Panduan Lengkap Penggunaan Rumus Gerund dan Infinitive

Panduan Lengkap Penggunaan Rumus Gerund dan Infinitive

Ada banyak cara dalam menggunakan kata kerja pada kalimat Bahasa Inggris. Masing-masing penggunaan verb dalam kalimat, diatur dalam berbagai pola. Salah satu materi yang harus kamu pelajari untuk memudahkan berkomunikasi secara lisan atau tertulis adalah rumus gerund dan infinitive.

Pemahaman gerund dan infinitive menggabungkan makna tindakan dari kata kerja dengan fungsi gramatikal dari sebuah kata benda. Pola ini berguna untuk menggunakan kata kerja sebagai subjek dan objek.

Penggunaan Gerund dan Infinitive

Penjelasan tentang rumus gerund dan infinitive banyak membingungkan para pelajar. Untuk memudahkan pemahaman tentang materi ini, berikut adalah penjelasannya:

Gerund untuk Subjek Kalimat (S=Ger)

Posisi ini sering disebut sebagai gerund. Infinitive juga dapat diletakkan di depan kalimat, namun terkesan sangat formal dan tidak biasa.

  • Writing is my hobby.
  • Exercising is beneficial for our health.

Gerund Mengikuti Preposisi (Prep + Ger)

Posisi gerund yang paling sering adalah di belakang preposisi. Aturan ini berlaku untuk semua preposisi, salah satunya termasuk phrasal verbs, sebagaimana contoh berikut:

  • Joko thought about waiting for her.
  • We are planning on going to the library

Gerund sebagai Objek Verb (V+Ger)

Ini adalah posisi dimana gerund dan infinitive sering digunakan. Pilihan mana yang akan digunakan bergantung pada verb. Beberapa yang paling sering digunakan yaitu: avoid, enjoy, suggest, quit, advise, practice, dan finish.

  • Joko enjoyed learning about verbs.
  • My father suggested studying for the new semester

Beberapa kata kerja menggunakan gerund atau infinitif tanpa perubahan makna. Beberapa kata kerja yang umum adalah: love, hate, dan like.

  • We love eating pizza.
  • They love to eat pizza.

Baca juga : Belajar Gerund: Pengertian, Rumus Dan Contoh Kalimatnya

Infinitive Mengikuti Adjective (Adj + Inf)

Kamu dapat menggunakan gerund setelah kata sifat, namun yang lebih umum adalah menggunakan infinitive.

  • It’s nice to meet you.
  • It was dangerous to go there.

Infinitive Mengikuti Noun atau Pronoun (N + Inf)

Jika kata kerja mempunyai sebuah objek, yaitu noun atau pronoun, akan selalu diikuti dengan infinitive. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah memilih bentuk yang tepat.

Joko asked me to meet you.

The doctor advised Joko to eat more protein. (Verb advise biasanya menggunakan gerund seperti “The doctor advised eating more protein”, tetapi karena ada noun objek dalam kalimat, maka harus menggunakan infinitive).

Infinitive Sebagai Objek Verb (V + Inf)

Rumus ini menunjukkan posisi dimana gerund dan infinitives sering digunakan. Semua itu bergantung pada kata kerja atau verb. Beberapa kata yang sering digunakan adalah: get, decide, choose, ask, promise, want, plan, need.

  • Joko and Budi want to get their money back.
  • The teachers are planning to have a meeting this Monday.

Baca Juga : Mengenal Arti Gerund Dalam Bahasa Inggris

Bagian Penting saat Belajar Gerund dan Infinitive

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja rumus gerund dan infinitive. Keduanya memiliki makna verb yang sama walaupun fungsinya sebagai noun. Keduanya juga bisa memiliki objek. Artinya, sangat jarang sekali menemukan sebuah kalimat yang memiliki dua objek atau lebih ketika menggunakan rumus gerunds atau infinitive, seperti contoh:

Joko enjoy learning Spanish.

Learning dalam kalimat tersebut berperan sebagai direct object “enjoy” dan “Spanish” adalah direct object pada “Learning”.

Agar kamu semakin mahir berbahasa Inggris, gunakan waktu luang kamu untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris. ICAN English menawarkan kelas dan program belajar dengan banyak pilihan. Semua pembelajaran tersebut dirancang sesuai kebutuhan personal.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.