Contoh Kalimat SPOK dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat SPOK dalam Bahasa Inggris

Agu 24, 2022 | Bahasa Inggris

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, mungkin tidak asing dengan materi SPOK. Karena materi SPOK ini merupakan dasar dari grammar bahasa Inggris. Ketika mempelajari SPOK dalam bahasa Inggris. Biasanya akan diberikan pula contoh kalimat SPOK dalam bahasa Inggris untuk lebih mempermudah pemahaman.

Secara umum, SPOK dalam bahasa Inggris sama dengan Indonesia. SPOK terdiri dari subjek, predikat, objek, dan keterangan. Keterangan dapat berupa waktu, tempat, kondisi, atau semacamnya. Hanya saja, predikat dalam bahasa Inggris biasanya lebih kompleks. Karena harus disesuaikan dengan tenses atau waktu yang tercantum dalam kalimat SPOK tersebut.

Baca Juga: TIPS BELAJAR SPOK BAHASA INGGRIS

Contoh Kalimat SPOK dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, SPO sebenarnya lebih tepat disebut SVO. Karena predikat yang dimaksud merupakan verb atau kata kerja. Pada bagian inilah biasanya kamu harus lebih teliti, karena verb harus disesuaikan dengan keterangan waktu. Untuk lebih memahami SPOK, sebaiknya simak terlebih dahulu contoh-contoh kalimatnya di bawah ini.

1. Contoh Kalimat Subjek + Predikat (SP)

Contoh kalimat SPOK dalam bahasa Inggris pertama adalah untuk unsur S + P terlebih dahulu. Karena inilah dasar dari sebuah kalimat. Kalimat tidak mungkin hadir tanpa adanya subjek dan predikat. Oleh sebab itu, hal utama yang wajib kamu pahami ketika belajar SPOK adalah mengenal mana subjek dan predikatnya terlebih dahulu.

Contoh kalimat untuk pola ini adalah I walk (saya berjalan). Dalam kalimat tersebut, terlihat subjek adalah kata I, sedangkan untuk predikat atau verb adalah walk (berjalan). Contoh lainnya adalah she eats (dia makan). Jika merupakan verb 2 atau kejadian lampau, maka predikatnya akan berubah. Yaitu menjadi verb 2, I walked dan she ate.

2. Contoh Kalimat Subjek + Predikat + Objek (SPO)

Untuk membuat kalimat lebih lengkap, biasanya perlu menambahkan objek. Dalam kalimat, sebenarnya objek tidak wajib hadir. Namun, agar makna kalimat lebih mudah untuk dipahami. Maka, perlu menambahkan objek. Objek merupakan sesuatu yang terkena dampak dari subjek. Sehingga, posisi objek biasanya berada setelah subjek dan predikat.

Contoh kalimatnya adalah she eats the apple (dia memakan apel). Dalam kalimat tersebut, she merupakan subjek, eats adalah predikat atau verb, sedangkan the apple yaitu objek. The apple pada kalimat tersebut terkena dampak dari subjek. Karena subjek memakan the apple, sehingga lama kelamaan apel tersebut akan habis. Objek tidak mengalami perubahan seperti predikat.

3. Contoh Kalimat Subjek + Predikat + Objek + Keterangan (SPOK)

Contoh kalimat SPOK dalam bahasa Inggris berikutnya adalah untuk unsur yang lebih lengkap. Dalam kalimat ini, terdapat keterangan di akhir kalimat. Sebenarnya, keterangan pun tidak wajib ada dalam kalimat. Dalam kalimat bahasa Inggris yang sederhana, biasanya jarang dicantumkan keterangan. Keterangan dalam grammar biasanya disebut pula sebagai adverb.

Keterangan dalam SPOK beragam, mulai dari terkait waktu, tempat, keadaan, kondisi, posisi, dan sebagainya. Contoh kalimatnya adalah she eats the apple in restaurant (dia memakan apel di restoran). Pada kalimat tersebut, keterangan berada di kata in restaurant. Keterangan yang dicantumkan dalam kalimat tersebut adalah terkait tempat (restoran).

4. Contoh Kalimat Subjek + Predikat + Keterangan (SPK)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, objek dan keterangan tidak wajib dicantumkan dalam kalimat bahasa Inggris. Oleh sebab itu, terdapat kemungkinan kalimat bahasa Inggris ditulis tanpa objek. Namun, tetap terdapat keterangan atau adverb. Dalam bahasa Inggris, adverb biasanya diakhiri pula dengan imbuhan -ly. Misalnya quickly, peacefully, dan lainnya.

Contoh kalimatnya adalah she run quickly (dia berlari dengan cepat). Pada kalimat tersebut, terlihat adanya subjek dan predikat pada kata she serta run. Tidak terdapat objek dalam kalimat tersebut, tetapi tetap ada keterangan. Kata keterangannya adalah quickly. Kata ini menerangkan kalimat she run. Sehingga, dapat diketahui bahwa she (dia) berlari dengan cepat.

5. Contoh Kalimat Subjek + Predikat + Adjective

Contoh kalimat SPOK dalam bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan menggunakan adjective. Subjek dan predikat wajib untuk selalu dicantumkan dalam kalimat bahasa Inggris. Sehingga, dalam contoh ini akan ditunjukkan bagaimana kalimat dikombinasikan dengan adjective tanpa objek dan keterangan. Dalam bahasa Inggris, adjective adalah kata sifat.

Contoh kalimatnya adalah Dina looks fine (Dina terlihat baik-baik saja). Dalam kalimat tersebut, adjective terdapat pada kata fine. Karena fine merupakan kata yang memberikan sifat pada subjek Dina.

Baca Juga: SPOK DALAM BAHASA INGGRIS

6. Contoh Kalimat SPK + Adjective

Contoh terakhir adalah SPOK yang ditambah dengan adjective. Misalnya adalah the red carpets are everywhere (karpet merah ada dimana-mana). Perlu diketahui bahwa adjective biasanya disimpan di sebelum subjek atau setelahnya.

Mempelajari materi bahasa Inggris memang membutuhkan fokus dan konsistensi yang tinggi. Penting untuk bergabung dalam kursus bahasa Inggris di lembaga profesional untuk mendapatkan bimbingan belajar yang tepat. Salah satu lembaga yang bisa kamu pilih adalah ICAN English. Dengan materi yang disesuaikan dan tutor profesional, kamu bisa belajar secara maksimal.

Contoh kalimat SPOK dalam bahasa Inggris perlu kamu pahami untuk lebih memperdalam pengetahuan grammar. Apabila kamu sudah memahami SPOK. Maka, kamu akan lebih mudah menulis kalimat bahasa Inggris dengan baik dan benar.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH