kelas yang sesuai kebutuhan. Terdapat kelas Basic English, kelas persiapan IELTS atau TOEFL dan kelas lainnya.

Kamu dapat memilih kelas online atau offline di mana terdapat tutor profesional yang akan membantu proses belajar kamu.

Baca Juga:
Contoh Latihan Soal Bahasa Inggris Dasar

Tips Menjadwalkan Proses Belajar Bahasa Inggris

Belajar secara rutin akan lebih efektif dibandingkan jika kamu belajar selama beberapa jam dalam satu hari. Pisahkan waktu dengan bijak, fokus pada area terlemah dan cobalah untuk menyesuaikan diri dalam dua atau tiga sesi per hari.

Menurut penelitian, jadwal belajar yang ideal adalah selama 52 menit dan istirahat 17 menit. Berikut jadwal efektif belajar yang bisa kamu coba:

  • 30 menit untuk meningkatkan kosakata
  • 1 jam untuk belajar menulis (Tulis setidaknya satu halaman berbahasa Inggris)
  • 1 jam untuk belajar mendengarkan (Dengarkan podcast bahasa Inggris dan catat kosakata baru)
  • 1 jam untuk belajar berbicara (Mengobrol dengan teman atau tutor)

Rencana belajar dengan membagi beberapa materi menjadi lebih kecil akan membantu kamu untuk belajar lebih cepat. Ketika semuanya selesai, kamu akan lebih percaya diri dan mengetahui sudah sejauh mana kamu belajar.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi