SPOK dalam bahasa Inggris

SPOK dalam Bahasa Inggris

Feb 4, 2022 | Bahasa Inggris

Dalam membuat sebuah kalimat, tentu akan membutuhkan sebuah subjek dan predikat. Tak hanya untuk bahasa Indonesia, SPOK dalam bahasa Inggris juga penting dan harus dipelajari dengan baik.

Dalam kalimat bahasa Inggris, SPOK biasanya dikenal sebagai Subjek (Subject), Predikat (Predicate), Objek (Object) dan Keterangan (Adverb) yang memiliki fungsi sebagai unsur pembangun suatu kalimat yang diucapkan maupun dituliskan.

SPOK Bahasa Inggris dan Contoh Kalimat

Dalam bahasa Inggris, subjek adalah salah satu unsur yang penting. Subjek bisa didefinisikan dengan siapa (who) atau apa (what). Subjek adalah siapa atau apa yang melakukan suatu kegiatan di sebuah kalimat. Subjek dalam kalimat bisa berupa kata benda (noun), frasa kata benda (noun phrase) dan kata ganti (pronoun).

Baca Juga: CONTOH GRAMMAR BAHASA INGGRIS

Sementara itu, predikat adalah sebuah frasa yang berfungsi untuk memberikan informasi berkaitan dengan suatu kegiatan/aksi/Tindakan yang dilakukkan oleh subjek dalam sebuah kalimat.

Predicate biasanya mengandung kata kerja atau verb yang memberi tahu tentang kegiatan/aksi/Tindakan yang dilakukan dalam sebuah kalimat.

Lalu, object dalam bahasa Inggris adalah suatu ketidakharusan dalam sebuah kalimat. Tujuannya adalah menerima Tindakan yang dilakukan oleh subjek.

Kemudian, ada adverb yang bertindak sebagai kata keterangan. Kata ini biasanya berupa tempat dan terletak pada banyak posisi, bisa di depan, di belakang atau akhir kalimat. Ini tergantung pada jenis adverb itu sendiri.

Contoh kalimat SPOK dalam bahasa Inggris adalah:

The cats eat some fish and drink milk in Rena’s house

Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa:

  • The cats adalah subjek
  • Eat some fish and drink adalah predikat
  • Eat, drink adalah predikat
  • In Rena’s house adalah kata keterangan atau adverb

Dalam suatu kalimat tidak selalu disempurnakan dengan SPOK. Dengankata lain, tidak harus ada semua aspek penyusunnya. Misalnya, terkadang dalam kalimat tidak selalu ada objek atau keterangan.

Selain itu, dalam kalimat biasanya terdapat kata ganti (pronoun), kata hubung (conjuction), atau kata depan (preposition) untuk membantu membentuk suatu kalimat.

Baca Juga: CARA MUDAH MENGUASAI GRAMMAR BAHASA INGGRIS

Tips Membuat Kalimat Bahasa Inggris

Kalimat bahasa Inggris yang benar adalah hasil dari susunan kata yang memiliki pola tertentu dan membentuk satu kesatuan yang memiliki makna dan bisa dipahami. Jika ada kalimat yang tidak memiliki makna, maka biasanya disebut sebagai fragment sentence.

Dalam membentuk kalimat bahasa Inggris, ada beberapa rumus yang bisa kamu gunakan, seperti:

  • Subject + Verb (kata kerja)
  • Subject + Verb + Object
  • Subject + Verb + Adjective
  • Subject + Verb + Keterangan
  • Subject + Verb + Object 1 + Object 2
  • Subject + Verb + Object + Adjective
  • Subject + Verb + Object + Kata Keterangan

SPOK dalam bahasa Inggris memang diperlukan, namun dalam kalimat dan kenyataannya tidak selalu seperti itu. Penting untuk memahaminya dengan baik agar kamu bisa membentuk kalimat yang benar.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

5 Layanan Terjemahan Bahasa Inggris Terbaik, Mengartikan Jadi Mudah

5 Layanan Terjemahan Bahasa Inggris Terbaik, Mengartikan Jadi Mudah

Saat ini, kamu tidak perlu harus membawa kamus kemanapun pergi jika ingin mengartikan bahasa inggris. Adanya teknologi memudahkan siapapun yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggris dengan cara memanfaatkan berbagai situs atau layanan terjemahan. Hanya dengan...

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH