belajar bahasa Inggris untuk IELTS

Belajar Bahasa Inggris untuk IELTS

Des 14, 2022 | IELTS

Belajar bahasa Inggris IELTS sering menjadi salah satu syarat bagi para pelajar untuk kuliah di luar negeri. Sukses melanjutkan studi ke luar negeri menjadi salah satu impian dari banyak pelajar di Indonesia. Namun, banyak juga yang tidak mengetahui ada berbagai macam persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah sertifikat IELTS.

Bagi kamu yang baru pertama kali mengikuti tes di IELTS, ada berbagai macam persiapan yang harus dilakukan untuk mendapatkan skor yang sesuai dengan persyaratan kampus luar tujuan. Jadi, IELTS adalah bukti kemampuan menggunakan bahasa Inggris untuk beberapa negara tertentu.

Baca Juga: TIPS MEMILIH KURSUS IELTS TERBAIK

Cara belajar Bahasa Inggris untuk IELTS

IELTS atau International English Language Testing System merupakan uji kemampuan yang akan dilakukan seseorang untuk mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggris. Tes tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk persyaratan masuk kampus tujuan, tetapi juga sering digunakan sebagai syarat melamar pekerjaan ke perusahaan luar negeri.

Mungkin banyak yang beranggapan IELTS sama dengan TOEFL. Faktanya kedua tes uji kemampuan bahasa Inggris tersebut berbeda. Perbedaan paling terlihat adalah IELTS menyediakan ujian speaking atau kemampuan berbicara.

Nah, bagi kamu kamu yang ingin lulus tes tersebut, berikut ini beberapa cara belajar bahasa Inggris untuk IELTS.

Sering Mendengarkan Percakapan Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi tes IELTS adalah sering mendengarkan percakapan dalam bahasa tersebut. Banyak yang beranggapan bahwa tes kemampuan bahasa Inggris yang satu ini cukup menakutkan, sebab ada berbagai macam jenis tes yang harus dihadapi.

Salah satu jenis tesnya adalah listening atau mendengarkan dalam bahasa Inggris. Jika kamu sudah terbiasa untuk mendengar percakapan menggunakan Bahasa Inggris, maka hal tersebut bukan sesuatu yang asing lagi. Bahkan tes listening bisa menjadi hal yang menyenangkan.

Agar bisa melatih kemampuan untuk mendengar serta memahami percakapan dalam bahasa Inggris, kamu bisa mencoba untuk mendengarkan percakapan dengan menggunakan berbagai macam jenis aksen, misalnya seperti British, American, atau Australian dari berbagai macam sumber.

Misalnya, kamu sering mendengarkan podcast, radio, film, berita, dan lain sebagainya. Ketika sedang mendengarkan percakapan tersebut, cobalah untuk memahami dan mengingat berbagai macam hal yang diucapkan oleh pembicara. 

Setelah itu kamu bisa menuliskan pada selembar kertas, apa saja yang dipahami dari percakapan tersebut. Jika kamu hanya berhasil memahami sedikit percakapan, coba dengarkan dan ulangi lagi hingga benar-benar paham.

Sering Baca Jurnal atau Berita Bahasa Inggris

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan belajar bahasa Inggris ketika menghadapi IELTS adalah sering membaca. Saat ini kamu harus keluar dari zona nyaman dan mulai belajar untuk membaca menggunakan bahasa Inggris.

Cobalah membiasakan diri dengan membaca berita yang cukup panjang dalam bahasa Inggris setiap harinya. Jauh lebih baik lagi jika kamu berhasil membaca jurnal ilmiah dalam bahasa Inggris dengan berbagai macam bidang yang berbeda.

Setelah berhasil membaca dalam bahasa Inggris dengan durasi cukup panjang, kamu bisa mencoba untuk meningkatkan kemampuan dengan durasi yang semakin pendek. Tidak hanya sekedar membaca, kamu harus menulis apa saja yang dipahami dari materi bacaan tersebut.

Belajar bahasa Inggris untuk IELTS dengan cara membaca bisa membantu kamu mempermudah menyelesaikan soal reading. Dalam membaca ada dua metode yang sering digunakan yaitu skimming dan scanning.

Untuk metode skimming disarankan membaca cepat tanpa membaca informasi dengan spesifik. Tetapi jika menggunakan metode scanning, kau bisa membaca cepat dengan cara menyaring informasi penting dalam tulisan tersebut.

Menulis dengan Bahasa Inggris

Ada berbagai macam tes yang akan dijalani ketika menghadapi IELTS. Tidak hanya sekedar listening dan reading, tetapi kamu juga harus bisa menguasai writing serta speaking. Tips selanjutnya harus kamu lakukan untuk belajar bahasa Inggris menghadapi IELTS adalah membiasakan menulis dalam bahasa Inggris.

Menulis dalam bahasa Inggris bisa membantu kamu untuk mendapatkan pembelajaran tata bahasa atau Grammar. Awalnya mungkin masih merasa sulit untuk memahami Grammar, tetapi dengan sering menulis bisa membantu kamu meningkatkan kemampuan.

Jika ingin semakin unggul dalam penguasaan Grammar, coba gabung dengan les bahasa Inggris yang menyediakan kursus persiapan IELTS seperti ICAN ENGLISH. Lembaga Kursus bahasa Inggris tersebut akan membantu kamu merasa siap untuk menghadapi berbagai macam soal dalam IELTS dand mendapatkan skor yang sesuai.

Berlatih Berbicara Bahasa Inggris Setiap Hari

Belajar bahasa Inggris untuk IELTS harus dilakukan secara rutin sehingga bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan berhasil mendapatkan skor yang dibutuhkan. Jika kamu bergabung dengan kursus bahasa Inggris, Maka belajar berbicara menjadi salah satu hal yang mudah dilakukan.

Di dalam kursus bahasa Inggris tersebut kamu bisa mendapatkan banyak teman sebagai lawan bicara. Tidak perlu merasa minder jika kamu belum bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar, sebab secara perlahan-lahan hal tersebut bisa ditingkatkan dengan praktek setiap hari. 

Berbicara dengan teman atau pihak pengajar bisa membantu kamu meningkatkan kemampuan speaking. Sekalipun hal tersebut terlihat sederhana, tetapi bisa membantu lebih fasih berbicara dalam bahasa Inggris.

Baca Juga: 3 TIPS UNTUK LULUS UJIAN IELTS

Mulai Belajar Contoh Soal-Soal IELTS

Tidak hanya sekedar mempelajari materi dasar untuk IELTS, kamu juga disarankan untuk mulai mencari contoh soal-soal. Perlahan kamu harus mulai mengenal tentang tes kemampuan bahasa Inggris tersebut, sebab jika sudah memahami berbagai macam celahnya akan lebih mudah untuk menyelesaikan dan melakukan proses pembelajaran yang tepat.

Biasanya kursus bahasa Inggris profesional akan menyediakan pelatihan demi membantu setiap peserta untuk mendapatkan skor IELTS yang sesuai. Jadi, tidak hanya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, tapi benar-benar siap menghadapi tes bahasa Inggris tersebut.

Ada berbagai macam hal yang perlu dilakukan sebagai cara belajar bahasa Inggris untuk IELTS. Dengan belajar setiap hari tentu membantu persiapan kamu semakin lancar menghadapi tes kemampuan bahasa Inggris tersebut dan akhirnya mendapatkan skor yang sesuai dengan persyaratan masuk perguruan tinggi luar negeri loh. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Daftar Les IELTS Di Medan Terpopuler

Daftar Les IELTS Di Medan Terpopuler

Ada banyak jenis tes untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam pemahaman Bahasa Inggris. IELST merupakan salah satu tes untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris seseorang. Sistem tes ini merupakan sistem tes yang banyak digunakan di luar negeri dan sudah di akui oleh...

Kursus Persiapan IELTS Online

Kursus Persiapan IELTS Online

Kursus persiapan IELTS online harus dilakukan untuk membantu kamu mendapatkan skor yang diinginkan dalam tes IELTS. IELTS atau International English Language Testing System merupakan tes yang akan membantu menentukan tingkat kompetensi untuk kecakapan bahasa Inggris...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH