Tips belajar TOEFL otodidak

Tips Belajar TOEFL Otodidak

Feb 18, 2022 | TOEFL

Untuk kamu yang akan kuliah di luar negeri, TOEFL menjadi salah satu syarat yang harus kamu penuhi. Tes ini sendiri dibuat oleh ETS dan kini diterima di banyak universitas di seluruh dunia. Ketahui apa saja tips belajar TOEFL otodidak yang bisa kamu lakukan di rumah.

Tes TOEFL terbagi menjadi tiga bagian, yakni PBT, CBT dan IBT. Kemampuan bahasa Inggris kamu sudah dianggap baik jika kamu memiliki skor TOEFL minimal 500. Skor ini sudah menadi standard umum bagi universitas atau perusahaan untuk menerima seseorang.

Baca Juga: TRIK BELAJAR BAHASA INGGRIS OTODIDAK

Trik Belajar TOEFL Sendiri

Karena TOEFL bukanlah tes yang murah, kamu harus mempersiapkan diri secara maksimal. Beberapa orang memilih untuk bergabung dalam kursus persiapan TOEFL, dan beberapa lainnya memilih untuk belajar TOEFL otodidak.

Nah, untuk kamu yang berencana untuk belajar secara mandiri di rumah, berikut beberapa tips belajar TOEFL otodidak yang perlu kamu tahu.

1. Luangkan Waktu Belajar Setiap Hari

Belajar secara konsisten adalah kunci untuk menaklukan soal-soal TOEFL. Dengan belajar setiap hari, kamu akan terbiasa dengan soal-soal tes. Kamu juga harus membiasakan diri untuk rutin latihan.

Kamu harus berlatih tes Listening, Structure dan Reading. Kamu juga bisa mencari sumber belajar di internet, atau membeli buku persiapan TOEFL.

2. Menonton Film Bahasa Inggris.

Menonton film berbahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle bisa membantu memperlancar kemampuan berbicara bahasa Inggris. Kamu bisa menonton ilm dengan subtitle bahasa Indonesia agar kamu paham inti dari pembicaraan mereka.

Setelahnya, kamu bisa mengganti subtitle dengan bahasa Inggris agar kamu mulai belajar percakapan dan pelafalannya. Nah, jika sudah memahami isi filmnya dan menganggap bahwa kamu sudah mengerti pelafalan bahasa Inggris, kamu bisa mencoba untuk menonton film tanpa subtitle. Dengan cara ini, perlahan kamu akan lancar berbicara bahasa Inggris.

3. Tulis Apapun dengan Bahasa Inggris

Cobalah untuk menulis cerita dengan bahasa Inggris. Kamu bisa memulainya dengan membuat blog adan menulis cerita di dalamnya. Agar lebih mudah, kamu bisa mulai bercerita tentang hari yang kamu lewati atau hal yang menurut kamu menarik.

Dengan latihan menulis, kamu bisa berlatih menyusun kata menjadi kalimat yang baik dan benar. Latihan ini juga bisa membantu kamu dalam tes TOEFL di mana kamu akan menulis essay pada sesi Writing.

Baca Juga: TIPS BELAJAR SPEAKING OTODIDAK

Tips Maksimalkan Internet untuk Belajar

Belajar sendirian memang sulit. Nah, kamu bisa mengajak teman atau rekan kamu untuk belajar bersama. Jika kamu tidak tertarik dengan pola belajar bersama orang lain secara langsung, kamu bisa bergabung dalam komunitas bahasa Inggris di internet.

Bahkan, komunitas ini bisa dengan mudah ditemukan di sosial media, seperti Facebook. Dengan belajar bersama orang lain, kamu bisa saling bertukar pikiran dan ilmu  tentang apa saja yang sudah atau belum kamu persiapkan untuk mengikuti tes TOEFL.

Banyak juga kursus bahasa Inggris online yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan pemahaman bahasa Inggris kamu, loh!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

TOEFL (test Of English as a Foreign Language) merupakan salah satu bentuk tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Salah satu bentuk soal yang akan muncul dalam TOEFL yakni mengenai grammar. Terdapat berbagai jenis grammar yang sering keluar di TOEFL....

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language merupakan salah satu jenis tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Tes ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga, penting untuk mencari tahu tips dan trik lulus TOEFL yang bisa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH