Belajar bahasa Inggris lanjutan

Trik Belajar Bahasa Inggris Level Lanjutan

Jan 28, 2022 | Bahasa Inggris

Belajar bahasa inggris level lanjutan bisa kamu ketahui setelah mengukur sejauh mana level bahasa inggris kamu melalui CEFR. Sebagai akronim dari Common European Framework of Reference for Languages, CEFR berperan sebagai standar tingkat internasional, berfungsi untuk mengukur apakah kamu berada pada level pemula atau lanjutan.

Standar ini sendiri juga telah diakui oleh masyarakat global, umumnya dipraktekkan di Eropa. CEFR juga berlaku pada beberapa bahasa, termasuk bahasa inggris.

Baca Juga: TRIK BELAJAR BAHASA INGGRIS ONLINE

Apa itu Kemampuan Bahasa Inggris Tingkat Lanjut?

Standar CEFR dibagi dalam enam tingkatan, sebagaimana berikut:

1. A1 Beginner

Yaitu tingkat pertama atau kamu dinyatakan sebagai pemula dalam belajar bahasa inggris. Pada tingkat ini, kamu mempunyai kemampuan bahasa inggris dasar. Selain itu, kamu mampu menggunakan berbagai kalimat sederhana, dengan penggunaan kosakata umum.

2. A2 Elementary

Masih dalam kategori tingkat dasar, kamu bisa menggunakan bahasa inggris untuk interaksi sederhana. Seperti misalnya menggunakannya untuk berinteraksi secara terbatas.

Level elementary ini menunjukkan kamu mampu berkomunikasi tapi hanya pada topik-topik yang telah kamu kuasai. Contohnya dengan memahami cerita pendek.

3. B1 Intermediate

Dalam bahasa inggris, disebut dengan level menengah. Level ini menunjukkan bahwa kamu bisa menggunakan bahasa inggris secara aktif dan pasif, tentang topik bervariasi jika dibandingkan pada level sebelumnya, termasuk untuk komunikasi formal atau informal.

Contoh, kamu bisa berinteraksi tentang apa gaya hidup dan cita-cita kamu juga ikut wawancara kerja dalam bahasa inggris.

4. B2 Upper Intermediate

Pada tingkat keempat, kamu dianggap punya kemampuan menengah atas. Sehingga bisa menunjukkan kemampuan Bahasa Inggris tanpa ada masalah. Kamu mampu memahami maupun mempraktekkan bahasa asing ini secara kompleks. Contoh, membuat teks berhubungan dengan topik sosial disertai penjelasan detail.

5. C1 Advanced

Pada bagian ini, kamu sudah belajar bahasa inggris tingkat lanjutan. Kamu mampu menggunakan bahasa inggris baik secara akademik atau profesional. Tidak ada masalah dalam memahami maupun menggunakan bahasa asing ini pada berbagai kesempatan. Kamu juga mampu mengutarakan ide pada berbagai macam topik secara percaya diri, fasih, dan spontan.

6. C2 Proficient

Pada level belajar bahasa inggris, maka ini adalah level ahli. Dianggap sudah punya kemampuan bahasa inggris yang selevel dengan native speaker. Kamu bisa menggunakan bahasa inggris pada kondisi apapun.

Setelah menyimak seluruh penjelasan tentang level bahasa inggris sesuai CEFR, maka seseorang yang mempunyai tingkat lanjutan berada pada level kelima, yaitu C1 Advanced. Kamu bisa menggunakan bahasa inggris untuk kebutuhan akademik maupun profesional.

Baca Juga: TRIK BELAJAR BAHASA INGGRIS LEWAT GOOGLE

Tips Meningkatkan Level Advanced Bahasa Inggris

Sekarang, kamu sudah tahu tentang level bahasa inggris tingkat lanjutan. Ada beberapa hal yang wajib kamu lakukan supaya kamu bisa mencapai level tersebut.

Pertama, selalu ingat bahwa bahasa inggris punya banyak aksen. Kamu bisa meningkatkan level lanjutan dengan memberi tantangan diri sendiri agar terus belajar bahasa Inggris berbagai macam aksen. Contohnya, kunjungi negara berbahasa inggris, melakukan kegiatan pada lingkungan sosial, akademik, juga lingkungan kerja menggunakan bahasa inggris.

Kedua, kamu bisa menonton film maupun acara televisi, mendengarkan radio tanpa teks, dan menelpon menggunakan bahasa inggris. Atau, kamu juga dapat bertemu serta menghabiskan waktu bersama rekan ataupun teman agar bisa berbicara bahasa inggris.

Terakhir, kamu bisa menyimak percakapan secara teliti, kemudian tangkap arti lebih luas dibandingkan arti dasarnya. Bahkan kamu bisa bertemu teman-teman baru yang juga belajar bahasa inggris level lanjut bersama ICAN ENGLISH. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH