Belajar Berbicara Bahasa Inggris

Tips Belajar Berbicara Bahasa Inggris, Jadi Lebih Percaya Diri!

Jul 14, 2022 | Bahasa Inggris

Belajar berbicara bahasa inggris merupakan tantangan yang sangat besar, namun yang paling berbahaya adalah saat tidak mempunyai rasa percaya diri. Rasa ragu akan menghambat peningkatan kemampuan berbahasa inggris. padahal proses belajar yang panjang saja sudah cukup untuk membuat kamu merasa frustrasi.

Padahal, ketika kamu bisa menggunakan Bahasa Inggris dengan lancar saat berbicara, maka rasa percaya diri yang kurang bisa merusak semua yang ada di kepala dan yang ingin kamu sampaikan. Rasa percaya diri juga modal yang sangat besar apabila kamu ingin menggunakan bahasa inggris untuk berbagai kondisi.

Baca Juga: TIPS MELATIH LISTENING BAHASA INGGRIS

Cara Lancar Speaking dengan Rasa Percaya Diri

Ketika kamu berencana untuk belajar bahasa Inggris, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara komunikasi yang tepat dengan berbicara. Kursus bahasa Inggris di ICAN English akan membantu kamu meningkatkan kemampuan dalam berbagai aspek, mulai dari menulis, membaca dan berbicara. Berikut adalah beberapa cara belajar bahasa inggris speaking agar lancar berbicara dengan rasa penuh percaya diri:

1. Dengarkan dan Ulangi

Kalau kamu mempunyai film, acara televisi, dan saluran YouTube favorit dalam bahasa inggris, daripada hanya sekedar menonton, cobalah dengarkan pembawa acara atau karakter. Ulangi dialog yang menarik didengar. Simak lalu jeda, aktifkan juga subtitle bahasa inggris supaya kamu lebih mudah mengidentifikasi per kata. Cara menyenangkan ini akan melatih keterampilan berbicara dan mendengarkan dengan adanya materi menghibur.

2. Cari Teman

Kalau sulit berlatih sendirian, maka cara belajar berbicara bahasa inggris selanjutnya yaitu tingkatkan keterampilan berbicara. Temukan kelompok teman ataupun teman sekelas dengan misi yang sama untuk mempunyai tujuan yang sama agar lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa inggris.

Buatlah perkumpulan atau komunitas dengan aturan hanya menggunakan bahasa inggris. kalau kamu hang out, berarti semua orang hanya boleh berbicara dalam bahasa inggris selama satu ataupun dua jam kedepan. Sistem pendukung ini membuat kamu merasa lebih aman dalam membuka diri saat berbicara bahasa inggris.

3. Baca Lantang

Apakah kamu lebih suka novel atau teks non-fiksi, luangkan setidaknya 30 menit setiap hari untuk membaca. Lanjutkan membaca 30 menit lagi dengan suara keras. Ini adalah cara yang bagus dalam mengembangkan keterampilan membaca kamu. Selain itu juga dapat melatih pengucapan serta intonasi berbagai kata dan panjang kalimat.

Apabila kamu tidak yakin dengan mengucapkan kata tertentu, cukup lihat kamus pembelajar, Google atau YouTube. Tetapi jangan terlalu fokus pada detail per kata yang tidak kamu pahami. Tujuan latihan ini adalah meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara, membaca menggunakan suara keras memungkinkan agar kamu bisa melatih pengucapan dalam privasi dan kenyamanan rumah/kamar kamu sendiri.

Baca Juga: CARA IMPROVE KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

Topik yang Tidak Boleh Dibahas Saat Berbicara Bahasa Inggris

Jika kamu tidak bertemu teman cukup lama, biasanya mereka akan mengomentari tubuh yang semakin gemuk atau semakin kurus. Padahal, sapaan seperti ini tergolong hal yang tidak sopan bagi masyarakat di luar negeri, karena termasuk menilai seseorang dari fisik atau body shaming. Selain topik fisik, ada juga topik yang wajib kamu hindari ketika berbicara bahasa inggris dengan native speaker.

Pertama, hindari membahas pernikahan dan keluarga. Keluarga adalah bagian penting dari masyarakat Indonesia dan banyak pertanyaan seputar topik ini. Namun, menanyakan seseorang mengapa dia belum menikah atau mengapa pasangan tidak memiliki anak akan melewati batas antara menunjukkan rasa ingin tahu yang sopan dan terlalu ingin tahu urusan pribadi orang lain.

Topik yang harus dihindari berikutnya adalah agama. Ini adalah masalah yang sangat sensitif bagi banyak penutur asli bahasa Inggris karena sangat pribadi dan umumnya tidak didiskusikan dengan kenalan biasa. Bagi mereka, mengambil satu langkah yang salah, segalanya bisa menjadi sangat salah. Jika harus menanyakan tentang agama, cari topik yang lebih umum seperti contoh, “Bagaimana liburan Natal kamu?”

Terakhir, jangan pernah bertanya tentang kematian atau hal-hal tragis. Ketika kematian atau penyakit serius menyerang, wajar bagi orang untuk menunjukkan kekhawatiran. Namun, jangan biarkan kekhawatiran berubah menjadi rasa ingin tahu. Hindari bertanya detail seputar tragedi tersebut karena dapat memunculkan memori yang menyakitkan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

4 Skill Bahasa Inggris Ini Harus Kamu Kuasai

4 Skill Bahasa Inggris Ini Harus Kamu Kuasai

Ketika belajar bahasa Inggris, kamu harus menguasai beberapa skill utama agar bisa meningkatkan kemampuan berbahasa kamu. Ketika kita belajar bahasa, ada empat keterampilan yang kita butuhkan untuk komunikasi yang lengkap. Ketika mempelajari bahasa ibu sendiri, kamu...

Trik agar Pintar Bahasa Inggris, Lebih Efektif!

Trik agar Pintar Bahasa Inggris, Lebih Efektif!

Belajar bahasa Inggris tidak harus selalu di dalam kelas. Bahkan, guru bahasa Inggris mendorong siswa untuk melakukan banyak pembelajaran ekstra di luar sekolah. Ada banyak trik pintar bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan pemahaman tentang bahasa,...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH