yuk, belajar present continuous tense dari nol sampai jago!

Yuk, Belajar Present Continuous Tense Dari Nol Sampai Jago!

Ketika mendengar seseorang menyebutkan “present continuous tense”, hal apakah yang muncul di benak kamu? Banyak orang merasa bahwa belajar tenses merupakan materi mengerikan dalam bahasa inggris, sehingga enggan mempelajarinya. Padahal, hampir semua percakapan dalam Bahasa Inggris menggunakan tenses. Lalu, apa itu present continuous?

Mengenal Present Continous Tense

Present continous tense menunjukkan bahwa suatu tindakan atau kondisi sedang terjadi sekarang, sering, dan mungkin berlanjut di masa depan.

Seperti semua tenses dalam bahasa Inggris, sikap pembicara sama pentingnya dengan waktu terjadinya tindakan atau peristiwa. Ketika seseorang menggunakan present continuous, mereka memikirkan sesuatu yang belum selesai atau tidak lengkap.

Fungsi present continuous tense sangat membantu untuk menjelaskan suatu kejadian atau tindakan yang sedang terjadi selama waktu tertentu, saat ini. Contohnya, ketika ibu menyapa kamu yang duduk di halaman belakang rumah, “Sedang apa, Nak?”, dan jawaban yang kamu lontarkan adalah “Saya sedang membaca buku.” Bentuk kalimat ini jika dirubah dalam bahasa inggris, maka termasuk present continuous.

Singkatnya, ketika kamu ingin menjelaskan kepada orang lain bahwa kamu atau orang lain sedang melakukan sesuatu saat itu juga. Agar lebih mudah memahami materi ini, kamu bisa mempelajari beberapa hal penting tentang present continuous sebagaimana berikut.

Baca juga:
Apa Itu Present Continuous Tense? Penjelasannya Di Sini!

3 Rumus Present Continuous Tense

Untuk mempelajari rumus present continuous tense, tergantung pada jenis kalimat yang ingin kamu buat. Kalimat positif, kalimatt negatif, dan kalimat tanya menggunakan present continuous tense dibentuk dengan rumus yang berbeda, seperti berikut:

1. S + Be (Are/Is/Am) + V1-ing + Complement

Rumus ini digunakan untuk membuat kalimat positif pada present continuous tense . Kalimat positif sangat berguna ketika kamu harus menjelaskan suatu hal atau kejadian yang sedang terjadi, sebagaimana contoh dalam kalimat Bahasa Indonesia berikut:

  • Saya SEDANG bekerja sekarang ini.
  • Mereka SEDANG tidur.
  • Tom SEDANG mengecat rumah saat ini.

Kalimat positif dalam tense ini juga berguna untuk menjawab ketika orang lain bertanya “Kamu sedang apa?”. Tanda kalimat positif adalah tidak disertai dengan kata negatif “NOT” setelah Be (Are/Is/Am).

2. S + Be (Are/Is/Am) + Not + V1-ing + …

Rumus present continuous tense berikutnya adalah membuat kalimat negatif. Kalimat negatif digunakan untuk menyangkal suatu hal atau kejadian, seperti contoh dalam kalimat Bahasa Indonesia berikut:

  • Saya TIDAK sedang bekerja sekarang ini.
  • Mereka TIDAK sedang tidur.
  • Tom TIDAK sedang mengecat rumah saat ini.

Rumusnya yaitu dengan mengambahkan “Not”. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, penambahan Not pada V1-ing bermakna “Tidak sedang”.

3. Be (Are/Is/Am) + Subject + V1-Ing+…?

Berbeda dengan rumus sebelumnya yang merupakan rumus kalimat positif dan kalimat negatif, rumus present continous tense yang ketiga adalah untuk membuat kalimat tanya atau interrogative. Jika dalam bahasa Indonesia, berikut adalah contoh kalimat tanya tentang suatu hal yang sedang terjadi:

  • Apakah kamu sedang bekerja sekarang ini?
  • Apakah mereka sedang tidur?
  • Apakah Tom sedang mengecat rumah saat ini?

Penggunaan kata tanya diawali dengan Be. Gunakan “Are” untuk subjek tertentu seperti They, We, You, atau jika subject lebih dari satu (Are Tom and John….?). Gunakan “is” untuk subjek She, He, dan subjek tunggal (Is Tom.…?) dan gunakan “Am” untuk subjek I (Am I…?).

Selain rumus membuat kalimat positif, negatif, dan interrogative, kamu juga harus memahami penggunaan adverb of time (keterangan waktu) dalam simple present continuous tense. Keterangan waktu dalam tense ini dibagi menjadi dua, yaitu:

Keterangan waktu at the time of speaking.

Gunakan keterangan waktu ini ketika sedang berbicara sambil melakukan aktivitas lain secara bersamaan. Adverb of time tersebut adalah: now, right now, at the moment, at present. Misalnya: Arnold is visiting her daughter in America at the moment.

Keterangan waktu around the time of speaking.

Gunakan keterangan waktu ini ketika sedang berbicara tentang kegiatan yang kamu lakukan di waktu dekat. Keterangan waktu yang bisa kamu gunakan yaitu: this year, this month, this week, this semester. Misalnya: Rara is studying English course this month.

Baca Juga:
Pola Kalimat Present Continuous Tense

Contoh kalimat dan penggunaan Present Continous Tense

Agar kamu dapat lebih memahami tentang penggunaan tense ini, ada baiknya untuk langsung belajar tentang apa saja contoh kalimat present continuous tense. Gunakan tense ini ketika kamu ingin mengatakan sesuatu yang sedang berlangsung atau sedang terjadi, seperti contoh berikut:

  • (?) Are they working right now? (Apakah mereka SEDANG bekerja sekarang?
  • (+) They are working right now (Mereka SEDANG bekerja sekarang)
  • (-) They are NOT working right now. (Mereka TIDAK SEDANG bekerja sekarang).

Contoh penggunaan present continuous tense lainnya adalah untuk mengungkapkan tindakan dalam waktu sementara saja. Fungsi tersebut dapat kamu gunakan ketika ingin menceritakan suatu hal yang berlangsung pada waktu agak lama, dan sifatnya sementara. Berikut adalah contoh penggunaannya untuk temporary event:

  • Is Tom studying a new course at the moment? (Apakah Tom SEDANG belajar kursus baru sekarang?)
  • (+) Tom is studying a new course at the moment. (Tom SEDANG belajar kursus baru sekarang).
  • (-) Tom is NOT studying a new course at the moment (Tom TIDAK SEDANG belajar kursus baru sekarang).

Penggunaan present continous tense juga membantu agar kamu bisa menggambarkan tindakan atau kejadian baru yang sudah berbeda dengan kejadian di masa lalu. Misalnya, ketika kamu ingin menceritakan kebiasaan baru, seperti contoh berikut:

  • These days, children are playing outdoor a lot less than they used to a few years ago. (Saat ini, anak-anak bermain di luar rumah lebih sedikit dibandingkan beberapa tahun lalu).

Contoh present continuous tense lainnya adalah untuk menjelaskan tentang future plans. Kalimat ini menceritakan suatu hal yang sudah dibicarakan atau direncanakan sebelumnya dan dapat terjadi di waktu dekat, seperti contoh berikut:

  • When we visit Joanna’s new house, we are helping her to decorate the interior. (Ketika kami sudah sampai di rumah baru Joanna, kami berencana membantunya untuk dekor interior rumah).

Jangan bingung ketika rumus dan contoh kalimat dalam present continous tense terkesan tidak sama. Hal ini karena dalam bahasa inggris, struktur dan rumus kadang-kadang harus mengikuti konteks kalimat, sehingga tidak bersifat kaku atau mengekang.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Simple Past Continuous Tense

Kata Kerja yang Tidak Bisa dipakai dalam Present Continuous Tense

Setelah mempelajari penggunaan dan contoh kalimat present continuous tense, selanjutnya kamu juga harus paham tentang apa saja kata kerja yang tidak bisa digunakan pada tense ini. Ada beberapa kata kerja yang tidak bisa digunakan untuk menggambarkan tindakan maupun aksi. Sehingga, tidak bisa diberikan akhiran -ing di akhir kata. Kata kerja tersebut dikenal dengan sebutan stative verb (kata kerja statis).

Kata kerja ini dibagi dalam beberapa jenis, yaitu:

Perception and sensation: Kata kerja yang berhubungan dengan indera manusia, seperti smell, sound, see, taste, hear.

Having and being: Kata kerja untuk menunjukkan kepemilikan, seperti forget, disagree, adore, agree, love, hate, adore, doubt, dan like.

Stance: Kata kerja yang berhubungan dengan pendirian, seperti: live, lie, face, stand, dan sit.

Cognition, emotion, dan attitude: Kata kerja yang berhubungan dengan kognisi, emosi, dan juga sikap, seperti: hate, love, doubt, like, adore, forget, disagree, agree.

Bingung mulai belajar present continuous tense darimana? Kamu bisa langsung ikut program General English. Program dari ICAN English ini membantu agar kamu bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, belajar di luar negeri untuk kebutuhan karir, serta fasih berkomunikasi dengan native speaker. Program ini tidak hanya tersedia untuk  level advanced saja, tetapi juga level beginner loh!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.