Daftar Idiom Bahasa Inggris yang Wajib Dihafal

Daftar Idiom Bahasa Inggris yang Wajib Dihafal

Idiom Bahasa Inggris yang wajib dihafal akan mempermudah kamu ketika ingin menggunakan frasa atau ekspresi yang memiliki makna figuratif. Maksudnya adalah, makna tersebut berbeda dengan makna asli tiap kata dalam idiom.

Bagi non-native speaker, idiom adalah frasa Bahasa Inggris yang sulit dipelajari. Contohnya, ungkapan “break a leg” bukan berarti kamu harus mematahkan kaki seseorang. Makna dari idiom tersebut adalah sama seperti “Good luck!”.

5 Kumpulan Idiom Bahasa Inggris Yang Harus Kamu Hafalkan

Berikut adalah daftar idiom dalam Bahasa Inggris yang wajib dihafalkan:

Baca Juga :
Tips Mencapai Level Bahasa Inggris B1

1. Kick the Bucket

Pernahkah kamu mendengar ungkapan “Kick the bucket”? Jika ini adalah pertama kalinya kamu mendengarkan frasa tersebut, kamu mungkin menganggap bahwa maknanya adalah menendang timba. Padahal, frasa ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan timba.

Frasa “To kick the bucket” artinya sama seperti “To die”. Contoh penggunaan idiom tersebut, adalah berikut: We’re glad that she is safe, we think her time comes to kick the bucket.

Kamu tidak akan tahu arti dari idiom tersebut walaupun sudah mencoba untuk menerjemahkan frasa di atas, berdasarkan tiap kata. Itulah mengapa, kamu harus menghafalkannya.

2. Bite the Bullet

Idiom adalah ungkapan informal yang berarti melakukan sesuatu yang tidak menyenangkan atau menyakitkan karena hal itu perlu meskipun kamu sangat ingin menghindarinya.

Berikut adalah contoh idiom “Bite the Bullet”: Since you are not here, I must bite the bullet so we can continue our project.

3. Under the Weather

Jika seseorang mengatakan bahwa mereka merasa “Under the weather”, artinya mereka sedang tidak bersemangat atau sedang kurang fit. Idiom ini seringkali digunakan untuk menjelaskan tentang seseorang yang sedang sakit tanpa ada penjelasan lebih lanjut.

Berikut adalah contoh penggunaan idiom Under the Weather: I am sorry that I cannot go with you tonight, because I am feeling under the weather.

4. Speak of the Devil

Idiom ini juga harus kamu hafalkan, karena sangat berguna untuk percakapan sehari-hari. Speak of the devil adalah idiom yang banyak digunakan untuk mengatakan kehadiran seseorang yang sedang dibicarakan secara tiba-tiba.

Jadi, jangan terjebak dengan adanya kata “Devil” dalam idiom tersebut. Biasanya idiom tersebut digunakan ketika merasa kaget atau lucu karena sebuah kebetulan terjadi. Berikut adalah contoh penggunaan idiom “Speak of the devil” : Speak of the devil! You’are coming at the wrong time, Joe! We are just talking about you!”

5. On Thin Ice

Idiom ini maknanya berada dalam situasi yang sangat beresiko. Jika salah langkah, maka akan berujung pada konsekuensi yang serius. Sama halnya ketika kamu sedang berjalan di atas permukaan es yang sangat tipis. Kamu harus berjalan dengan sangat hati-hati jika tidak ingin terperosok.

Berikut adalah contoh penggunaan idiom “On thin ice”: I came late for my interview today. So, I am sure that I am on thin ice to get that job.”

Belajar Idiom Bahasa Inggris di ICAN English

Buat proses belajar idiom Bahasa Inggris yang wajib dihafal jadi lebih mudah dengan bergabung di tempat kursus Bahasa Inggris di ICAN English. Pilih program yang akan meningkatkan keterampilan speaking kamu di lingkungan belajar kami yang suportif.

Dengan hafal banyak idiom, kamu akan semakin fasih berbahasa Inggris dan lebih mudah memahami lawan bicara, terutama native speaker. Jadi, segera daftar dan tingkatkan keterampilan komunikasi kamu dengan belajar idiom di kelas kami!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi