Belajar TOEFL reading untuk pemula

Belajar TOEFL Reading untuk Pemula

Mar 21, 2022 | TOEFL

Salah satu bagian tes TOEFL yang paling banyak memakan waktu adalah bagian reading. Dalam bagian tersebut, biasanya akan terdapat sejumlah teks 1-2 paragraf. Setiap teks akan dilengkapi dengan beberapa pertanyaan. Sehingga, belajar TOEFL reading untuk pemula menjadi hal yang penting.

Sebenarnya bagian reading TOEFL ini tidaklah sesulit yang dibayangkan. Asalkan sudah melakukan persiapan dengan matang. Karena skill reading pun merupakan skill yang disarankan untuk dilatih sejak jauh hari sebelum melaksanakan TOEFL.

Baca Juga: TIPS BELAJAR TES TOEFL BAGI PEMULA

Cara Belajar TOEFL Reading untuk Pemula

Untuk mendapatkan skor TOEFL yang tinggi, khususnya pada skill reading. Maka perlu dilakukan beberapa cara atau langkah yang akan membantu kamu improvisasi skill reading. Pertimbangkan juga untuk bergabung dalam kelas persiapan TOEFL agar kamu mendapatkan pembelajaran yang intensif. Simak cara-caranya di bawah ini!

1. Mempelajari Vocabulary atau Kosakata

Cara pertama adalah dengan mempelajari kosakata. Mungkin untuk kosakata umum atau kosakata yang mudah telah diketahui dan dipahami. Oleh karena itu, cobalah untuk mempelajari kosakata dengan tingkatan lebih sulit. Misalnya kosakata yang tidak umum, seperti kosakata bahasa Inggris untuk science, technology, dan sebagainya.

Karena pada soal reading, biasanya teks-teks yang dihadirkan bukanlah teks sederhana. Melainkan teks dengan topik atau tema ilmiah. Oleh karena itu, disarankan untuk memperkaya kosakata terlebih dahulu. Sehingga lebih mudah dalam memahami keseluruhan isi teks reading TOEFL. Cobalah untuk mengumpulkan kosakata dari jurnal, berita, dan bacaan ilmiah.

2. Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat (Skimming)

Cara belajar TOEFL reading untuk pemula berikutnya adalah dengan meningkatkan kemampuan membaca secara cepat. Pasalnya, setiap bagian dalam tes TOEFL memiliki durasi waktu pengerjaan. Begitupun dengan tes bagian reading. Oleh karena itu, cobalah untuk belajar membaca dengan cepat.

Sehingga, waktu yang diberikan dapat dimanfaatkan secara maksimal. Untuk dapat membaca cepat, lakukanlah latihan secara rutin. Mulailah untuk mengestimasikan waktu. Misalnya targetkan waktu 1 menit untuk membaca satu teks. Sehingga, sisa waktunya dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan soal-soal dalam teks tersebut.

3. Meningkatkan Kemampuan dalam Memahami Teks

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kemampuan untuk memahami bacaan atau teks. Selain membaca cepat, usahakan untuk memahami isi teks. Sehingga tidak akan membaca teks secara berulang kali. Karena hal tersebut hanya akan membuat waktu semakin berkurang dan tidak mengalami progress dalam pengerjaan soal.

Setelah memahami, memperkaya, dan mempelajari kosakata kompleks. Kamu dapat memulai untuk membaca beberapa teks yang bersifat ilmiah. Setelah itu, cobalah untuk memahami keseluruhan isi teks atau setidaknya poin utama dari teks tersebut. Selain itu, kamu dapat pula mencoba untuk membaca beberapa teks contoh soal reading untuk dipahami artinya.

Baca Juga: BACAAN SINGKAT BAHASA INGGRIS UNTUK PEMULA

Belajar TOEFL Reading untuk Pemula: Cara Menjawab Soal Reading

Selain belajar dan berlatih, diperlukan pula strategi dalam mengerjakan soal reading. Hal tersebut dilakukan agar dapat lebih maksimal dalam mengerjakan soal reading TOEFL. Inilah beberapa cara menjawab soal reading yang perlu diketahui!

1. Membuat Estimasi Waktu

Cara pertama adalah membuat estimasi waktu untuk membaca dan mengerjakan soal. Umumnya, soal reading memiliki 50 soal dengan durasi pengerjaan 55 menit. Artinya, satu teks diusahakan tidak lebih dari 2 menit. Karena jika lebih, maka dikhawatirkan waktu akan cepat habis dan belum sempat mengerjakan semua soal.

Namun, jangan pula terlalu terburu-buru saat membaca teks. Karena dikhawatirkan akan banyak informasi dalam teks yang tertinggal. Sehingga, perlu diatur dan diestimasikan secara baik serta tepat saat akan menghadapi soal reading.

2. Membaca Pertanyaan

Agar waktu tidak terlalu terkuras banyak. Alangkah lebih baiknya untuk membaca soal atau pertanyaan terlebih dahulu sebelum membaca teks. Tidak perlu untuk membaca secara detail. Cukup lakukan saja skimming atau membaca secara sekilas. Agar kamu mengetahui apa yang ditanyakan.

Sehingga, pada saat membaca teks pun kamu sudah punya bekal terkait pertanyaanya. Segera jawab pertanyaan apabila sudah ditemukan jawabannya pada teks. Hal tersebut dapat membantu untuk mengefektifkan waktu.

Mengerjakan soal reading memang bukanlah hal yang mudah. Namun, bukan hal yang sulit pula apabila sudah melakukan persiapan. Ikutilah langkah-langkah dalam belajar TOEFL reading untuk pemula dan mengerjakan soal reading di atas. Lakukan secara rutin dan maksimal, sehingga berpotensi mendapatkan skor yang tinggi.

Strategi Umum Belajar TOEFL Reading

Strategi umum bisa kamu gunakan ketika belajar untuk menguasai TOEFL reading, nah, berikut ini poin-poin penting yang harus diperhatikan ya.

  • Pertama kenali tipe-tipe pertanyaan di dalam reading. Misalnya, “what is this passage about?” digunakan untuk menanyakan topik bacaan. Jika sudah bisa memahami tiba-tiba pertanyaan, maka kamu dapat menyiapkan jawaban yang sesuai.
  • Mulai pertanyaan berhubungan dengan Word meaning, vocabulary 
  • Setelah itu lanjutkan dengan pertanyaan yang memiliki rujukan pada kalimat tertentu dalam bacaan tersebut.
  • Jika sudah, kamu bisa masuk ke pertanyaan tentang informasi rinci dari bacaan dalam tes TOEFL, seperti What, where, when, who, why, dan how 

Dengan menggunakan beberapa poin tersebut akan membantu kamu untuk memahami dan memudahkan, serta dapat menyingkat waktu bacaan loh.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

TOEFL (test Of English as a Foreign Language) merupakan salah satu bentuk tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Salah satu bentuk soal yang akan muncul dalam TOEFL yakni mengenai grammar. Terdapat berbagai jenis grammar yang sering keluar di TOEFL....

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language merupakan salah satu jenis tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Tes ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga, penting untuk mencari tahu tips dan trik lulus TOEFL yang bisa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH