penggunaan tenses berdasarkan waktu

Penggunaan Tenses Berdasarkan Waktu

Penggunaan tenses berdasarkan waktu wajib diketahui oleh seorang pemula yang tengah belajar bahasa inggris. Dalam bahasa inggris tenses atau keterangan waktu memiliki peran yang cukup penting dalam praktiknya, baik secara tertulis maupun lisan. Secara sederhana tenses ini dibagi menjadi tiga yaitu past (lampau), present (saat ini), dan future (masa depan).

Tidak hanya sekedar penunjuk waktu, dalam penggunaannya juga diperlukan pemilihan kata yang sesuai agar dapat lebih dipahami. Untuk pemula, kamu hanya perlu memahami tiga waktu dasar tersebut. Namun, jika kamu telah paham betul, maka kamu dapat mempelajari tenses dengan bentuk yang lebih kompleks lainnya.

Penggunaan Tenses Berdasarkan Waktu Serta Contohnya

Setelah mengetahui terkait peran penting dari penggunaan tenses, maka sebagai seseorang yang memiliki ketertarikan belajar bahasa Inggris tentu perlu menguasainya. Dibawah ini merupakan penjelasan mengenai penggunaan tenses berdasarkan waktu dalam bahasa Inggris dan contoh penerapannya yang perlu kamu ketahui.

1. Tenses Untuk Menunjukan Waktu Di Masa Lampau (Past Tense)

Penggunaan tenses berdasarkan waktu yang pertama yaitu, past tense atau ungkapan yang terjadi di masa lampau atau hal yang telah terjadi.  Past tense merupakan tenses yang digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang lampau dalam bentuk kalimat. Kalimat yang diungkapkan tersebut, kejadiannya telah terjadi sebelum kamu mengungkapkannya.

Adapun, dalam pembuatan kalimatnya kamu harus menggunakan bentuk verb (kata kerja) ke-2.untuk bentuk regular verb (kata kerja regular) kamu hanya perlu menambahkan akhiran ed pada kata kerja tersebut. Sedangkan untuk bentuk irregular verb kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu bentuk-bentuknya karena terkadang akan sangat berbeda.

Selanjutnya, untuk contoh penggunaan kalimat past tense diantaranya : last night I watched harry potter movie (malam tadi aku menonton film Harry Potter). Kata last night menunjukan keterangan waktu yang terjadi yakni, di malam hari yang telah lewat, kemudian verb yang digunakan yaitu watched dari kata watch yang berarti menonton.

2. Tenses Untuk Menunjukan Waktu Di Masa Sekarang (Present Tense)

Bentuk tenses yang berikutnya yaitu, present tense atau tenses yang menunjukan waktu atau kejadian saat ini. Jika pada past tense, verb (kata kerja) yang digunakan menggunakan bentuk ke-2, maka pada tenses ini kata kerja yang digunakan yaitu bentuk pertama atau bentuk aslinya. Selain itu, kata kerja tersebut juga bisa diakhiri s atau es sesuai dengan subjeknya.

Akhiran S dan es pada kata kerja tersebut digunakan jika subjek yang dipilih merupakan kata ganti orang ketiga seperti he (dia untuk laki-laki), she (dia untuk perempuan), dan it (menunjukan benda). Selain menunjukan waktu atau aktivitas sekarang, present tense juga memiliki fungsi lain yaitu menyatakan suatu kebiasaan (happens regularly).

Adapun, contoh penggunaanya yaitu sebagai berikut : She eats some banana cake (dia memakan beberapa kue pisang). Pada kalimat tersebut akhiran verb ditambahkan huruf S karena subjek menunjukan she dan huruf akhir dari verb merupakan konsonan. Jika huruf akhiran verb merupakan huruf vokal maka ditambahkan akhiran es.

3. Tenses Untuk Menunjukan Waktu Di Masa Depan (Future Tense)

Bentuk tenses sesuai dengan waktu penggunaan yang terakhir yaitu, future tense atau tenses yang menunjukan tentang waktu di masa depan. Layaknya present tense, pada tenses ini verb yang digunakan merupakan bentuk pertama. Verb yang digunakan dalam tenses ini tidak dipengaruhi oleh jenis subjek layaknya present tenses

Adapun untuk formulanya yakni subjek + tobe (am/are/is) + going to + verb. Contoh penggunaanya seperti : I am going to study mathematic tomorrow (saya akan belajar matematika besok). Kalimat di atas menunjukan tentang rencana yang akan dilakukan di masa mendatang. Hal tersebut diperjelas dengan keterangan waktu.

Baca Juga:
Tenses yang Menyatakan Kebiasaan

Penggunaan tenses berdasarkan waktu perlu diketahui untuk kamu yang sedang belajar bahasa Inggris. Hal tersebut dikarenakan, dalam mengungkapkan sesuatu tenses berperan penting, jika kamu salah menggunakannya maka arti yang disampaikannya juga akan berbeda. Sehingga, sangat penting untuk mengetahui bentuk dasar penggunaanya.

Jika ingin mengetahui informasi tentang general Inggris bisa hubungi ICAN English, atau bisa datang langsung ke kantor cabang ICAN English terdekat kota anda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web