Belajar persiapan tes TOEFL

Tips Belajar untuk Persiapan Tes TOEFL

Apr 22, 2022 | TOEFL

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language merupakan salah satu tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris. tes ini diperuntukan sebagai salah satu persyaratan melanjutkan pendidikan ke luar negeri. TOEFL memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, sehingga, penting melakukan belajar persiapan tes TOEFL.

Adapun, format tes yang diterapkannya yaitu, tes dibagi menjadi 4 sesi. Sesi pertama yakni soal dengan bentuk listening (mendengarkan audio), reading (membaca), writing (menulis), dan struktur (pembentukan kalimat). Di bawah ini merupakan informasi untuk belajar persiapan TOEFL.

Baca Juga: PERSIAPAN PENTING SEBELUM TES TOEFL

Tips Efektif Belajar Untuk Persiapan TOEFL

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa tes TOEFL memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga, perlu dilakukan strategi belajar yang efektif agar proses belajar dapat dilakukan secara optimal. Berikut merupakan beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika hendak belajar persiapan tes TOEFL.

1.     Belajar Listening Melalui Film Atau Lagu Berbahasa Inggris

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk belajar persiapan TOEFL yakni, dengan menggunakan media menyenangkan seperti film atau lagu berbahasa inggris. media tersebut dapat kamu jadikan pilihan untuk belajar listening dalam bahasa inggris.

Bentuk soal listening dalam TOEFL berupa audi yang berisi rekaman percakapan atau ceramah dari native speaker. Untuk dapat memahami soal dan jawaban yang tepat dalam sesi tersebut kamu perlu paham apa yang diucapkannya. Sehingga, dengan membiasakan diri sering mendengar percakapan bahasa inggris dapat membantu kamu dalam mengisi soal pada tes.

2.     Belajar Structure Dari Buku Khusus

Bentuk soal berikutnya yang terdapat dalam TOEFL yakni, soal struktur kalimat dalam bahasa inggris. sesi ini merupakan salah satu yang paling sulit dan memerlukan latihan yang intens sebelumnya. Sehingga, kamu perlu belajar melalui buku-buku khusus tentang structur yang dapat dengan mudah kamu temukan di toko buku atau di mesin pencari google.

3.     Belajar Reading Dan Writing Dari Buku Cerita Atau Novel

Berikutnya, dalam TOEFL akan terdapat soal bentuk reading yang berupa cerita beserta writing yang berupa penulisan kata yang tepat untuk melengkapi kalimat. Untuk mempersiapkan hal tersebut, kamu bisa berlatih dengan menggunakan media buku cerita atau novel dalam bahasa inggris. Dengan banyak membaca, akan semakin memperkaya penguasaan kosakata.

4.     Banyak Berlatih Soal TOEFL Dari Internet

Jika kamu telah melakukan berbagai latihan lewat berbagai media yang telah dijelaskan sebelumnya, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan yakni mulai latihan soal. Adapun, untuk soalnya dapat kamu temukan dengan mudah di google. Dengan latihan soal, kamu bisa mengetahui sejauh mana kemampuan kamu dan apa yang perlu ditingkatkan lagi.

Baca Juga: JENIS JENIS TOEFL DAN PERBEDAANNYA

Belajar Persiapan TOEFL Dengan Mengikuti Kursus Pelatihan Khusus

Selain melakukan berbagai tips di atas, untuk melakukan belajar untuk persiapan TOEFL bisa juga dengan mengikuti kursus pelatihan khusus. Berikut merupakan hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih tempat kursus untuk latihan TOEFL.

1.     Pilih Kursus Resmi

Hal pertama yang harus kamu perhatikan yakni, pastikan tempat kursus yang kamu pilih telah mengantongi izin resmi. Izin tersebut cukup penting karena berhubungan dengan kualitas yang diberikan oleh tempat kursus tersebut. Salah satu tempat kursus yang telah memiliki izin resmi yang bisa kamu pilih yakni lembaga ICAN English.

2.     Pilih Kursus Yang Telah Bersertifikasi Nasional Dan Internasional

Selanjutnya, ketika kamu memilih tempat kursus untuk TOEFL pastikan bahwa lembaga tersebut telah bersertifikasi baik nasional maupun internasional. Sertifikasi internasional cukup penting dijadikan pertimbangan karena TOEFL digunakan untuk skala internasional.

3.     Pilih Kursus Dengan Tenaga Pengajar Yang Profesional

Terakhir, pastikan juga tempat kursus yang kamu pilih didukung oleh tenaga pengajar yang profesional di bidangnya. Hal tersebut perlu diperhatikan karena berkaitan langsung dengan kenyamanan kamu selama proses belajar tersebut.

Belajar untuk persiapan TOEFL penting untuk dilakukan sebelum mengikuti tes agar bisa lulus dan mendapatkan skor tinggi. Beberapa cara di atas bis kamu jadikan acuan ketika hendak melakukan persiapan untuk tes TOEFL.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Sebagian besar universitas di Amerika membutuhkan skor TOEFL ITP atau PBT dari siswa internasional. Namun, sebenarnya apa perbedaan dari TOEFL ITP dan PBT tersebut? TOEFL ITP adalah ujian yang serupa, tetapi tidak identik, dengan TOEFL iBT. Tes ini sendiri memiliki...

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

TOEFL adalah salah satu tes penilaian bahasa Inggris yang paling populer dan diterima secara luas di dunia pendidikan asing. Tes ini akan membuktikan bahwa kamu memiliki keterampilan bahasa Inggris yang maksimal. Belajar bahasa Inggris persiapan TOEFL perlu dilakukan...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH