Belajar bahasa Inggris dengan benar

Trik Belajar Bahasa Inggris dengan Benar

Apr 26, 2022 | Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris dengan benar membuat waktu yang kamu gunakan khusus untuk belajar jadi lebih efektif. Tanda apabila kamu sudah belajar dengan benar adalah terdapat peningkatan dalam kemampuan berbahasa Inggris.

Sangat penting untuk mempelajari bahasa Inggris sebagai alat komunikasi bahasa internasional. Kamu dapat menggunakannya pada berbagai bidang mulai dari urusan bisnis, budaya, pendidikan dan sebagainya.

Baca Juga: CARA BELAJAR BAHASA INGGRIS PALING EFEKTIF

Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Benar

Dari studi yang dilakukan pada Annals of Neurology menunjukkan bahwa orang yang menguasai dua bahasa mempunyai kemampuan lebih tinggi untuk memperhatikan dan konsentrasi lebih baik dibandingkan dengan orang yang hanya menggunakan satu bahasa.

Sangat disarankan untuk mendidik anak belajar bahasa Inggris dari usia 0 sampai 3 tahun. Pendidikan sejak dini pada usia tersebut adalah usia yang paling mudah dalam menerima informasi.

Berikut adalah beberapa cara belajar bahasa Inggris dengan benar:

1. Gunakan Alat Bantu Visual maupun Audio

Belajar bahasa Inggris juga bisa lebih mudah Jika kamu menggunakan bantuan visual maupun audio. Proses belajar menggunakan visual maupun audio akan membantu kamu mempermudah memahami materi pelajaran bahasa Inggris. 

Mulai dari kosakata, kamu bisa menggunakan bantuan visual maupun audio untuk menyebutkan bagian-bagian wajah menggunakan foto maupun audio listening. Selain menggunakan video, kamu juga bisa mencoba untuk mendengarkan musik, menonton fim, dan lain sebagainya. 

2. Musik dan lirik

Gunakan musik untuk media belajar bahasa Inggris agar kamu bisa belajar dengan cara menyenangkan. Hasil penelitian yang dipublikasi oleh Florida National University menyebutkan musik dapat mengaktifkan bagian otak kiri dan kanan dalam waktu yang sama. Kedua belahan otak akhirnya dapat memaksimalkan proses belajar serta meningkatkan daya ingat.

Guna mempelajari bahasa Inggris, cobalah mendengarkan berbagai lagu populer. Dengan cara ini telinga jadi lebih terbiasa mendengarkan kalimat dalam bahasa Inggris. Atau kamu bisa mencoba menebak lirik lagu, kemudian mencocokkan lirik dari hasil yang kamu dengar dengan lirik asli lagu tersebut.

3. Baca Teks

Buku, media sosial, surat kabar, email, dan situs web adalah sumber untuk mencari teks bahasa Inggris. Kegiatan membaca merupakan cara efektif dalam meningkatkan kosakata.

Bacaan berbentuk artikel, percakapan, dan juga cerita membantu supaya kamu bisa mengetahui maupun memahami arti kata bahasa Inggris. Membaca juga perlu pengulangan kata-kata supaya dapat membantu untuk mengingat.

Dari proses membaca, siapapun yang belajar bahasa Inggris akan mempunyai peningkatan pada akurasi dan kelancaran berbicara. Akurasi adalah penggunaan kosakata, tata bahasa, dan pengucapan secara benar.

4. Manfaatkan Aplikasi Bahasa Inggris

Sekarang zaman sudah semakin canggih, manfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan keuntungan dalam belajar bahasa Inggris. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah mendownload aplikasi bahasa Inggris untuk menunjang kemampuan kamu. 

Ada banyak aplikasi bahasa Inggris yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan perbendaharaan  kata, memahami struktur tulisan, listening, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut di smartphone, sehingga semakin sering untuk belajar. 

5. Catat kosakata baru

Gunakan buku catatan khusus atau aplikasi pencatatan pada ponsel cerdas yang kamu miliki. Melakukan pencatatan kosakata baru setiap kali kamu mendengar maupun membaca kata dan juga ungkapan baru.

Kemudian manfaatkan waktu untuk menulis kosakata tersebut dalam bentuk kalimat sekaligus artinya, dan ulangi baca kosakata tersebut. Kemudian gunakan kosakata yang sudah kamu kuasai tersebut harus kamu gunakan untuk percakapan sehari-hari.

Baca Juga: TIPS BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN BAIK

Rekomendasi Belajar Bahasa Inggris Secara Daring

Apabila kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan benar secara daring, kamu dapat mengambil program belajar bahasa Inggris bersama ICAN English. Cara ini tergolong efektif supaya kamu bisa memahami dasar-dasar dalam bahasa Inggris.

Kamu juga bisa mengikuti kursus online Bahasa Inggris sesuai kebutuhan dan tingkat keahlian. Ada banyak pilihan kursus yang dapat kamu sesuaikan seperti belajar Bahasa Inggris general, belajar bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan berbicara, ataupun belajar bahasa Inggris untuk kebutuhan persiapan tes IELTS, TOEFL, dan TOEIC.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah mempelajari grammar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti cara tersebut, maka pengalaman belajar grammar akan lebih mudah. Fakta bahwa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH