Belajar tenses dengan mudah

Tips Belajar Tenses dengan Mudah

Jun 24, 2022 | Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris bukanlah suatu hal yang mudah, sebab kamu harus memahami berbagai macam materi. Ada banyak materi yang dipelajari, salah satunya adalah tenses. Jika bersungguh-sungguh ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, belajar tenses dengan mudah bisa dilakukan ketika bergabung di kursus bahasa Inggris berkualitas bagus.

Tenses merupakan salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi jika ingin menguasai bahasa Inggris. Kamu harus tahu bahwa ada 16 bentuk kata kerja atau verb tense yang menunjukkan peristiwa terjadi di masa lampau, sekarang, serta yang akan datang. Nah, bagaimana cara memahami tenses tersebut?

Baca Juga: PENGGUNAAN TENSES DALAM BAHASA INGGRIS

Tips Memahami Tenses dalam Bahasa Inggris

Cara terbaik untuk bisa memahami tenses dalam bahasa Inggris, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu bentuk-bentuk kata kerja dasar dalam tenses. Ada empat bentuk paling mendasar, seperti berikut;

Present Simple

Present simple tense merupakan kata kerja yang sering digunakan untuk fakta yang lebih bersifat umum. Berbagai macam hal yang menjadi kebiasaan kita dapat dilakukan setiap hari, setiap Minggu, setiap tahun atau terkadang hampir tidak pernah kita lakukan. 

Apabila kamu berolahraga 3 kali dalam 1 minggu, maka menggunakan bentuk present simple tense untuk bisa membicarakan kegiatan tersebut. 

Kamu dapat smenggunakan bentuk kata kerja pertama atau V1 jika subjeknya adalah You, We, I atau They.

Contohnya : 

  • You Always Wake up late
  • We often stay in for lunch
  • I Usually go to bed at 9 PM 
  • They never have enough coffee

Tetapi jika kamu menggunakan orang atau benda lain, seperti “she, he, atau it” maka harus menambahkan akhiran “s” atau “es” pada kata kerja.

Contohnya;

  • She always wakes up late 
  • He usually goes to bed at 9 PM 
  • The shop never has my size 

Dengan memahami penggunaan present simple, maka bisa membuat kamu memahami tenses lain yang berhubungan.

Present Continuous 

Ketika Menjelaskan kegiatan yang sedang berlangsung, kamu bisa mencoba untuk menggunakan kata kerja yang memiliki akhir “ing”. Apabila kegiatan tersebut sedang terjadi di masa sekarang, maka akan memiliki akhiran yang dapat diartikan sebagai sesuatu hal yang jarang dilakukan atau bukan kebiasaan.

Kita menggunakan present continuous dalam berbagai macam situasi dan bisa menggunakan kata kerja “To Be atau (is, am, are)” kemudian ditambahkan dengan “ing”. 

  • He is studying in England
  • I’m waiting for my Go-jek driver 
  • You are driving too fast 

Nah, setelah kamu sudah memahami present continuous, pastikan untuk terus menggunakan dalam percakapan agar mulai terbiasa.

Past Tense

Jika sebelumnya present continuous digunakan dalam masa sekarang, maka sebaliknya past tense akan digunakan pada sesuatu hal yang memiliki kaitannya dengan masa lampau. Ada berbagai macam kegiatan yang telah berakhir di masa lampau dan terkait dengan suatu waktu tertentu. 

Bentuk yang digunakan adalah kata kerja past tense verb atau verb kedua (V2) yang memiliki sifat beraturan dengan akhiran “d” atau “ed”, serta yang tidak beraturan dan memiliki sedikit perubahan dari bentuk dasarnya.

Contohnya:

  • Yesterday, I went to bed at nine PM 
  • We stayed in for today 
  • You woke up late today

Nah, jadi past tense digunakan untuk membantu kamu mengungkapkan kejadian di masa lampau.

Baca Juga: TENSES YANG MENGGUNAKAN VERB ING

Present Perfect

Present perfect sekilas mungkin banyak yang menganggap bahwa bentuk ini memiliki ketertarikan dengan waktu yang sekarang, namun sebenarnya bentuk present perfect biasanya digunakan untuk menjelaskan pencapaian yang sudah terjadi entah itu besar maupun kecil tanpa menjelaskan dengan rinci waktu terjadinya.

Jadi pernyataan yang satu ini tidak menyertakan penanda waktu lampau, tetapi bentuk ini menyebutkan beberapa kali hal tersebut sudah kamu lakukan. Agar menggunakan present perfect dengan benar, kamu bisa menceritakan apa yang telah kamu lakukan dan gabungkan has atau have dengan kata kerja ketiga yaitu past partikel verb (V3).

Contohnya:

  • I have seen the movie twice
  • They have left the country 
  • Have you done your homework?
  • He has Won many Awards 

Bentuk ini juga dapat digunakan untuk menceritakan kegiatan yang sedang berlangsung di masa lampau dan masih berlaku sampai sekarang ini. Tetapi kamu harus menyertakan keterangan Sudah berapa lama kegiatan tersebut berlangsung 

Contohnya:

  • I have worked here for two years 
  • She has studied English for five years 

Belajar tenses dengan mudah dapat dilakukan jika kamu sudah memahami 4 konsep dasar bentuk kata kerja yang digunakan.  Jika sudah memahami 4 konsep dasar ini, akan lebih mudah untuk memahami 12 tenses lainnya. 

Untuk belajar tenses dengan mudah, kamu disarankan bergabung dengan kursus bahasa Inggris berkualitas bagus seperti ICAN English.

Tutor profesional kami akan membantu kamu memahami tenses dengan mudah dan menyenangkan ada berbagai macam metode pembelajaran yang digunakan sehingga tidak membuat peserta merasa kebingungan dalam proses belajarnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH