Belajar membaca teks bahasa Inggris

Tips Belajar Membaca Teks Bahasa Inggris

Agu 24, 2022 | Bahasa Inggris

Membaca teks yang isinya menggunakan Bahasa Inggris tentu bukanlah hal mudah. Khususnya bagi kamu yang jarang atau bahkan tidak pernah membaca teks berbahasa Inggris. Banyak orang cenderung menghindar saat harus berhadapan dengan teks Bahasa Inggris. Kamu tidak ingin menjadi salah satunya, bukan? Inilah tips belajar membaca teks Bahasa Inggris untukmu.

Informasi yang terkandung dalam teks berbahasa Inggris sangatlah banyak dan luas. Terkadang informasi tertentu hanya tersedia dalam Bahasa Inggris. Oleh karena itu, keterampilan membaca teks Bahasa Inggris sangatlah penting untuk dimiliki. Akan sangat disayangkan jika kamu tertinggal informasi, hanya karena sulit memahami teks bahasa Inggris.

Baca Juga: TIPS LATIHAN MEMBACA BAHASA INGGRIS

Belajar Membaca Teks Bahasa Inggris untuk Pemula

Jika kamu memiliki keterampilan membaca teks bahasa Inggris, banyak keuntungan yang dapat diperoleh. Tidak hanya informasi penting, kemampuan ini pun dapat meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggrismu, lho! Beberapa tips belajar membaca teks Bahasa Inggris di bawah ini dapat dilakukan untuk meningkatkan skill membacamu.  

1. Memiliki Tekad Kuat

Hal pertama yang harus kamu miliki agar keterampilan membaca teks Bahasa Inggris meningkat adalah tekad kuat. Tekad yang kuat ini dibutuhkan karena kemampuan membaca teks Bahasa Inggris tidak bisa kamu miliki hanya dengan satu kali mencoba.

Pengulangan dan latihan terus-menerus adalah kunci untuk meningkatkan keterampilan membaca. Untuk pemula yang terkadang berorientasi pada hasil akhir. Belajar membaca teks bahasa inggris tanpa tekad yang kuat akan membuat mudah menyerah dan kurang bersemangat.

2. Tentukan Tujuan yang Ingin Dicapai

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan agar keterampilan membaca teks berbahasa Inggris meningkat adalah menentukan tujuan. Tujuan ini dapat kamu bagi menjadi tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Contoh tujuan jangka pendek, misalnya dapat membaca novel berbahasa inggris tanpa kamus. Tujuan jangka panjang adalah supaya kamu dapat tinggal di luar negeri.

Dengan memiliki tujuan, kamu bisa menyusun strategi dan rencana yang tepat. Agar pembelajaran yang kamu lakukan menjadi efektif dan efisien. Selain itu, memiliki tujuan yang ingin dicapai akan meningkatkan motivasimu untuk terus berusaha.

3. Mengatur Waktu yang Tepat Untuk Belajar Membaca Teks Bahasa Inggris

Setiap harinya kamu pasti memiliki banyak kegiatan yang harus dilaksanakan. Tidak jarang, dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan, waktu untuk membaca menjadi sedikit. Padahal, kamu punya tujuan yang harus dicapai. Maka, salah satu hal harus dilakukan adalah mengatur waktu yang tepat untuk membaca.

Waktu yang tepat untuk setiap orang berbeda-beda. Ada yang harus terjadwal tepat di jam-jam tertentu, adapun yang flexible disesuaikan dengan waktu luang. Tidak masalah bagaimana kamu mengatur waktu, yang terpenting adalah harus adanya alokasi waktu minimal 30 menit setiap harinya untuk membaca. Usahakan waktu tersebut berada saat tubuhmu dalam kondisi fit.

4. Temukan Subjek yang Menarik Minatmu

Membaca terkadang menjadi hal yang sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Apalagi jika teks bacaan tersebut menggunakan bahasa yang kurang familiar dalam pandanganmu. Keinginan untuk membaca menjadi semakin nihil. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mencari bacaan tepat dan mampu menarik minat kamu.

Banyak jenis bacaan yang bisa kamu temukan saat ini. Mulai dari bacaan ringan, seperti cerita pendek. Atau bahkan bacaan serius seperti artikel ilmiah. Kamu bisa memulainya dengan membaca bacaan ringan dengan subjek sesuai minat. Sehingga proses membaca akan lebih mudah dilakukan. Setelah terbiasa, pelan-pelan kamu bisa membaca jenis teks lainnya yang kompleks.

5. Tidak Mengartikan Teks Kata per Kata

Makna yang terkandung dalam sebuah kalimat suatu bahasa tidak akan sama jika kamu menerjemahkannya kata per kata. Begitu pula saat kamu membaca teks Bahasa Inggris. Kamu tidak bisa menerjemahkan setiap kata dalam teks tersebut ke dalam Bahasa Indonesia. Karena hal itu bisa membuat pesan yang ingin disampaikan penulis teks menjadi rancu.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah mencoba memahami secara keseluruhan makna dari teks yang dibaca. Caranya, kamu bisa mencari konteks dari setiap kalimat hingga menjadi satu paragraf yang saling berkaitan. Setelah memahami pesan dari satu paragraf, cobalah pahami pula poin dari paragraf lainnya. Dengan begitu, kamu bisa mengerti isi dari teks yang dibaca.

Baca Juga: TIPS MEMBACA ARTIKEL BAHASA INGGRIS

6. Catat Poin Penting

Tips terakhir adalah mencatat poin-poin yang ingin disampaikan oleh suatu teks menggunakan bahasa sendiri. Dengan melakukan hal ini, kamu membiasakan diri untuk melatih otak dalam menganalisa suatu bacaan. Sehingga dapat meningkatkan pemahamanmu pada teks yang dibaca. Maka, kamu akan lebih mampu membaca dan mengartikan teks bahasa Inggris.

Penting untuk menguasai banyak hal seputar bahasa Inggris. Kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English untuk belajar berbagai materi dalam bahasa Inggris secara lengkap.

Itulah beberapa tips belajar membaca teks bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan. Keterampilan yang satu ini tentu tidak bisa tiba-tiba kamu dapatkan. Sehingga, kamu perlu konsisten dan semangat untuk melakukan pembelajaran bahasa Inggris. Agar, kemampuan yang dimiliki pun semakin meningkat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH