Basic bahasa Inggris

Basic Bahasa Inggris Yang Harus Diketahui

Mar 21, 2022 | Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris perlu dimulai dari hal-hal yang mendasar atau dikenal juga dengan sebutan basic Bahasa Inggris. Bahasa Inggris dasar biasanya dipelajari ketika di bangku sekolah menengah atau bahkan sekolah dasar.

Terdapat beberapa cabang ilmu yang termasuk kedalam golongan Bahasa Inggris dasar. Cabang ilmu tersebut saling berkaitan satu sama lain. Sehingga, penting untuk menguasai semuanya. Di bawah ini merupakan informasi terkait cabang-cabang ilmu tersebut.

Baca Juga: MATERI KURSUS BAHASA INGGRIS LEVEL BASIC

Daftar Basic Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris dasar perlu dilakukan sebelum kamu melanjutkan ke tahapan berikutnya. Berikut merupakan beberapa cabang ilmu yang termasuk kedalam jenis Bahasa Inggris dasar untuk pemula yang baru mulai belajar.

1. Listening (mendengarkan)

Basic Bahasa Inggris yang pertama merupakan Listening mendengarkan kata atau kalimat berbahasa Inggris. Listening merupakan salah satu kemampuan dalam bahsa inggris yang penerapannya yakni dengan mendengarkan kosakata yang diucapkan dalam Bahasa Inggris. 

Dengan sering mendengarkan, secara tidak langsung kamu jadi paham dengan istilah-istilah Bahasa Inggris. Adapun, untuk melatih kemampuan listening kamu bisa menggunakan berbagai media yang menyenangkan seperti dengan menonton berbagai film berBahasa Inggris atau bisa juga dengan mendengarkan lagu berBahasa Inggris. 

2. Writing (menulis)

Basic Bahasa Inggris yang berikutnya yaitu, writing atau menulis. Menulis dalam Bahasa Inggris dapat mengukur kemampuan kamu dalam memahami Bahasa Inggris dari segi kosakata ataupun tata bahasa. Adapun, tips untuk lebih meningkatkan kemampuan writing yakni, kamu bisa menggunakan bantuan buku atau sumber lainnya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk meningkatkan kemampuan listening bisa menggunakan media lagu, maka hal tersebut juga berlaku untuk writing. Kamu bisa mencari tahu lirik dari lagu tersebut dan coba untuk menuliskannya.    

3. Reading (membaca)

Jika kamu telah menguasai listening, maka tahapan berikutnya yang harus kamu kuasai adalah reading atau membaca. Adapun, untuk mulai berlatih kemampuan reading kamu bisa memuainya dari hal sederhana seperti membaca buku cerita anak. Hal tersebut bisa kamu jadikan pilihan mengingat buku cerita anak bahasa yang digunakannya cenderung sederhana.

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan reading yakni dengan media film berBahasa Inggris. Kamu bisa menambahkan terjemahan Bahasa Inggris pda ficclm tersebut, laku perhatikan kosakata yang digunakannya.

4. Speaking (berbicara)

Bahasa Inggris dasar yang harus dikuasai berikutnya yaitu, speaking atau kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kemampuan ini. Cara paling sederhana yang bisa dilakukan yakni dengan berbicara dengan diri sendiri.

Kamu bisa membuat skenario sederhana dan mulai latihan untuk berbicara. Adapun, untuk medianya kamu bisa memanfaatkan kaca atau cermin, seolah sedang mengobrol dengan orang lain.    

5. Tenses (pembentukan kalimat)

Terakhir, dalam melatih kemampuan Bahasa Inggris dasar yaitu belajar mengenai tenses atau pembentukan kalimat. Kalimat dalam Bahasa Inggris berguna untuk menunjukkan kondisi terjadinya waktu pada satu peristiwa.  Sehingga, penting untuk memahaminya.

Baca Juga: BASIC GRAMMAR BAHASA INGGRIS

Tips Menguasai Bahasa Inggris Dasar

Setelah mengetahui berbagai macam jenis Bahasa Inggris dasar, berikutnya kamu juga perlu tahu tentang tips yang bisa dilakukan untuk dapat menguasai Bahasa Inggris dasar. Selain bergabung dalam les bahasa Inggris, berikut merupakan tips-tips yang bisa kamu ikuti.

1. Rutin belajar

Pertama, tentu saja  kamu harus belajar secara rutin dan teratur. Adapun, media belajar yang bisa kamu manfaatkan yakni buku cerita, buku materi, film, lagu, dan sebagainya. Kamu bisa membuat jadwal sendiri dan jangan lupa juga untuk menuliskan target agat proses belajar kamu dapat terarah.

2. Rutin berlatih

Terakhir, selain belajar dari segi materi untuk bisa lebih menguasai Bahasa Inggris dasar tentu saja kamu harus rutin berlatih. Latihan diperlukan agar kamu dapat lebih mengingat dan memahami tentang Bahasa Inggris yang telah dipelajari. Agar proses berlatih lebih menyenangkan, kamu bisa mengajak temanmu untuk berlatih bersama.

Basic Bahasa Inggris merupakan hal pertama yang perlu kamu pelajari jika ingin menguasai Bahasa Inggris. Hal terpenting yang harus dilakukan yakni, selalu rutin berlatih dengan cara mempraktekannya secara langsung.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH