belajar bahasa inggris subject verb object

Belajar Bahasa Inggris Subject Verb Object

Apr 26, 2022 | Bahasa Inggris

Belajar bahasa inggris subject verb object adalah salah satu materi dasar. Struktur dasar kalimat dalam bahasa inggris dikenal dengan SVO atau singkatan Subject, Verb, dan Object.

Terkadang, pemula masih bingung dengan penggunaan subject, verb, dan object. Contoh, bagaimana ketika subject dalam bentuk He, She, dan It bisa merubah verb sehingga mempunyai akhiran –s atau –es dalam simple present tense.

Baca Juga: PELAJARAN BAHASA INGGRIS SIMPLE PRESENT TENSE

Belajar SVO – Subject, Verb, dan Object

Untuk meningkatkan pemahaman tentang materi dasar dalam struktur sederhana kalimat, maka kamu bisa menyimak penjelasan tentang belajar bahasa inggris subject verb object dari ICAN English, lembaga kursus Bahasa Inggris untuk level beginner sampai advanced.

1. Subject

Subject merupakan pelaku, siapa yang sedang melakukan sesuatu pada sebuah kalimat. Subject tidak selalu manusia, bisa juga binatang, tanaman, ataupun benda.

Pada Bahasa Inggris, subject berbentuk pronoun atau nama. Sehingga, subject tersebut bisa menjadi I, You, We, They, She, He, dan It. Bisa juga subject adalah nama atau julukan seperti Budi and Ratna, Brother and Sister, Teacher and students, dan sebagainya

Subject adalah hal penting dalam sebuah kalimat guna menjelaskan siapa atau apa yang sedang dibicarakan. Tanpa adanya subject, sebuah kalimat tidak akan jelas, karena kamu tidak tahu siapa yang sedang dibicarakan.

2. Verb

Verb dalam Bahasa Indonesia adalah predikat atau kata kerja. Kata kerja merupakan kata yang perlu kamu gunakan kalau harus menggambarkan subject yang sedang melakukan tindakan atau kegiatan.

Dalam bahasa inggris, verb mempunyai tiga bentuk berdasarkan waktu. Verb tersebut adalah verb 1, verb 2, dan verb 3.

Verb dalam Bahasa Inggris ada yang berbentuk tindakan, ada juga verb yang tidak menunjukkan subject sedang berbuat sesuatu, seperti bentuk is, am, dan are. Belajar verb artinya kamu juga akan mempelajari transitive dan intransitive verb. Intransitive verb merupakan kata kerja yang membutuhkan object, sedangkan transitive verb tidak.

3. Object

Object adalah kata benda atau orang yang terkena dampak atas apa yang dilakukan subject. Pada kalimat Bahasa Inggris, tidak semua verb membutuhkan object. Tapi, hampir semua kalimat bisa menggunakan object atau keterangan (compliment) dalam kalimatnya.

Contoh Penggunaan SVO dalam Kalimat

Sekarang, kamu sudah mempelajari apa itu subject, verb, dan object. Agar lebih mudah memahaminya, berikut adalah contoh penggunaan subject dalam kalimat:

  • Joanna is working right now – Joanna sedang bekerja sekarang.
  • Tom and Sam like your cat – Tom dan Sam suka kucingmu.
  • She is the pilot – Dia (Perempuan) pilotnya.

Sedangkan contoh penggunaan verb dalam sebuah kalimat adalah berikut:

  • Joanna was waiting you in her office – Joanna tadi sedang menunggu kamu di kantornya.
  • Tom and Sam played with your cat yesterday – Tom dan Sam bermain dengan kucingmu kemarin.
  • She will go to China next week – Dia akan pergi ke China minggu depan.

Contoh kalimat yang menggunakan object adalah berikut:

  • Tom bakes cakes for you –  Tom memanggang kue untukmu.
  • I visited you – Aku menjengukmu.
  • Joanna likes you – Joanna suka kamu.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT AKTIF DAN PASIF SIMPLE FUTURE TENSE

Itulah penjelasan lengkap tentang belajar bahasa inggris subject verb object. Kamu bisa mencoba membuat kalimat sendiri untuk mengetahui apakah kamu sudah memahami materi tersebut atau tidak. Dengan menguasai tentang subject, verb, dan object, maka kamu sudah bisa membuat kalimat sederhana, baik untuk ditulis atau diucapkan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah mempelajari grammar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti cara tersebut, maka pengalaman belajar grammar akan lebih mudah. Fakta bahwa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH