Belajar Bahasa Inggris Lewat Lirik Lagu

Belajar Bahasa Inggris Lewat Lirik Lagu

Dari banyaknya cara belajar bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan. Ada sejumlah cara yang benar-benar menyenangkan yang bisa kamu pilih untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris lewat lirik lagu adalah salah satu upaya terbaik untuk bisa belajar meningkatkan kemampuan bahasa kamu.

Mendengarkan musik bahasa Inggris jauh lebih menyenangkan daripada mempelajari konsep grammar di dalam buku. Namun, ada perbedaan antara mendengarkan lagu bahasa Inggris dan benar-benar mempelajarinya.

Tips Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

Sambil mendengarkan lagu berbahasa Inggris, ada banyak aspek yang bisa kamu pelajari. Kamu bisa menambah kosakata bahasa Inggris, mempelajari grammar bahkan slang populer dalam bahasa Inggris.

Agar sukses dalam belajar bahasa Inggris lewat lagu, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Pilih Lagu yang Kamu Sukai

Sama halnya dalam menggunakan metode belajar yang lain, kamu harus menemukan cara yang tepat. Nah, memilih lagu yang kamu sukai akan membuat kamu merasa terhibur ketika belajar bahasa Inggris lewat lirik lagu. Kamu tidak akan merasa kesulitan atau terbebani ketika proses belajar berlangsung.

Setelah beberapa kali mendengarkan sebuah lagu, kamu akan mengingat lirik yang ada di lagu tersebut. Bahkan, lirik ini akan melekat di ingatan kamu dengan baik. Setiap lirik atau kalimat yang sudah diingat, kamu dapat menambah kosakata yang telah kamu ketahui.

Baca Juga:
Lagu Bahasa Inggris Terpopuler

2. Ikut Nyanyikan Lirik Lagu Tersebut

Tidak perlu malu atau takut suaramu tidak merdu ketika didengar, dengan menyanyikan lirik lagu akan membuat kamu semakin ingat dan bisa mengucapkannya dengan benar. Kamu bisa bernyanyi di kamar sendiri atau kamar mandimu, jika kamu merasa malu bernyanyi di hadapan orang lain.

Cobalah ikut bernyanyi dan mengucapkan setiap kata dalam lagu yang telah kamu dengarkan. Dengan sering menyanyikan liriknya, kamu akan menambah kosakata, dan bisa langsung memahami pengucapannya dengan tepat.

3. Membaca Lirik

Jika kamu tidak mengerti lirik lagu hanya dengan mendengarkannya, kamu bisa membaca liriknya yang bisa kamu temukan di berbagai platform, seperti Youtube atau Spotify. Membaca lirik akan membuat kamu memahami bagaimana penulisan dari setiap kata. Sambil membacanya, kamu bisa memahami pengucapan atau pelafalan dari kata tersebut.

Dengan belajar bahasa Inggris lewat lirik lagu, selain menambah kosakata, kamu juga bisa belajar pengucapan dan meningkatkan skill listening yang kamu miliki.

Baca Juga:
Channel Youtube Belajar Bahasa Inggris

Mengapa Belajar Bahasa Inggris Lewat Lirik Lagu?

Jika belajar secara otodidak dirasa belum cukup maksimal, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English. Berada di lembaga kursus yang tepat akan membantu kamu memaksimalkan proses belajar hingga kamu benar-benar mengerti semua materi bahasa Inggris.

Belajar bahasa Inggris lewat lirik lagu adalah cara yang tepat karena musik menjadi suatu hal yang sangat bagus untuk pikiran kamu. Beberapa bukti ilmiah telah menunjukkan bahwa music sangat efektif untuk belajar bahasa Inggris. Bahkan, ada yang disebut dengan Mozart Effect, sebuah konsep yang menegaaskan bahwa mendengarkan music klasik dapat meningkatkan kinerja belajar.

Musik berbahasa Inggris selalu memiliki banyak kosakata, frasa dan ekspresi yang berguna. Sejumlah lagu juga menggunakan bahasa sehari-hari yang sering digunakan oleh penutur asli. Kalimat dalam lagu biasanya bersifat santai dan dapat dipahami dengan baik, jika kamu memilih lagu yang tepat.

Mendengar lagu juga membuat kamu lebih fokus pada pengucapan dan dapat memahami ritme serta nada di lagu tersebut. Banyak kata dan lirik dalam sebuah lagu yang berulang dan ini membuatnya lebih mudah untuk melekat di pikiran dan ingatan kamu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi