Skor maksimal TOEFL

Berapa Skor Maksimal untuk TOEFL?

Jan 26, 2022 | TOEFL

TOEFL menjadi salah satu tes penting untuk kebutuhan akademis kamu. Memahami cara kerja system penilaian akan membuat kamu lebih mudah merencanakan proses belajar. Mengetahui skor maksimal TOEFL akan membantu kamu dalam mempersiapkan diri dan mengetahui metode belajar yang tepat untuk mencapai hasil yang maksimal. Kursus persiapan TOEFL juga membantu kamu agar bisa mendapatkan skor maksimal.

Sistem penilaian TOEFL akan tergantung pada jenis TOEFL yang kamu ambil. Saat ini, ada dua jenis TOEFL yang tersedia, yakni tes berbasis kertas (PBT) dan tes berbasis internet (iBT). Sebanyak 97% dari semua TOEFL adalah iBT, jadi ini adalah tes yang kemungkinan besar akan kamu ambil. PBT sangat jarang diberikan dan hanya akan berlangsung jika pengujian internet tidak tersedia.

Baca Juga: TIPS MEMILIH KURSUS TOEFL ITP ONLINE

Penilaian untuk Skor TOEFL

Jika kamu memilih untuk mengikuti tes berbasis internet atau lebih dikenal sebagai TOEFL iBT, tes kamu akan dinilai secara terpusat oleh kombinasi penilaian komputer dan manual. Namun, kamu perlu ingat bahwa setiap jenis TOEFL memiliki system penilaian yang berbeda. Maka, kamu harus membandingkannya dengan benar.

Skor TOEFL iBT

Sekitar sepuluh hari setelah mengikuti iBT TOEFL, kamu sudah bisa melihat laporan skor secara online sebagai PDF. Kamu juga akan menerima salinan fisik laporan skor TOEFL melalui pos dalam waktu 3 – 6 minggu setelah tanggal tes.

Rentang skor TOEFL adalah antara 0 dan 120 untuk keseluruhan tes dan 0 – 30 untuk bagian individu.

Skor terendah untuk TOEFL iBT adalah 0 dan skor tertinggi untuk TOEFL iBT adalah 120. Beberapa universitas biasanya sangat memperhatikan skor total. Meskipun beberapa juga akan melihat skor bagian individu, terutama dalam sesi berbicara.

Selain skor TOEFL total skor, laporan skor juga akan menunjukkan skor bagian individual kamu. Masing-masing dari empat bagian tes—membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis—diberi skor dari minimal 0 poin hingga maksimal 30 poin.

Skor TOEFL total kamu adalah jumlah dari keempat skor bagian (dengan skor TOEFL maksimum 30 + 30 + 30 + 30 = 120 poin).

Skor TOEFL PBT

Jika kamu memilih TOEFL PBT atau berbasis kertas, maka kamu akan mendapatkan email berisi skor setidaknya 3-6 minggu dari kamu menyelesaikan tes tersebut. Sama seperti iBT, laporan skor akan berisi skor TOEFL total serta skor bagian individual.

Rentang skor TOEFL pada PBT adalah 310 – 677. Artinya: Skor TOEFL terendah yang bisa kamu peroleh di PBT adalah 310. Sedangkan, skor TOEFL tertinggi yang bisa kamu peroleh di PBT adalah 677.

Sekali lagi, seperti iBT, sekolah cenderung paling memperhatikan skor TOEFL total, meskipun beberapa sekolah juga akan melihat skor bagian individual.

Ada tiga bagian pilihan ganda, mendengarkan, ekspresi tertulis, dan membaca, serta kamu akan mendapatkan skor individual untuk setiap bagian. Kamu juga harus menulis esai, di mana kamu bisa mendapatkan skor minimal 0 dan skor maksimal 6.

Baca Juga: ALASAN MENGIKUTI KURSUS PERSIAPAN TOEFL

Bagaimana Cara Kerja Penilaiannya?

Mengetahui skor maksimal TOEFL akan membantu kamu memperkirakan jumlah skor yang akan kamu dapatkan. Jumlah total pertanyaan yang kamu jawab dengan benar pada setiap bagian TOEFL akan berisi skor mentah. Skor inilah yang nantinya harus diubah menjadi skor “skala” oleh komputer.

Kamu akan mendapatkan 1 hingga 3 poin mentah untuk setiap pertanyaan pilihan ganda yang kamu jawab dengan benar dan 0 poin untuk setiap jawaban yang salah. Tidak ada penalti untuk menjawab pertanyaan yang salah, jadi jangan ragu untuk menebak jika kamu tidak tahu jawaban yang benar.

Skor yang telah diubah menjadi skala ini adalah skor yang kamu liat di laporan skor TOEFL kamu. Karena iBT dan PBT berbeda, mereka memiliki skor mentah, skor skala, dan persentil skor yang berbeda.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

TOEFL (test Of English as a Foreign Language) merupakan salah satu bentuk tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Salah satu bentuk soal yang akan muncul dalam TOEFL yakni mengenai grammar. Terdapat berbagai jenis grammar yang sering keluar di TOEFL....

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language merupakan salah satu jenis tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Tes ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga, penting untuk mencari tahu tips dan trik lulus TOEFL yang bisa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH