Test bahasa Inggris untuk menentukan level

Test Bahasa Inggris untuk Menentukan Level

Apr 19, 2022 | Bahasa Inggris

Kemampuan berbahasa Inggris menjadi kemampuan yang dibutuhkan. Karena kemampuan bahasa Inggris mampu menunjang kemampuan di bidang lainnya. Setiap orang seharusnya mengetahui level bahasa Inggris yang dimiliki. Saat ini telah hadir test bahasa Inggris untuk menentukan level.

Level berbahasa Inggris biasanya terdiri dari basic, intermediate, advanced, dan sebagainya. Menentukan level bahasa Inggris menjadi penting. Karena di beberapa perusahaan pun akan ditanyakan terkait level bahasa Inggris yang dimiliki. Beberapa perusahaan biasanya mengharuskan karyawannya dapat berbahasa Inggris di level basic.

Baca Juga: 5 MACAM TEST LEVEL BAHASA INGGRIS

Test Bahasa Inggris untuk Menentukan Level dengan CEFR

Salah satu tes yang digunakan untuk menentukan level adalah CEFR. CEFR merupakan sebuah sistem yang digunakan oleh para akademisi untuk mengetahui level berbahasa Inggris. CEFR hadir dengan tujuan untuk menentukan atau menilai skill berbahasa Inggris dari pengguna bahasa Inggris di seluruh dunia. Inilah beberapa level dalam tes CEFR!

1. A1 Beginner

Level pertama ditandai dengan huruf dan angka A1, yaitu level beginner. Pada level ini, pengguna bahasa Inggris benar-benar beginner. Atau dapat dikatakan pula bahwa pengguna bahasa Inggris hanya menguasai kosakata umum dan kemampuan dasar. Pemahaman akan kalimat bahasa Inggrisnya pun merupakan kalimat-kalimat sederhana.

2. A2 Elementary

Level berikutnya adalah elementary. Pada level ini, pengguna bahasa Inggris sudah dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Hanya saja, kemampuan dan pemahamannya masih terbatas. Sehingga, kemampuannya pun hanya mencakup hal-hal dasar atau basic. Misalnya, hanya dapat menceritakan topik-topik sederhana seperti hobi, kesukaan, dan sebagainya.

3. B1 Intermediate

Level ketiga adalah B1 intermediate. Pada level ini, test bahasa Inggris untuk menentukan level CEFR menentukan bahwa pengguna bahasa Inggris sudah sampai tahap menengah. Sama halnya seperti pada level elementary, pengguna bahasa Inggris dapat berkomunikasi serta menceritakan sesuatu dalam bahasa Inggris.

Perbedaannya adalah, pada level ini topik yang diambil lebih variatif. Apabila sebelumnya hanya terkait hobi dan kesukaan, di level ini sudah dapat membicarakan terkait cita-cita serta gaya hidup. Komunikasinya dapat dilakukan dalam kondisi formal dan informal. Hanya saja komunikasinya masih terbatas dan belum leluasa.

4. B2 Upper Intermediate

Level berikutnya adalah level menengah atas. Pada level ini, penguasaan bahasa Inggris lebih terlihat lancar dan tanpa banyak kendala. Topik-topik yang diangkat oleh pengguna bahasa Inggris di level ini merupakan topik kompleks. Sehingga, bukan lagi berbicara terkait hobi, cita-cita, atau hal-hal yang berhubungan dengan diri sendiri.

Namun, pembicaraan atau topiknya sudah memasuki ranah yang lebih kompleks. Misalnya, topik-topik terkait sosial, lingkungan, dan sebagainya. Pengguna bahasa Inggris di level ini dapat pula menulis tulisan terkait topik-topik tersebut.

5. C1 Advanced

Level ini merupakan level lanjutan. Orang-orang yang ada di level ini biasanya merupakan akademisi atau pengguna bahasa Inggris profesional. Karena bahasa Inggris benar-benar dijadikan bahasa kedua. Orang di level lanjutan ini sudah mampu mengungkapkan banyak hal dalam bahasa Inggris, baik lisan atau tulisan,

6. C2 Proficient

Level terakhir adalah proficient atau ahli. Orang-orang yang berada di level ini memiliki kemampuan setara dengan native speaker. Sehingga, berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris pun sudah di luar kepala.

Baca Juga: KRITERIA LES BAHASA INGGRIS TERBAIK

Cara Test Bahasa Inggris untuk Menentukan Level

Selain menggunakan CEFR, sebenarnya kemampuan tes bahasa Inggris pun dapat dilakukan di situs lainnya. Misalnya di situs ICAN English yang menyediakan placement test secara gratis. Tes ini dapat membantu kamu dalam mengetahui kemampuan bahasa Inggris. Inilah manfaat lainnya dari placement test di icanenglish.net.

1. Mendapatkan Skor

Kamu akan mendapatkan skor di akhir tes. Namun, dengan persyaratan mengisi data terlebih dahulu. Skor atau hasil tes tersebut dapat digunakan untuk mengetahui level bahasa Inggris yang kamu miliki.

2. Placement untuk Kelas Kursus

Kemampuan bahasa Inggris akan lebih maksimal apabila melakukan kursus bahasa Inggris, misalnya di icanenglish.net. Hasil dari placement test yang sebelumnya didapatkan akan dijadikan patokan untuk penempatan kelasnya. Sehingga, hasil yang didapatkan pun akan lebih maksimal.

Menentukan level bahasa Inggris tidak dapat dilakukan secara acak. Itulah mengapa perlu test bahasa Inggris untuk menentukan level. Dari hasil tes kemudian akan terdeteksi kemampuan bahasa Inggris dari seseorang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH