contoh kalimat dari subject pronoun

Contoh Kalimat dari Subject Pronoun

Kata ganti subjek atau subject pronoun berfungsi untuk menggantikan noun atau kata benda. Subjek dapat berupa hewan, orang, atau benda yang melakukan tindakan. Apabila dipelajari secara seksama, kamu bisa menemukan kata ganti subjek dan dipakai sebagai subjek kata kerja, berbeda dengan kata ganti objek atau objek gramatikal. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa belajar contoh kalimat dari subject pronoun dan penjelasannya sebagaimana berikut.

6 Macam Subject Pronoun

Subject pronoun merupakan materi Bahasa inggris paling dasar. Berikut adalah macam-macam subject pronoun yang harus kamu pelajari:

1. Kata Ganti Saya

Subject pronoun saya adalah l, ditulis huruf besar dimana saja tempatnya. Subjek terletak di bagian awal kalimat, ditulis juga sesudah kalimiat keterangan, sebagaimana contoh berikut:

  • I live in Probolinggo Saya tinggal di Probolinggo.
  • I believe in angels Saya percaya adanya malaikat.

Kata l adalah orang pertama tunggal, untuk menggantikan kata Saya sebagai subjek.

2. Kata Ganti Kamu

Kata ganti subjek berikutnya adalah kamu atau you, perhatikan contoh berikut:

Do you speak Javanese?  – Apakah kamu berbicara Bahasa Jawa?

Hi, Joanna. Where do you live? Hai Joanna, dimana kamu tinggal?

Orang kedua tunggal atau jamak tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk kamu satu orang, tapi juga kamu semua yang lebih dari satu orang. Letakkan You di awal kalimat, ditulis kapital.

3. Kata Ganti Kita

Subject pronoun berikutnya yaitu We, artinya kami atau kita. Gunakan kata tersebut untuk menunjuk orang pertama, jamak, berikut adalah contohnya:

Joanna and I are sisters. We are very different. Joanna dan saya adalah saudara, kita sangat berbeda.

We must work hard to reach the target Kita harus bekerja keras untuk mencapai target.

Jumlah orang yang dimaksud yaitu lebih dari satu. Penulisannya sama seperti You, diawali huruf pertama, ditulis besar, dan berada di awal kalimat.

4. Kata Ganti Mereka

Subject pronoun selanjutnya yaitu They, artinya mereka. Bentuk kata ganti tersebut adalah menunjukkan orang ketiga, jamak sebagaimana contoh berikut:

They are the new students  Mereka adalah murid-murid baru.

John and Joanna are the winner. They can win because their hard work. John dan Joanna adalah pemenangnya. Mereka bisa menang karena kerja kerasnya.

They digunakan untuk membicarakan oranglain yang jumlahnya banyak. Penulisan sama seperti subject pronoun lainnya dengan menempatkan kata They di awal kalimat, huruf besar.

Baca Juga:
Materi Pronoun Dalam Bahasa Inggris

5. Kata Ganti Dia

Subject pronoun selanjutnya mempunyai arti dia. Terdapat dua makna berbeda, sehingga penulisan kata ganti juga berbeda, yaitu She bagi perempuan dan He bagi laki-laki, sebagaimana contoh berikut:

She has beautiful eyes like her mother Dia mempunyai mata yang indah seperti ibunya.

He never tired to work this summer Dia tidak pernah lelah bekerja musim panas ini.

Kata ganti tersebut digunakan untuk orang ketiga tunggal. Penulisannya juga bisa disesuaikan berdasarkan tempat.

6. Kata Ganti Itu

Subject pronoun terakhir yaitu It, artinya dia, untuk menggantikan subjek hewan, benda, kondisi, atau rasa tertentu, berikut contohnya:

This green tea is tasteful, it is not bitter. Teh hijau ini sangat enak, dia tidak pahit.

I call my little cat Poko. It is so cute. Aku panggil kucing kecilku Poko. Dia sangat imut.

It artinya subjek tunggal, penulisannya juga sama seperti kata ganti subjek lainnya.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Command dalam Bahasa Inggris

Mengapa Harus Belajar Subject Pronoun

Itulah penjelasan lengkap tentang contoh kalimat dari subject pronoun dan pembahasannya lengkap. Karena kata ganti subjek penting untuk menggantikan subjek pada sebuah klausa, memahami materi subject pronoun akan membantu agar kamu tidak mengulang nama subject.

Untuk belajar materi Bahasa Inggris lainnya, kamu bisa belajar bersama ICAN English. Tersedia banyak pilihan kursus Bahasa Inggris agar kamu bisa memilih materi pembelajaran sesuai kebutuhan.

Tak hanya kursus bahasa Inggris, kami juga memiliki kelas persiapan untuk IELTS dan TOEFL yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Dengan begitu, kamu bisa belajar sesuai skill yang kamu miliki. Semua materi yang diberikan akan disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan kamu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi