Belajar listening TOEFL online

Belajar Listening TOEFL Online

Mar 21, 2022 | TOEFL

Salah satu skill yang diujikan dalam TOEFL adalah skill listening. Bagian ini seringkali dianggap sulit oleh beberapa orang. Karena diharuskan untuk mendengarkan audio berbahasa Inggris dan menjawab pertanyaan berdasarkan audio tersebut. Oleh karena itu, diperlukan untuk belajar listening TOEFL online sebelum melaksanakan ujiannya.

Bagian listening ini biasanya ada di bagian paling awal sebelum bagian lainnya seperti reading dan structure. Biasanya terdapat beberapa jenis audio. Mulai dari monolog, dialog, dan narasi. Setiap audio akan dilengkapi dengan beberapa pertanyaan. Dalam tes ini, audio hanya akan diputar sekali dan tidak akan ada pengulangan.

Baca Juga: SITUS DENGAN AUDIO LISTENING TOEFL

Cara Tepat Belajar Listening TOEFL Online

Untuk mendapatkan skor tinggi dalam TOEFL, khususnya listening maka terdapat beberapa cara yang harus dilakukan. Karena listening ini berhubungan dengan skill mendengarkan serta memahami pembicaraan atau percakapan bahasa Inggris. Simak beberapa cara tepatnya di bawah ini!

1. Mulai Mendengarkan Speech atau Podcast Berbahasa Inggris

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mendengarkan podcast serta speech berbahasa Inggris. Hal ini dimaksudkan agar kamu lebih terbiasa dalam mendengarkan percakapan atau pembicaraan bahasa Inggris.

Selain mendengarkan, cobalah untuk memahami maksud atau poin utama dalam podcast atau speech tersebut. Hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa podcast atau speech yang didengarkan merupakan pembicaraan formal. Karena dalam TOEFL pun biasanya audionya bersifat formal.

2. Mengenali Aksen Native Speaker

Cara belajar listening TOEFL online berikutnya adalah dengan memahami aksen yang seringkali digunakan oleh native speaker. Karena native speaker atau penutur bahasa Inggris pun seringkali menggunakan aksen yang beragam. Umumnya, aksen yang digunakan adalah Amerika dan Britain atau British. Hal tersebut perlu diketahui.

Karena biasanya beberapa kata memiliki cara pengucapan berbeda untuk setiap aksen. Apabila tidak memahami aksen yang dipakai, dikhawatirkan akan salah dalam mengartikan kata. Atau bahkan keliru dalam mengartikan kalimat pada narasi audionya. Maka, pahamilah dua aksen tersebut. Agar sudah terbiasa saat menghadapi ujian TOEFL.

3. Latihan Mendengarkan dan Mengerjakan Soal Listening

Cara berikutnya adalah dengan melakukan latihan rutin dalam mendengarkan atau mengerjakan soal listening TOEFL. Soal listening TOEFL telah banyak hadir di beberapa situs Google. Oleh karena itu, cobalah untuk mengerjakan beberapa tipe soal listening. Karena kamu perlu terbiasa pula dengan jenis-jenis audio atau teks dalam listening TOEFL.

Biasanya, soal listening akan memiliki dua jenis. Jenis pertama adalah dialog dan jenis kedua adalah narasi atau monolog. Setiap jenis tersebut biasanya memiliki tipe pertanyaan yang berbeda. Itulah mengapa diperlukan pula untuk melakukan latihan dalam beberapa tipe soal listening. Agar semakin terbiasa dan terlatih untuk memahami dan mengerjakannya.

4. Berkomitmen

Cara terakhir merupakan cara paling penting dalam mempelajari TOEFL, khususnya pada bagian listening. Karena cara ini merupakan penopang dari cara-cara lainnya. Buatlah komitmen dengan diri sendiri dalam melakukan pembelajaran dan latihan listening TOEFL.

Karena biasanya akan selalu muncul rasa malas. Lawanlah rasa malah tersebut dan jangan terlena oleh rasa malas. Karena kamu cenderung sulit berkembang apabila terus menuruti rasa malas yang menyerang diri sendiri.

Baca Juga: TIPS MENGERJAKAN LATIHAN SOAL IELTS ONLINE

Tempat Kursus untuk Belajar Listening TOEFL Online

Untuk lebih memaksimalkan pembelajaran listening TOEFL, maka kamu dapat mengambil kelas kursus TOEFL. Saat ini telah banyak pula tempat kursus yang menyediakan kelas online. Misalnya adalah ICAN English yang menyediakan kursus khusus untuk TOEFL di mana kamu akan belajar semua aspek TOEFL secara lengkap. Nah, ada alasan mengapa kamu harus memilih kursus yang satu ini.

1. Tutor yang Berpengalaman

Salah satu aspek terpenting dalam melakukan kursus persiapan TOEFL adalah memiliki tutor berpengalaman. Selain itu, ICAN English pun menyediakan tutor native speaker. Sehingga akan lebih efektif dalam meningkatkan skill TOEFL, khususnya listening.

2. Fasilitas Lengkap

ICAN English juga menyediakan fasilitas lengkap, misalnya adalah modul pembelajaran untuk TOEFL. Khususnya untuk materi dan latihan soal listening. Sehingga, kemampuan listening kamu akan semakin terlatih dengan baik.

Belajar listening TOEFL online menjadi hal penting yang perlu dilakukan sebelum mendaftar untuk tes TOEFL. Pasalnya, listening menjadi salah satu bagian tes yang cukup sulit. Karena pertanyaan dan jawaban akan berdasarkan audio yang diputar satu kali.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Latihan Listening TOEFL dan Jawabannya

Tips Latihan Listening TOEFL dan Jawabannya

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan materi listening yang diujikan pada tes TOEFL. Materi listening ini umumnya akan berisi percakapan dua orang atau lebih mengenai sesuatu. Kamu sebagai peserta tes TOEFL diwajibkan mendengarkan dengan sesksama dan menjawab...

Apa Saja Materi Kursus TOEFL?

Apa Saja Materi Kursus TOEFL?

Bagi kamu yang baru mendengar tentang TOEFL, TOEFL adalah tes stkamur kemampuan bahasa Inggris untuk non-penutur asli bahasa Inggris yang bertujuan untuk bekerja atau belajar di negara di mana bahasa Inggris adalah bahasa resmi. Tes TOEFL biasanya digunakan oleh...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH