interesting idioms in english yang wajib kamu kuasai!

Interesting Idioms in English yang Wajib Kamu Kuasai!

Pernahkah kamu mendengar frasa bahasa inggris yang terdengar aneh, tidak kamu mengerti artinya walaupun kamu sudah menerjemahkan setiap kata? Misalnya, seseorang berkata, “you’are the apple of my eyes” padahal tidak ada buah apel dalam pembicaraan sebelumnya. Inilah yang disebut sebagai interesting idioms in English.

Idiom adalah ungkapan dalam bentuk frasa yang tidak bisa diterjemahkan secara harfiah. Idiom juga sangat sering muncul dalam bahasa inggris. Sehingga, ketika belajar bahasa Inggris, mau tidak mau, kamu wajib mempelajari bagian tersebut.

5 Most Interesting Idioms in English

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris yang kamu miliki, ICAN English akan membagikan beberapa kosakata baru berupa idiom. Kosakata ini bisa kamu gunakan untuk percakapan sehari-hari. Agar lebih mudah meningkat, jangan lupa untuk menggunakan interesting idioms in English berikut ketika sedang berkomunikasi dengan teman, ya!

1. Hit the books

Hit the book bukan berarti kamu akan memukul buku-buku di atas meja belajar kamu. Maksud dari ungkapan ini adalah untuk memberi tahu kepada orang lain bahwa kamu benar-benar belajar.

I am so sorry that I will not go there, because I must hit the books.

Kalimat tersebut mengungkapan permintaan maaf karena kamu tidak akan ikut pergi karena kamu harus belajar. Nah, kamu bisa menolak permintaan siapapun dengan idiom ini jika memang alasannya adalah karena harus belajar.

Baca Juga:
Useful Idioms and Meaning in English dan Contohnya

2. Hit the sack

Selain hit the books, ada juga idiom lain yang berbunyi hit the sack. Jika diterjemahkan sesuai kata, maka makna kalimat tersebut adalah memukul karung. Padahal, arti ungkapan tersebut yaitu bahwa kamu akan tidur. Idiom lainnya untuk mengatakan kamu akan tidur selain menggunakan hit the sack adalah hit the hay.

No, I am not going to anywhere today. I am tired and I want to hit the sack. Period.

Arti kalimat tersebut menegaskan bahwa kamu tidak akan pergi kemanapun hari ini. Alasannya adalah karena kamu capek dan akan segera tidur.

3. Sit tight

Sit tight bukan berarti kamu akan duduk dan menahan tubuh kamu sendiri sekuat mungkin. Jika seseorang mengatakan “sit tight”, artinya ia ingin kamu benar-benar menunggu dengan sabar.

Please, sit tight while I meet Mr. Smith.

Dari kalimat tersebut, kamu diminta untuk benar-benar duduk, sama seperti kalimat “just don’t go anywhere”, tidak bisa ditawar lagi. Kamu diminta tetap menunggu sampai pertemuan tersebut selesai.

4. Break the bank

Pernahkah kamu mendengar idiom yang satu ini? Break the bank bukan berarti “menghancurkan bank” atau melakukan tindak kejahatan di bank. Makna break the bank adalah untuk mengungkapkan bahwa sesuatu itu begitu sangat mahal, membutuhkan begitu banyak uang melebihi yang kamu miliki.

If I take a month for vacation, it will break the bank.

Kalimat ini menunjukkan bahwa liburan panjang selama sebulan menurut kamu akan menghabiskan biaya melebihi uang yang kamu punya saat ini. Sehingga, tidak mungkin untuk mewujudkannya.

5. Knuckle down

Knuckle down artinya adalah bekerja keras atau sangat serius ketika mengerjakan sesuatu. Ketika kamu menunda, maka kamu sudah tahu kapan harus mengerjakan hal tersebut, seperti contoh berikut:

My presentation is due tomorrow evening! I have to knuckle down tonight.

Kalimat tersebut artinya kamu akan melakukan presentasi penting besok sore. Sehingga, kamu harus bekerja keras untuk melakukan persiapan presentasi malam itu juga.

Baca Juga:
Materi Program Business English Conversation

Cara Melatih Penggunaan Idiom Bahasa Inggris

Agar kamu dapat belajar idiom secara efisien, sangat penting untuk terus terpapar dengan bahasa Inggris ala native speaker, terutama secara lisan. Semakin sering terpapar, baik berinteraksi langsung atau secara virtual, maka kamu akan menemukan idiom baru dalam percakapan.

Untuk selanjutnya, kamu bisa menonton film dan TV show Bahasa Inggris, tulis ungkapan yang terdengar aneh dan lucu. Kamu bisa mencari artinya nanti. Kamu juga bisa belajar lebih banyak idiom baru dengan mengikuti kelas ICAN English. Belajar bahasa inggris di tempat kursus yang kredibel akan membantu meningkatkan kemampuan kamu secara signifikan

Ada banyak interesting idioms in English yang bisa kamu pelajari untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Idiom pada awalnya terasa sangat sulit dipelajari. Tetapi, jika kamu mampu mempelajari banyak idiom, akan berguna untuk memberikan cara baru, yang lebih kreatif dalam berekspresi saat sedang mengobrol dengan orang lain.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web