Belajar Gerund: Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimatnya

Belajar Gerund: Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimatnya

“I love singing.”

Pernahkah kamu merasa bingung menemukan kalimat-kalimat bahasa inggris seperti contoh di atas? Biasanya, subjek selalu diikuti oleh verb dan objek. Tetapi, mengapa ada “love” dan “singing” disitu? Terus, mana dong objeknya? Nah, jika masih bingung, tandanya kamu perlu belajar lebih banyak tentang apa itu gerund.

Materi gerund sering dibahas saat di bangku SMP. Di jenjang lebih tinggi pun, kamu juga akan menemui materi ini, karena merupakan materi penting dalam kecakapan berbahasa Inggris. Sudah siap belajar gerund lebih mudah? Yuk, baca penjelasan ini!

Apa itu Gerund?

Gerund adalah kalimat yang menggunakan verb-ing, tetapi bukan dalam bentuk kata kerja. Seperti contoh “I love singing”, kamu bisa menentukan bahwa verb yang digunakan adalah “love”, sedangkan sing-ing adalah gerund yang berfungsi sebagai objek dalam kalimat. Bahkan, gerund juga dapat berfungsi sebagai subjek dalam kalimat.

Rumus Gerund

Umumnya, rumus gerund adalah verb + ing.

Artinya, kamu tinggal menambahkan imbuhan -ing pada akhir sebuah verb infinitive yang berfungsi sebagai noun atau kata benda. Agar kamu bisa memahami rumus tersebut, kamu wajib mempelajari bentuk dan penggunaan gerund dalam Bahasa Inggris.

Baca juga:
Panduan Lengkap Penggunaan Rumus Gerund Dan Infinitive

Bentuk Gerund

Bentuk gerund adalah verb, mirip seperti present participle dan dibentuk dengan penambahan -ing, pada verb 1 atau infinitive. Contohnya, infinitive “fly” dapat dibentuk dalam gerund “flying.”

Ada beberapa bentuk gerund, seperti “lie” menjadi “lying”, merubah “ie” dengan “y”, atau “run” menjadi “running” dengan tambahan “n”. Kalau kamu belum jelas dalam bentuk gerund, kamu bisa menggunakan kamus.

Bentuk gerund yang dibuat dari verb 1 yang memiliki akhiran “l” berbeda antara UK English dan US English. Contoh, kata “model” dalam UK English ketika digunakan dalam bentuk gerund menjadi “modelling”, sedangkan dalam US English menjadi “modeling”.

Baca Juga:
Aturan Penggunaan Infinitive dan Gerund

4 Penggunaan Gerund

Penggunaan gerund dalam kalimat sama seperti penggunaan tipe kata benda lainnya sehingga gerund dapat digunakan sebagai subjek sebuah kalimat, diikuti verb, dan diikuti direct object, indirect object, atau subject complement. Agar lebih jelas, berikut adalah penjelasan dan contoh penggunaan gerund:

1. Penggunaan gerund sebagai subjek

Swimming in the ocean is my favorite summer activity

Pada contoh kalimat gerund di atas, gerund berfungsi sebagai subjek berada di awal kalimat, yaitu “Swimming in the ocean”.

2. Penggunaan gerund sebagai direct object

Ketika ingin menggunakan gerund sebagai objek, letakkan untuk melengkapi to be (is/am/are)  dan kata kerja lainnya, sebagaimana contoh berikut:

I enjoy swimming in the ocean

Dari contoh kalimat tersebut, subjek adalah I. Sedangkan verb yang digunakan adalah enjoy. Kata swimming adalah gerund berbentuk objek langsung karena mengikuti verb enjoy.

3. Penggunaan gerund sebagai indirect object

Perhatikan contoh berikut ini:

Tom and Sam are enthusiastic about playing football.

Dalam kalimat ini, playing football adalah gerund berbentuk objek tidak langsung dari frasa noun enthusiastic about.” “Playing sports” adalah kegiatan yang membuat mereka tertarik/antusias.

4. Penggunaan gerund sebagai subject complement

Their passion is helping others

Pada kalimat tersebut, helping others merupakan gerund phrase yang berfungsi sebagai subject complement. Perannya adalah untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang subjeknya, yaitu her passion.

Baca Juga:
Penggunaan Infinitive dalam Bahasa Inggris

Yuk, Latihan Soal dengan Materi Gerund!

1. My favorite activity on weekends is __________ in the park.

a. swim

b. swam

c. swimming

d. to swim

Jawaban: c. swimming

Penjelasan: Pada kalimat tersebut, “swimming” adalah gerund, sebagai bentuk yang paling tepat untuk melengkapi verb “is”. Fungsinya adalah menjelaskan kegiatan favorit.

2. I really enjoy __________ stories before bedtime.

a. read

b. reads

c. reading

d. to read

Jawaban: c. reading

Penjelasan: “Reading” merupakan bentuk gerund. Fungsinya digunakan untuk mendeskripsikan tindakan menikmati cerita.

3. She’s interested in __________ a new language.

a. learn

b. learning

c. learned

d. to learn

Jawaban: b. learning

Penjelasan: “Learning” adalah gerund. Fungsinya digunakan untuk mengekspresikan minat pada kegiatan yang sedang dilakukan, yaitu memperoleh bahasa baru.

4. Can you imagine __________ without any electricity?

a. living

b. lived

c. live

d. to live

Jawaban: a. living

Penjelasan: “Living” digunakan sebagai gerund yang menjelaskan tentang kondisi hidup yang sedang terjadi tanpa adanya listrik.

5. They decided __________ to the concert.

    a. go

    b. goes

    c. to go

    d. going

Jawaban: d. to go

Penjelasan: Dalam soal tersebut, tidak menggunakan gerund. Tetapi “to go” yang merupakan bentuk infinitive dari verb “go”, dan digunakan setelah ada kata “decide”.

6. Tito is interested in __________ for the marathon next month.

    a. running

    b. ran

    c. run

    d. to run

Jawaban: a. running

Penjelasan: “Running” adalah bentuk gerund yang digunakan untuk mengekspresikan minat Tito dalam mempersiapkan diri menghadapi lomba maraton.

7. He is afraid of __________ in public.

   a. speak

   b. speaks

   c. to speak

   d. speaking

Jawaban: d. speaking

Pembahasan: “Speaking” adalah bentuk gerund yang digunakan setelah “afraid to” untuk mendeskripsikan tindakan-tindakan yang subjek khawatirkan.

8. Lisa is good at __________ puzzles.

   a. solving

   b. solves

   c. solve

   d. to solve

Jawaban: a. solving

Penjelasan: “Solving” adalah bentuk gerund untuk mengindikasikan keterampilan Lisa dalam menyelesaikan puzzles.

9. I’m looking forward to __________ your new book.

   a. read

   b. reads

   c. reading

   d. to read

Jawaban: c. reading

Penjelasan: “Reading” adalah gerund yang digunakan setelah “looking forward to”. Fungsinya adalah untuk mengekspresikan antisipasi.

10. They spent the weekend __________ by the beach.

    a. relaxing

    b. relaxes

    c. relax

    d. to relax

Jawaban: a. relaxing

Penjelasan: “Relaxing” digunakan sebagai gerund untuk mendeskripsikan bagaimana mereka menghabiskan waktu di akhir pekan, dan berbagai kegiatan yang dilakukan di pantai.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.