Belajar SPOK bahasa Inggris

Tips Belajar SPOK Bahasa Inggris

Agu 24, 2022 | Bahasa Inggris

Dalam mempelajari bahasa Inggris, terdapat aspek utama yang harus dikuasai yaitu SPOK. SPOK merupakan kependekan dari subjek, predikat, objek, dan keterangan. Apabila sudah rutin belajar SPOK bahasa Inggris dan menguasainya. Maka, bukan hal yang sulit untuk menguasai pembelajaran bahasa Inggris. Terutama untuk skill atau kemampuan writing.

Pembelajaran SPOK biasanya tercantum dalam materi grammar atau struktur bahasa Inggris. Perlu diketahui bahwa grammar tidak hanya sebatas SPOK saja. Dalam bahasa Inggris, pembelajaran bahasa Inggris memang cukup kompleks. Namun, SPOK inilah yang merupakan dasar dalam mempelajari grammar bahasa Inggris. Sehingga perlu untuk dikuasai.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT SPOK DALAM BAHASA INGGRIS

Tips Tepat dan Mudah untuk Belajar SPOK Bahasa Inggris

Langkah pertama untuk menguasai bahasa Inggris adalah mempelajari SPOKnya terlebih dahulu. Untuk mempelajari SPOK dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa tips yang harus dilakukan. Karena belajar bahasa memang memerlukan strategi atau tips. Agar pembelajaran pun dapat lebih maksimal dilakukan. Untuk detailnya, simak beberapa tipsnya di bawah ini!

1. Pahami Pengertian SPOK

Tips pertama dan yang paling utama dalam belajar SPOK bahasa Inggris adalah pahami dahulu artinya. Apabila belum mengetahui apa pengertian dari SPOK itu sendiri, maka akan sulit untuk menguasainya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, SPOK merupakan kependekan dari subjek, predikat, objek, dan keterangan (adverb).

Subjek dapat didefinisikan sebagai orang yang melakukan suatu kegiatan tertentu, dapat berupa kata benda, manusia, dan sebagainya. Subjek biasanya dikategorikan sebagai who atau what. Predikat merupakan kata kerja atau verb. Objek merupakan sesuatu yang mendapatkan dampak dari subjek. Keterangan biasanya berupa waktu, tempat, kondisi, posisi, dan sebagainya.

2. Pahami Unsur dalam SPOK

Tips pertama yang wajib dipraktikan adalah pahami terlebih dahulu unsur dalam SPOK. Pastikan kamu sudah mampu mengetahui contoh dasar dari kalimat yang mengandung SPOK. Pastikan pula kamu sudah mampu mengklasifikasikan SPOK di kalimat sederhana. Jika sudah melakukan hal tersebut, maka akan lebih mudah mengklasifikasikan di seluruh jenis kalimat.

Secara umum, unsur SPOK dalam bahasa Inggris tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Misalnya, terdapat kalimat she eats the apple in the morning (dia memakan apel di pagi hari). Subjek dalam kalimat tersebut adalah she, predikatnya eats, objeknya the apple, sedangkan in the morning merupakan keterangan. Lebih tepatnya adalah keterangan waktu.

3. Pahami 3 Tenses Utama dalam Bahasa Inggris

Tips berikutnya untuk belajar SPOK bahasa Inggris. Dalam SPOK, terdapat predikat atau verb. Untuk dapat mengkategorikan serta menuliskan verb yang tepat, maka wajib memahami 3 tenses utama bahasa Inggris. Diantaranya simple past, simple present, serta simple future. Pahami 3 tenses tersebut, sebelum mempelajari yang lebih kompleks.

Simple past merupakan tenses yang digunakan untuk kejadian lampau. Pengaplikasiannya dalam predikat misalnya kata saw, ate, ran, goes, atau lebih tepatnya verb 2. Simple present merupakan kejadiaan saat ini. Predikatnya misalnya adalah see, eat, run, go, atau verb 1. Sedangkan simple future merupakan kejadian yang akan terjadi di masa mendatang.

4. Membaca Buku, Artikel, atau Blog Bahasa Inggris

Apabila sudah memahami dasar-dasar untuk mempelajari SPOK. Maka, berikutnya kamu sudah bisa mulai mempraktikan dan memperkaya pengetahuan terkait SPOK. Untuk melakukan hal ini, terdapat tips yang dapat diaplikasikan yaitu membaca buku, artikel, atau blog berbahasa Inggris. Kamu dapat menemukannya di internet atau media sosial.

Saat ini, telah banyak situs dan konten media sosial yang menyediakan buku, artikel, serta tulisan berbahasa Inggris. Cobalah untuk rutin membaca tulisan-tulisan tersebut. Dengan begitu, kamu akan lebih terbiasa melihat struktur atau grammar bahasa Inggris. Kamu akan lebih terbiasa pula untuk mengetahui dan mengklasifikasikan SPOK bahasa Inggris.

5. Rutin Menulis Menggunakan Bahasa Inggris

Tips selanjutnya untuk belajar SPOK bahasa Inggris adalah rutin menulis. Tentunya, tulisan yang dibuat haruslah berbahasa Inggris. Tips ini dilakukan untuk membantu kamu lebih menguasai SPOK dalam bahasa Inggris. Karena pembelajaran bahasa akan sulit berkembang, jika tidak diiringi dengan praktik. Oleh sebab itu, mulailah rutin menulis berbahasa Inggris.

Kamu tidak perlu langsung menulis tulisan yang kompleks. Mulailah dengan tulisan-tulisan sederhana. Misalnya, menulis caption, kata-kata, cerita sehari-hari, dan sebagainya. Namun, pastikan untuk menggunakan bahasa Inggris. Sehingga, kamu akan semakin terbiasa menulis dengan SPOK berbahasa Inggris.

Baca Juga: SPOK DALAM BAHASA INGGRIS

6. Mengikuti Bimbel Bahasa Inggris

Untuk tips terakhir, kamu dapat mengikuti bimbel agar pembelajaran SPOK lebih maksimal. Misalnya di ICAN English, les bahasa Inggris yang menyediakan program khusus grammar atau struktur bahasa Inggris. Sehingga, kamu akan benar-benar diajarkan secara mendalam terkait grammar. Mulai dari SPOK, hingga struktur bahasa yang jauh lebih kompleks nantinya.

Untuk belajar SPOK bahasa Inggris, kamu dapat mengikuti tips-tips di atas. Kunci utama dalam mempelajari SPOK adalah dengan konsisten dan niat. Pastikan kamu selalu konsisten dalam belajar SPOK, agar kemampuan pun semakin meningkat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH