SPOK dalam Bahasa Inggris

SPOK dalam Bahasa Inggris

Dalam membuat sebuah kalimat, tentu akan membutuhkan sebuah subjek dan predikat. Tak hanya untuk bahasa Indonesia, SPOK dalam bahasa Inggris juga penting dan harus dipelajari dengan baik.

Dalam kalimat bahasa Inggris, SPOK biasanya dikenal sebagai Subjek (Subject), Predikat (Predicate), Objek (Object) dan Keterangan (Adverb) yang memiliki fungsi sebagai unsur pembangun suatu kalimat yang diucapkan maupun dituliskan.

SPOK Bahasa Inggris dan Contoh Kalimat

Dalam bahasa Inggris, subjek adalah salah satu unsur yang penting. Subjek bisa didefinisikan dengan siapa (who) atau apa (what). Subjek adalah siapa atau apa yang melakukan suatu kegiatan di sebuah kalimat. Subjek dalam kalimat bisa berupa kata benda (noun), frasa kata benda (noun phrase) dan kata ganti (pronoun).

Baca Juga:
Tips Belajar SPOK Bahasa Inggris

Sementara itu, predikat adalah sebuah frasa yang berfungsi untuk memberikan informasi berkaitan dengan suatu kegiatan/aksi/Tindakan yang dilakukkan oleh subjek dalam sebuah kalimat.

Predicate biasanya mengandung kata kerja atau verb yang memberi tahu tentang kegiatan/aksi/Tindakan yang dilakukan dalam sebuah kalimat.

Lalu, object dalam bahasa Inggris adalah suatu ketidakharusan dalam sebuah kalimat. Tujuannya adalah menerima tindakan yang dilakukan oleh subjek.

Kemudian, ada adverb yang bertindak sebagai kata keterangan. Kata ini biasanya berupa tempat dan terletak pada banyak posisi, bisa di depan, di belakang atau akhir kalimat. Ini tergantung pada jenis adverb itu sendiri.

Contoh kalimat SPOK dalam bahasa Inggris adalah:

The cats eat some fish and drink milk in Renas house

Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa:

  • The cats adalah subjek
  • Eat some fish and drink adalah predikat
  • Eat, drink adalah predikat
  • In Rena’s house adalah kata keterangan atau adverb

Dalam suatu kalimat tidak selalu disempurnakan dengan SPOK. Dengan kata lain, tidak harus ada semua aspek penyusunnya. Misalnya, terkadang dalam kalimat tidak selalu ada objek atau keterangan.

Selain itu, dalam kalimat biasanya terdapat kata ganti (pronoun), kata hubung (conjuction), atau kata depan (preposition) untuk membantu membentuk suatu kalimat.

Baca Juga:
Contoh Kalimat SPOK dalam Bahasa Inggris

Tips Membuat Kalimat Bahasa Inggris

Kalimat bahasa Inggris yang benar adalah hasil dari susunan kata yang memiliki pola tertentu dan membentuk satu kesatuan yang memiliki makna dan bisa dipahami. Jika ada kalimat yang tidak memiliki makna, maka biasanya disebut sebagai fragment sentence.

Dalam membentuk kalimat bahasa Inggris, ada beberapa rumus yang bisa kamu gunakan, seperti:

  • Subject + Verb (kata kerja)
  • Subject + Verb + Object
  • Subject + Verb + Adjective
  • Subject + Verb + Keterangan
  • Subject + Verb + Object 1 + Object 2
  • Subject + Verb + Object + Adjective
  • Subject + Verb + Object + Kata Keterangan

SPOK dalam bahasa Inggris memang diperlukan, namun dalam kalimat dan kenyataannya tidak selalu seperti itu. Penting untuk memahaminya dengan baik agar kamu bisa membentuk kalimat yang benar.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web