Berbagai Tipe Soal IELTS yang Harus Kamu Tahu

Berbagai Tipe Soal IELTS yang Harus Kamu Tahu

Tipe soal IELTS terdapat dua jenis, yaitu IELTS academic dan IELTS General Training. Kedua jenis IELTS tersebut sering digunakan dalam serangkaian tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang. Akan tetapi, kedua jenis tes tersebut memiliki tujuan yang berbeda, sehingga kamu perlu mengetahuinya.

IELTS atau International English Language Testing System merupakan salah satu jenis tes bahasa Inggris yang populer. Tes ini biasanya digunakan dalam berbagai kepentingan, seperti keperluan studi, untuk melamar pekerjaan, juga melakukan migrasi bagi kamu yang hendak pindah kewarganegaraan.

Tipe Soal IELTS

Tipe soal IELTS academic dan general training terdapat perbedaan dalam hal tujuan dan kepentingan. Kamu bisa melakukan tes IELTS akademi atau General Training tergantung pada kebutuhan kamu. berikut penjelasan mengenai kedua tipe soal tersebut.

Baca Juga:
Informasi Mengenai Jumlah Soal IELTS

IELTS Akademi

Tes ini diperuntukan bagi setiap orang yang akan mendaftarkan diri pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik dibidang akademik maupun profesional. Tes ini dikhususkan ketika akan memasuki lingkungan yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Soal pada tes IELTS ini akan memberikan gambaran bagi kamu dalam akademis.

IELTS General Training

IELTS General Training dilakukan jika kamu hendak bermigrasi ke beberapa negara seperti Australia, Inggris, Selandia Baru dan Kanada. Tesnya dilakukan dengan tujuan melanjutkan pendidikan, pelatihan maupun pengalaman kerja. Fokus tes ini yaitu pada kemampuan dalam bertahan hidup dari segi sosial juga pekerjaan

Sama halnya dengan tes IELTS Akademik, bacaan pada tes IELTS General Training mengutip artikel dari jurnal, majalah maupun surat kabar. Adapun topik pembahasan dalam IELTS General Training ini adalah seputar kehidupan sehari-hari, dengan narasi yang diambil dari iklan, majalah, buku panduan hingga petunjuk perusahaan.

Jika kamu masih dalam proses mempersiapkan diri untuk melakukan tes IELTS, kamu bisa mengambil kursus persiapan IELTS bersama ICAN English. Kami memiliki tim profesional dan tutor berpengalaman di bidangnya untuk membantu kamu belajar.

Baca Juga:
Cara Belajar IELTS dalam 3 Bulan

4 Jenis Format IELTS

Adapun Format IELTS yang harus kamu ketahui, hal ini bertujuan agar kamu menyiapkan diri sebelum tes dilakukan dan memperoleh hasil yang baik. Berikut ini merupakan beberapa format tes IELTS yang harus kamu ketahui.

1. Listening test

Tes Listening untuk IELTS Akademik maupun IELTS General Training memiliki kesamaan yaitu jumlah soal yang terdiri dari 4 bagian, dengan setiap bagiannya terdiri dari 10 soal yang harus dikerjakan dalam waktu sekitar 30 menit. Pada bagian pertama dan kedua mengenai percakapan sehari-hari, sedangkan bagian ketiga dan keempat mengenai situasi akademik.

Bentuk soal dalam listening terdiri dari pilihan gandamencocokkan, memberi label pada bagan, mengisi formulir/pesan/table/bagan/ringkasan, melengkapi kalimat dan menjawab pertanyaan singkat. Adapun aksen yang digunakan dalam tes ini adalah Amerika, Inggris, Australia, dan Selandia Baru.

2. Reading test

Untuk reading test pada IELTS General Training durasi waktu yang diberikan sekitar 60 menit. Test dilakukan dengan 3 bagian, setiap bagiannya terdapat beberapa teks pendek. Sedangkan pada IELTS Akademi berisikan soal dengan 3 teks panjang dengan durasi yang sama yaitu 60 menit.

Pilihan ganda, Isian True/False/Not Given terhadap informasi pada bacaan, dan pandangan penulis pada bacaan, mencocokkan informasi pada bacaan, judul/heading, kalimat, bacaan, melengkapi kalimat, mengisi formulir/pesan/tabel/bagan/ringkasan, memberi label pada bagan, menjawab pertanyaan singkat 

3. Writing test

Pada writing test pada IELTS akademik, kamu perlu menjelaskan isi grafik akademik dengan tulisan singkat sekitar 250 kata. Sedangkan pada IELTS General Training, topik yang diangkat lebih luas dan tidak seperti IELTS akademik yang lebih spesifik.

4. Speaking test

Dalam tes speaking, seorang examiner akan membersamai kamu dalam 3 sesi. Pada bagian pertama pertanyaan yang diajukan seputar profil kamu. pada bagian kedua kamu akan diberikan topik dengan waktu dua menit untuk berbicara sedangkan pada bagian ketiga kamu akan melakukan diskusi bersama examiner tersebut dalam sebuah topik yang ditentukan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web