Tenses yang menggunakan verb ing

Tenses yang Menggunakan Verb Ing

Mar 19, 2022 | Bahasa Inggris

Terdapat beberapa tenses yang menggunakan verb ing dalam grammar bahasa Inggris. Grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris memang dapat dikatakan cukup kompleks. Pasalnya, terdapat beberapa aturan atau ketentuan yang cukup bervariasi. Walau begitu, pemahaman grammar yang baik dapat membuat skill menulis menjadi lebih baik.

Salah satu penggunaan grammar yang cukup banyak adalah verb ing. Verb ing dalam bahasa Inggris biasanya digunakan sebagai present participle serta gerund. Fungsinya adalah untuk menerangkan suatu kegiatan atau aktivitas yang sedang dilakukan. Misalnya adalah kata kerja study apabila menggunakan verb ing dapat menjadi studying.

Baca Juga: PENGGUNAAN BEFORE DAN AFTER DALAM TENSES

Kumpulan Tenses yang Menggunakan Verb Ing

Dalam struktur bahasa Inggris, terdapat rumus-rumus yang disebut dengan tenses. Setiap tenses memiliki fungsi atau kegunaannya masing-masing. Misalnya untuk present tenses yang menerangkan keadaan masa sekarang. Selain itu, terdapat beberapa tenses yang menggunakan verb ing. Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, berikut penjelasan lengkapnya!

1. Present Continuous Tense

Jenis tense yang pertama adalah present continuous tense. Tenses ini berfungsi untuk menjelaskan kegiatan yang sedang berlangsung. Terdapat beberapa fungsi lainnya. Misalnya adalah untuk menyatakan peristiwa yang cenderung berubah-ubah. Selain itu, sebagai tenses untuk menyatakan peristiwa yang akan dikerjakan.

Rumus present continuous tense adalah subjek + to be + verb ing + complement (pelengkap). Ciri yang dapat paling terlihat dalam tenses ini adalah penggunaan verb ing. Misalnya adalah playing, dancing, dan sebagainya. Apabila berupa kalimat tanya, maka to be akan berpindah ke bagian depan. Contohnya, are you dancing?

2. Present Perfect Continuous Tense

Berikutnya adalah present perfect continuous tense. Sebenarnya penggunaannya tidak jauh berbeda dengan present continuous tense. Karena digunakan untuk menyatakan kejadian atau aktivitas yang sedang terjadi atau bersifat progressive. Tenses ini lebih spesifik untuk menjelaskan suatu kejadian yang sudah selesai, tetapi efek atau dampaknya masih terasa.

Selain itu, digunakan pula untuk menjelaskan kejadian yang sudah terjadi di masa lalu. Namun, masih terjadi sampai masa sekarang atau masa kini. Rumusnya adalah subjek + has/have + been + verb ing + complement. Contohnya adalah, we have been waiting for Ana all day (kami telah menunggu Ana sepanjang hari).

3. Past Continuous Tense

Tenses yang menggunakan verb ing berikutnya adalah past continuous tense. Tenses ini digunakan untuk menjelaskan kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau. Namun, dalam kurun waktu tertentu. Atau dapat dikatakan pula, tenses ini digunakan untuk menjelaskan kegiatan continuous yang sudah terjadi di masa lalu atau masa lampau.

Fungsi lainnya untuk menjelaskan kejadian di masa lalu dalam kurun waktu yang singkat. Rumusnya adalah subjek + was/were + verb ing + complement. Contohnya adalah, I was playing all day last week (saya bermain seharian pada minggu lalu). Contoh lainnya adalah, the bicycle were being fixed when I came (sepeda itu sedang diperbaiki ketika saya datang).

4. Past Perfect Continuous Tense

Selanjutnya adalah past perfect continuous tense. Past perfect merupakan tenses yang berfungsi untuk menerangkan kejadian atau aktivitas yang sudah dimulai pada masa lampau. Begitupun dengan past perfect continuous tense. Fungsinya adalah untuk menerangkan kejadian yang sudah dan tengah berlangsung di masa lampau.

Namun, kejadian atau aktivitas itu memang sudah tidak terjadi lagi pada masa sekarang. Rumusnya adalah subjek + had + been + verb ing + complement. Contohnya, Ana had been loving her family (Ana tengah sangat mencintai keluarganya). Contoh untuk kalimat negatif adalah, Ana had not been looking for job (Ana tidak sedang mencari pekerjaan).

5. Future Continuous Tense

Tenses terakhir adalah future continuous tense. Tenses ini berbeda dengan beberapa tenses sebelumnya. Karena fungsinya adalah untuk menerangkan kejadian atau peristiwa di masa mendatang. Kejadian tersebut diharapkan terus berlanjut dalam masa waktu yang diharapkan pula. Rumusnya adalah subjek + would/should + be + verb ing + complement.

Baca Juga: PENGGUNAAN TENSES BERDASARKAN WAKTU

Tenses ini memiliki fungsi untuk memprediksi sebuah kegiatan atau peristiwa di masa mendatang. Namun, kejadian atau peristiwa tersebut memang sudah pasti akan terjadi. Contoh kalimatnya adalah, Ana will be coming in a moment. She is near here (Ana akan datang dalam beberapa saat. Dia berada di dekat sini).

Tenses yang menggunakan verb ing menjadi salah satu elemen grammar yang perlu untuk diketahui. Karena penggunaan verb ing pun banyak ditemukan dalam skill menulis bahasa Inggris. Sehingga, diperlukan pemahaman grammar tersebut untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH