tips belajar toefl itp

Tips Belajar TOEFL ITP

TOEFL ITP atau Intitutional Testing Program adalah salah satu bagian tes dari TOELF yang cukup banyak diambil oleh siswa. Sama seperti tes TOEFL lainnya, tes ITP ini juga bertujuan untuk menguji kemamuan bahasa Inggris seseorang yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Belajar TOEFL ITP diperlukan agar kamu bisa mengerjakan tes ini dengan baik.

Tes ini sendiri terdiri dari beberapa bagian, yakni mendengarkan, membaca dan penggunaan bahasa Inggris (call structure and written expression). Untuk langkah pertama, kamu harus melatih pendengaran dengan mendenharkan percakapan di film dan membaca materi.

Apa Saja Tips Belajar TOEFL ITP?

Sebagai persiapan, kamu perlu belajar TOEFL ITP dengan maksimal. Hal ini dilakukan karena ada banyak bagian yang akan diujikan, dan kamu harus sudah menguasainya dengan baik. Berikut beberapa tips belajar TOEFL ITP yang perlu kamu tahu.

Beri Waktu yang Cukup Belajar

Pastikan kamu memberikan waktu yang cukup untuk belajar sebelum tanggal ujian tiba. Pastikan kamu memaksimalkan proses belajar agar bisa menjawab semua pertanyaan dalam tes TOEFL ITP.

Jika tanggal tes kamu terlalu dekat, kamu berisiko tidak mencapai skor yang kamu inginkan. Maka, pastikan kamu memilih tanggal tes yang cukup jauh agar bisa memaksimalkan proses belajar.

Baca Juga:
Tips Belajar TOEFL Otodidak

Siapkan Bahan Belajar

Kumpulkan bahan belajar terbaik, entah itu dari internet, buku atau sumber lainnya. Setelah itu, kamu harus membuat rencana belajar yang tepat. Pastikan semua bahan belajar yang kamu dapatkan berasal dari sumber yang valid, seperti website resmi.

Jika kamu belajar dari sumber yang tepat, maka kamu akan terbiasa dengan soal-soal dalam tes tersebut. Kamu bisa mengunjungi situs resmi atau belajar dari buku persiapan TOEFL yang tepat.

Latihan Soal

Berlatih membaca untuk meningkatkan kecepatan membaca umum dan meningkatkan kosa kata. Bacalah materi yang beragam dan jangan hanya terpaku pada hal-hal yang mudah. Kamu bisa membaca koran, buku, blog, jurnal akademik (atau setidaknya ringkasannya), dan esai.

Mendengarkan berbagai materi lisan juga akan membantu. Kamu akan berlatih mendengarkan berbagai kecepatan bicara, tingkat konten, dan aksen. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kemampuan kamu. Mulailah dengan perlahan dan mendengarkan sebuah percakapan setidaknya 10 menit sehari.

Baca Juga:
Cara Belajar TOEFL yang Efektif

Fungsi TOEFL ITP

Belajar TOEFL ITP sangat penting sebagai persiapan diri. Kamu juga bisa bergabung dalam kursus persiapan TOEFL agar persiapan kamu lebih matang.

TOEFL ITP Sendiri digunakan untuk placement test dan tes evaluasi di beberapa lembaga bahasa. Tes ini sendiri juga menjadi bagian dari program pendidikan, pelatihan dan pengembangan karir dari lembagar pemerintah, seperti Departemen Pendidikan Luar Negeri dan Pusat Latihan.

TOEFL ini juga menjadi persyaratan masuk atau kelulusan di jenjang institusi pendidikan Indoensia yang lebih tinggi. Bahkan, ada beberapa program beasiswa yang menerima sertfiikasi tes ini.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi