belajar mendengarkan bahasa inggris

Belajar Mendengarkan Bahasa Inggris

Tidak hanya belajar berbicara, membaca, menulis, kamu juga harus punya waktu untuk belajar mendengarkan bahasa Inggris. Banyak pelajar yang merasa bahwa listening merupakan kemampuan yang paling sulit untuk ditingkatkan saat belajar bahasa internasional tersebut.

Tidak sedikit juga yang punya pengalaman buruk ketika praktik listening di kelas. Bisa juga karena tidak paham apa yang dibicarakan, suara pembaca tidak jelas, atau kecepatan pembaca dalam berbicara sangat cepat sehingga kamu tidak bisa menangkap informasi apapun.

3 Cara Belajar Listening Yang Mudah

Dengan semua pengalaman buruk yang pernah kamu alami, pasti kamu penasaran bagaimana belajar mendengarkan yang gampang. Selain bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris di ICAN English, kamu bisa menggunakan cara berikut untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan dengan langkah berikut:

1. Mendengarkan Dari Lagu

Mendengarkan dari lagu bahasa Inggris adalah cara paling cepat, mudah, dan menghibur. Bahkan kegiatan seperti ini bisa meningkatkan kemampuan listening. Tidak perlu harus ganti jenis musik yang kamu sukai, tetapi kamu hanya perlu membiasakan diri mendengarkan berbagai lagu bahasa Inggris.

Tujuannya adalah lebih dari sekedar mendengarkan lagu. Kamu bisa belajar pengucapan bahasa Inggris lebih menyenangkan agar lebih mudah hafal.

2. Tonton Film, Video atau Berita

Semua orang pasti suka nonton film. Kamu bisa memanfaatkan berbagai film Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan. Misalnya dengan fokus pada conversation atau percakapan seluruh tokoh pada film Bahasa Inggris tersebut. Ada banyak dialog yang bisa kamu praktekkan dalam kehidupan sehari-hari dari menonton film.

Tidak hanya itu, ada juga channel YouTube yang sangat membantu meningkatkan kemampuan pendengaran Bahasa Inggris. Ketik saja keyword yang kamu inginkan untuk menonton dan mulai dengarkan semua video tersebut. Akan lebih baik jika film atau video yang kamu tonton sesuai minat dan bakat. Contoh, jika kamu suka programming, maka kamu bisa cari video Bahasa Inggris tentang teknologi pemrograman.

3. Pakai Aplikasi Gratis Untuk Belajar Mendengarkan

Siapa bilang bahwa kamu harus selalu mengeluarkan biaya ketika ingin meningkatkan kemampuan? Saat ini, sudah ada akses internet yang bisa kamu nikmati dan banyak aplikasi gratis yang menawarkan cara belajar listening menyenangkan.

Google Playstore menjadi tempat terbaik untuk mencari aplikasi gratis untuk belajar mendengarkan bahasa inggris. Kamu tinggal memilih aplikasi seperti Learn to Speak English with Busuu, English Conversation Practice, Hello English, dan Learn English Daily.

Baca Juga:
Belajar Bahasa Inggris Lewat Lirik Lagu

Mengapa Kemampuan Mendengarkan Sangat Penting

Belajar mendengarkan bahasa Inggris dan kemampuan menyimak adalah hal penting. Hal ini karena kamu perlu mengetahui dan juga memahami apa informasi yang disampaikan oleh orang lain sehingga komunikasi bisa tetap berjalan lancar.

Agar kamu mempunyai kemampuan tersebut, ada beberapa upaya yang perlu kamu lakukan. Salah satunya yaitu memahami berbagai kata yang harus kamu dengar dengan seksama. Belajar mendengar dan menyimak adalah hal yang bisa kamu tingkatkan melalui berbagai metode di atas.

Dari kemampuan mendengarkan, maka kamu bisa melatih kemampuan pronunciation lebih baik. Kamu juga bisa lebih mudah mengerjakan dan juga menyelesaikan soal-soal latihan structure. Dengan mendengar dan menyimak akan semakin banyak juga kalimat yang bisa kamu gunakan. Dari listening, kamu bisa meningkatkan vocabulary, bercerita, berkomunikasi dan juga kemampuan berinteraksi.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi