tips belajar bahasa inggris tingkat advance

Tips Belajar Bahasa Inggris Tingkat Advance

Agar kamu tahu bahwa kamu sudah belajar bahasa inggris level advance dan telah menguasainya, maka kamu harus mengukurnya menggunakan CEFR. Terdapat enam tingkatan kemampuan Bahasa Inggris yang wajib kamu tahu yaitu dari level A1 Beginner hingga C2 Proficient.

CEFR adalah Commo European Framework of Reference for Languages, standar internasional yang dirancang dengan tujuan menaksir kecakapan maupun kemampuan berbahasa seseorang di Eropa. CEFR berlaku pada beberapa Bahasa, termasuk Bahasa Inggris. Keterampilan berbahasa inggris secara pasif dan aktif dapat diukur menggunakan standar tersebut.

Apa Itu Level Advanced

Dalam CEFR, level Bahasa inggris dimulai dari A1 Beginner, A2 Elementary, B1 Intermediate, B2 Upper Intermediate, C1 Advanced dan terakhir adalah C2 Proficient. Pada level kelima, yaitu C1 Advanced atau tingkat lanjutan, artinya kamu bisa menggunakan Bahasa Inggris dengan sangat baik untuk kepentingan profesional maupun akademis.

Baca Juga:
Test Bahasa Inggris Untuk Menentukan Level

Pada level ini, kamu tidak lagi mengalami kesulitan memahami maupun menerapkan Bahasa Inggris dalam semua kesempatan. Kamu juga bisa dengan mudah mengemukakan pendapat, ide dalam bentuk lisan ataupun tulisan tentang berbagai macam topik secara spontan, percaya diri, dan fasih.

Level Bahasa inggris advance juga menunjukkan bahwa kamu telah memahami berbagai macam percakapan inggris rumit dan literatur panjang tanpa menggunakan panduan apapun. Kamu juga bisa menjelaskan secara detail tentang situasi yang rumit. Dalam soal menulis, kamu dapat membuat karangan panjang, berstruktur dengan baik.

Berikut adalah indikator atau ukuran abhwa kamu sudah belajar bahasa inggris advance:

  1. Mampu berdiskusi menggunakan Bahasa inggris dengan tujuan bersosial, termasuk menggunakan lelucon.
  2. Paham dan dapat bertukar informasi dan dapat berbicara secara akrab dengan teman.
  3. Mampu mengekspresikan diri dengan jelas dan tepat memakai bahasa secara fleksibel.
  4. Memahami macam-macam frase dan mengenali makna implisit, termasuk sarkasme.
  5. Mampu memberikan uraian maupun narasi berita terkini, dan mengintegrasikan sub tema, juga mengembangkannya.
  6. Memahami macam-macam teks, termasuk berita surat kabar dan mengenali makna implisitnya.
  7. Mampu membuat laporan imajinatif terkait peristiwa menggunakan gaya alami.
  8. Memberi presentasi berita singkat secara jelas dan terstruktur.

Baca Juga:
Trik Belajar Bahasa Inggris Level Lanjutan

Tips Belajar Bahasa Inggris Advance

Jika saat ini kamu ingin belajar Bahasa inggris advance, kamu bisa mencari tempat kursus Bahasa Inggris yang memberikan placement test terlebih dahulu. Contoh, di ICAN English, kamu bisa mengambil kursus level advance supaya kamu bisa menggunakan Bahasa inggris tersebut dengan mahir.

Terdapat beberapa metode belajar bahasa inggris yang paling efektif agar kamu bisa menguasai tingkat advance. Pertama, Grammar Translation Method atau GTM yang merupakan metode untuk mengutamakan grammar atau tata Bahasa.

Ada juga metode Audio Lingual Method, metode efektif untuk belajar Bahasa inggris secara cepat, dengan praktik dialog pendek, memaksa diri supaya bisa menghafal dan mencari tahu makna belakangan.

Silent Way adalah metode belajar Matematika, dikemukakan Celeb Cattegno. Metode tersebut bisa diterapkan dengan membangun sense atau inner criteria, melibatkan seorang tutor. Sehingga, kamu bisa memperbaiki kesalahan saat menggunakan Bahasa Inggris.

Baca Juga:
Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Terakhir yaitu metode belajar menggunakan Total Physical Response. Seorang tutor akan melakukan kegiatan atau aktivitas tertentu, namun sebelum melakukan seluruh aktivitas tersebut, ia memberikan instruksi kepada dirinya sendiri dengan menggunakan instruksi Bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web