tips membaca artikel bahasa inggris

Tips Membaca Artikel Bahasa Inggris

Mahasiswa seringnya merasa sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk meningkatkan kemampuan membaca artikel bahasa inggris. Padahal paham bahasa asing adalah hal penting. Sebagai masyarakat yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, maka mempelajari cara baca artikel untuk tugas kuliah mahasiswa tidaklah mudah.

ICAN English menawarkan kelas bahasa Inggris dengan program belajar yang menyesuaikan kebutuhan mahasiswa. Kamu dapat mengikuti kelasnya jika punya target dalam beberapa bulan ini harus bisa paham baca artikel bahasa Inggris.

3 Cara Mudah Memahami Bacaan Bahasa Inggris

Terdapat beberapa tips yang bisa membantu agar kamu bisa baca lebih cepat dalam bahasa Inggris. Beberapa cara sederhana berikut akan membuat kamu memahami bacaan artikel atau jenis bacaan bahasa inggris lainnya dengan cepat.

Baca Juga:
Tips Belajar Membaca Teks Bahasa Inggris

1. Pelajari Kosakata Akademis Umum

Semakin banyak kata yang kamu ketahui, semakin cepat dalam meningkatkan kemampuan membaca teks atau artikel. Download aplikasi kartu flash atau tinjau daftar tertentu (seperti Daftar Kata Akademik Victoria University of Wellingtom). Pelajari preposisi dan terjemahannya, sehingga tidak perlu harus mencari definisi setiap kalimat atau lebih; pahami konjugasi kata kerja tidak beraturan.

2. Baca Lantang di Awal

Dalam jangka panjang, membaca artikel bahasa Inggris dengan keras tidak ideal. Namun, saat kamu mulai mengembangkan keterampilan membaca akademik tingkat universitas, membaca dengan keras dapat menjadi langkah pertama agar kamu bisa membaca artikel bahasa inggris lebih cepat.

Baca lantang akan memudahkan kamu memahami kata-kata tertulis tersebut seolah-olah sedang mendengar kata-kata tersebut di kepala. Cara ini membuat kamu lebih paham tentang kosakata bahasa Inggris baru; selain melihat kata baru, kamu juga mendengar kata itu dengan suara kamu sendiri dan berlatih mengucapkannya.

Setelah membaca dengan suara lantang, telah cukup meningkatkan keterampilan dan kecepatan membaca kamu, maka kamu dapat membaca dalam hati lagi dalam bahasa Inggris.

Baca Juga:
Novel Terkenal Untuk Belajar Bahasa Inggris

3. Berlatih Membaca Aktif

Dalam membaca aktif, kamu perlu mencari makna yang lebih besar dari sebuah teks. Berusahalah untuk mengidentifikasi kata kunci penting dalam bagian tersebut. Kenali kalimat topik dan kalimat pendukung dari setiap paragraf.

Tanyakan pada diri tentang beberapa pertanyaan penting seperti:

  • Mengapa teks ini ditulis?
  • Apa tujuan dari teks ini?
  • Apa tujuan penulis?
  • Bagaimana penulis mencapai tujuan tersebut?

Baca Juga:
Referensi Buku Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membaca Artikel

Terdapat sejumlah kesalahan yang sering dilakukan para pelajar ketika membaca artikel bahasa Inggris, sehingga sulit memahami bacaan. Pertama, karena tidak mencoba active reading. Membaca aktif berbeda dengan membaca santai. Ingat, jika kamu sedang menonton film atau mendengarkan teks audio, itu adalah bagian dari kegiatan active reading.

Kesalahan kedua dalam membaca artikel adalah tidak membacanya dengan lantang saat kamu tidak memahaminya. Membaca teks dengan lantang membangun kepercayaan diri dan membantu agar kamu memahami bagian teks yang mungkin terlewatkan jika kamu baru saja membaca kata-kata tertentu di bacaan.

Terakhir, apa yang membuat kamu kesulitan memahami isi artikel bahasa Inggris adalah karena tidak membuat ringkasan. Ringkasan membantu mempertimbangkan sebuah teks secara keseluruhan sambil menjelajahi aspek-aspek tertentu dalam teks. Saat membuat ringkasan, kamu perlu membuat keputusan tentang informasi apa yang penting dan mengapa.

Meringkas juga memaksa agar kamu menyimpulkan informasi dari artikel yang kamu gunakan. Bayangkan seseorang meminta kamu menjelaskan tentang teks yang sedang kamu pelajari. Kamu pasti bisa menyampaikan informasi tersebut jika sudah meringkasnya. Ringkasan mengajarkan kamu untuk mengekstrak informasi terkait seolah-olah akan menyampaikan poin-poin penting kepada orang lain.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi