Tips Belajar Speaking English Dengan Cepat

Tips Belajar Speaking English Dengan Cepat

Belajar speaking English dengan cepat dan percaya diri, namun berkesan natural impian banyak orang. Setiap pembelajar bahasa Inggris memiliki kebutuhan unik, dan ada banyak cara sederhana untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam waktu singkat.

Pada dasarnya, belajar speaking Bahasa Inggris membantu memindahkan pengetahuan tentang tata bahasa, kosa kata, dan pengucapan dari belakang pikiran ke depan, atau dari ‘ingatan lambat’ ke ‘ingatan cepat’. Seiring berjalannya waktu, hal ini akan meningkatkan kefasihan dan kemampuan memori.

7 Tips Belajar Speaking English Dengan Lancar Dan Percaya Diri

Berikut adalah beberapa tips untuk berbicara bahasa Inggris dengan lancar dan percaya diri yang bisa kamu pertimbangkan:

Baca Juga:
Manfaat Belajar Bahasa Inggris

1. Jangan Takut Melakukan Kesalahan

Tujuan kamu adalah untuk menyampaikan sebuah pesan, bukan untuk berbicara bahasa Inggris secara sempurna. Bahasa Inggris juga bukan bahasa ibu, sehingga adalah hal wajar apabila kamu masih melakukan kesalahan dalam tata bahasa dan kosakata. Bahkan seorang penutur asli juga masih kesalahan berbicara bahasa Inggris.

2. Rutin Latihan

Hanya dengan latihan berbicara dalam bahasa Inggris, kamu dapat meningkatkan keterampilan tersebut. Cobalah untuk mencari kesempatan dalam menguji keterampilan berbicara. Misalnya, kamu bisa bergabung di sebuah komunitas bahasa Inggris yang rutin berjalan. Pastikan kamu melatih keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan cara-cara yang menyenangkan.

3. Banyak Mendengarkan

Semakin rajin mendengarkan, maka akan semakin mudah bagi kamu dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris. Kamu akan mulai berbicara lebih lancar dan penuh percaya diri dalam percakapan bahasa Inggris. Bahkan kamu juga dapat mempelajari bagaimana cara memberikan pendapat dalam bahasa Inggris menggunakan ungkapan ataupun idiom.

Baca Juga:
Lebih Penting Grammar Atau Speaking

4. Rayakan Keberhasilan

Setiap kali kamu berhasil berinteraksi dengan orang lain dalam bahasa Inggris, maka itu adalah sebuah pencapaian berharga. Setiap interaksi tersebut walaupun percakapan sederhana, sangat mendukung peningkatan keterampilan berbahasa. Jangan ragu-ragu untuk melakukan perayaan agar kamu merasa bangga dengan pencapaian yang sudah kamu lakukan untuk memberi penghargaan kepada diri sendiri.

5. Gunakan Bahasa Inggris Dalam Sehari-Hari

Jika dalam kehidupan sehari-hari kamu sering berinteraksi menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah, cobalah untuk menyisipkan beberapa ekspresi menggunakan bahasa Inggris. Contohnya, jika ingin mengucapkan kata terima kasih, cobalah untuk menggunakan kata thank you. Atau ketika ingin meminta maaf, kamu bisa menggunakan kata sorry. 

6. Sering Berbicara Sendiri

Walaupun terkesan lucu dan konyol, cara ini banyak disarankan untuk melatih keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris saat sedang sendiri. Caranya adalah dengan menghadap ke kaca dan mulai berbicara dalam bahasa Inggris. Kamu bisa belajar mengucapkan setiap suku kata, atau mempelajari bagaimana berekspresi dalam percakapan sehari-hari. 

7. Gunakan Tongue Twister

Apakah kamu pernah mendengar tentang tongue Twister? Metode ini telah berhasil membantu banyak pelajar untuk meningkatkan diksi dalam berbahasa Inggris. Gunakan metode ini Apabila kamu ingin belajar speaking lebih cepat.

Metode ini sering menggunakan kalimat-kalimat yang menjebak seperti “She sees the sea. Pada saat bersamaan, kamu akan melatih bagaimana cara mengucapkan kata “She”, “Sees”, dan “Sea”, yang terdengar mirip satu sama lain. 

Baca juga:
Apa Itu Tongue Twister Dan Contohnya

Belajar Bahasa Inggris Speaking ICAN English

Keberhasilan belajar speaking English dengan cepat bisa kamu capai karena membiasakan diri menggunakan bahasa Inggris. Di tempat kursus kami, ada banyak program yang tersedia untuk menunjang keterampilan speaking dengan banyak kegiatan intensif dan interaktif.

Kamu tidak perlu harus kesulitan belajar sendiri dan menyiapkan apa saja materi yang kamu butuhkan. Semua akan disediakan oleh lembaga kursus kami, sehingga kamu bisa langsung belajar bersama tutor berpengalaman.

Di tempat ini, kamu juga bebas melakukan kesalahan tanpa harus merasa malu. Lingkungan ini sudah dirancang sebagai wadah tempat kamu berproses dan belajar dari berbagai kesalahan belum akhirnya bisa fasih berbahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.