belajar bahasa inggris subject verb object

Belajar Bahasa Inggris Subject Verb Object

Belajar bahasa inggris subject verb object adalah salah satu materi dasar. Struktur dasar kalimat dalam bahasa inggris dikenal dengan SVO atau singkatan Subject, Verb, dan Object.

Terkadang, pemula masih bingung dengan penggunaan subject, verb, dan object. Contoh, bagaimana ketika subject dalam bentuk He, She, dan It bisa merubah verb sehingga mempunyai akhiran s atau es dalam simple present tense.

Belajar SVO – Subject, Verb, dan Object

Untuk meningkatkan pemahaman tentang materi dasar dalam struktur sederhana kalimat, maka kamu bisa menyimak penjelasan tentang belajar bahasa inggris subject verb object dari ICAN English, lembaga kursus Bahasa Inggris untuk level beginner sampai advanced.

Baca Juga:
Cara Mudah Memahami Simple Present Tense

Subject

Subject merupakan pelaku, siapa yang sedang melakukan sesuatu pada sebuah kalimat. Subject tidak selalu manusia, bisa juga binatang, tanaman, ataupun benda.

Pada Bahasa Inggris, subject berbentuk pronoun atau nama. Sehingga, subject tersebut bisa menjadi I, You, We, They, She, He, dan It. Bisa juga subject adalah nama atau julukan seperti Budi and Ratna, Brother and Sister, Teacher and students, dan sebagainya

Subject adalah hal penting dalam sebuah kalimat guna menjelaskan siapa atau apa yang sedang dibicarakan. Tanpa adanya subject, sebuah kalimat tidak akan jelas, karena kamu tidak tahu siapa yang sedang dibicarakan.

Verb

Verb dalam Bahasa Indonesia adalah predikat atau kata kerja. Kata kerja merupakan kata yang perlu kamu gunakan kalau harus menggambarkan subject yang sedang melakukan tindakan atau kegiatan.

Dalam bahasa inggris, verb mempunyai tiga bentuk berdasarkan waktu. Verb tersebut adalah verb 1, verb 2, dan verb 3.

Verb dalam Bahasa Inggris ada yang berbentuk tindakan, ada juga verb yang tidak menunjukkan subject sedang berbuat sesuatu, seperti bentuk is, am, dan are. Belajar verb artinya kamu juga akan mempelajari transitive dan intransitive verb. Intransitive verb merupakan kata kerja yang membutuhkan object, sedangkan transitive verb tidak.

Object

Object adalah kata benda atau orang yang terkena dampak atas apa yang dilakukan subject. Pada kalimat Bahasa Inggris, tidak semua verb membutuhkan object. Tapi, hampir semua kalimat bisa menggunakan object atau keterangan (compliment) dalam kalimatnya.

Baca Juga:
Contoh Kalimat dari Subject Pronoun

Contoh Penggunaan SVO dalam Kalimat

Sekarang, kamu sudah mempelajari apa itu subject, verb, dan object. Agar lebih mudah memahaminya, berikut adalah contoh penggunaan subject dalam kalimat:

  • Joanna is working right now – Joanna sedang bekerja sekarang.
  • Tom and Sam like your cat – Tom dan Sam suka kucingmu.
  • She is the pilot – Dia (Perempuan) pilotnya.

Sedangkan contoh penggunaan verb dalam sebuah kalimat adalah berikut:

  • Joanna was waiting you in her office – Joanna tadi sedang menunggu kamu di kantornya.
  • Tom and Sam played with your cat yesterday – Tom dan Sam bermain dengan kucingmu kemarin.
  • She will go to China next week – Dia akan pergi ke China minggu depan.

Contoh kalimat yang menggunakan object adalah berikut:

  • Tom bakes cakes for you –  Tom memanggang kue untukmu.
  • I visited you – Aku menjengukmu.
  • Joanna likes you – Joanna suka kamu.

Itulah penjelasan lengkap tentang belajar bahasa inggris subject verb object. Kamu bisa mencoba membuat kalimat sendiri untuk mengetahui apakah kamu sudah memahami materi tersebut atau tidak. Dengan menguasai tentang subject, verb, dan object, maka kamu sudah bisa membuat kalimat sederhana, baik untuk ditulis atau diucapkan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi