Belajar bahasa Inggris paling efektif

Cara Belajar Bahasa Inggris Paling Efektif

Apr 26, 2022 | Bahasa Inggris

Ada banyak cara belajar bahasa Inggris paling efektif yang membantu supaya kamu bisa meningkatkan kemampuan berbahasa asing ini dalam waktu lebih cepat. Hal ini juga membantu mengubah anggapan bahwa belajar bahasa Inggris merupakan hal yang sulit.

Kemampuan menggunakan bahasa Inggris membuat portofolio ketika melamar pekerjaan akan lebih baik. Kemampuan ini juga membuat perusahaan lebih mudah menemukan alasan mengapa harus mempekerjakan kamu.

Baca Juga: TIPS BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN BAIK

Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif

Agar cara belajar bahasa Inggris berjalan lebih efektif, maka kamu wajib mencari tahu terlebih dahulu tingkat kemampuan berbahasa yang kamu miliki. Apalagi sudah menjadi ketentuan bagi para pemula untuk memulai belajar bahasa Inggris dari materi paling dasar.

Tidak masalah apabila kamu mulai belajar bahasa Inggris dari nol. Tetap berfikir positif dan optimis, dengan cara membuat target pencapaian.

Kapan saja kamu merasa kesulitan dan menyerah, ingat apa target yang ingin kamu capai. Bila perlu, catat target pencapaian tersebut di sebuah buku khusus dan baca ulang setiap kali kamu merasa menyerah. Berikut adalah beberapa cara belajar bahasa Inggris paling efektif menurut ICAN English.

1. Belajar Harus Senang

Tidak perlu merasa terintimidasi ketika sedang belajar Bahasa Inggris. Latar belakang, pola kalimat, budaya, dan lainnya jangan dijadikan sebagai alasan yang membuat kamu berhenti belajar.

Jika ikut kursus bahasa Inggris, pastikan bahwa suasana di lembaga tersebut terasa menyenangkan. Sehingga dapat mendukung perkembangan dalam kemampuan berbahasa asing terutama bahasa Inggris. Kamu akan lebih mudah mendapatkan materi kursus jika berada pada lingkungan menyenangkan dengan bantuan dan bimbingan tutor profesional.

2. Ulangi Materi

Akan lebih mudah mengingat sesuatu jika kamu terus mengulanginya. Pengulangan materi yang telah disampaikan oleh tutor harus kamu lakukan secara rutin, dengan cara menentukan waktu kapan kamu harus melakukan pengulangan materi.

Cobalah menjelaskan materi tersebut kepada diri sendiri supaya ingatan terasa. Semakin banyak materi yang kamu ingat, maka semakin efektif hasil belajar bahasa Inggris tersebut.

3. Gunakan TV dan Film

Menonton TV dan film adalah dua hal yang dapat kamu coba jika ingin mencari tahu cara belajar bahasa Inggris paling efektif. Hal ini karena kamu bisa langsung melihat ekspresi wajah, nada bicara atau intonasi dan juga gerakan pada acara ataupun film yang kamu tonton.

Pilih saja film bahasa Inggris sesuai pilihan, dan gunakan subtitle bahasa Inggris. Dengan cara ini maka kamu dapat melatih banyak hal termasuk kemampuan mendengar, memperhatikan pola kalimat, dan memperhatikan cara mengucapkan sebuah kata secara langsung dan tepat.

Baca Juga: TRIK BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN BENAR

Dua Kesalahan Belajar Bahasa Inggris Paling Fatal

Sekarang kamu sudah tahu apa saja cara belajar bahasa Inggris paling efektif. Terdapat dua kesalahan paling fatal yang sering dilakukan oleh pemula.

Pertama, karena terlalu kuatir dengan aturan tata bahasa. Tata bahasa sangat penting untuk kamu pelajari dan bahkan akan sangat membantu jika ingin meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa Inggris.

Hanya saja terkadang banyak pemula yang justru terlalu fokus dan merasa tertekan saat harus mempelajari tata bahasa Inggris. Padahal, metode terbaik untuk mempelajari tata bahasa yaitu dengan meniru, lalu mengulangi, dan melatihnya dari praktek sehari-hari.

Kesalahan berikutnya yaitu takut salah. Saat belajar bahasa Inggris, pasti kamu akan membuat kesalahan. Hal itu adalah wajar, sehingga seharusnya tidak membuat kamu merasa berkecil hati atau takut.

Apalagi dalam belajar bahasa Inggris, hasilnya akan lebih efektif apabila kamu mau mencoba melalui latihan secara rutin. Sehingga jika kamu hanya fokus terhadap rasa takut, maka akan menjadi penghambat dan membuat waktu untuk menguasai bahasa Inggris jadi lebih lama.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH