Cara Belajar IELTS dalam 3 Bulan

Cara Belajar IELTS dalam 3 Bulan

Cara belajar IELTS dalam 3 bulan bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, seperti latihan percakapan, menulis, dan mendengarkan berbagai kosa kata dalam berbagai aksen bahasa Inggris. Terdapat pula berbagai metode yang bisa kamu lakukan dalam mempelajari IELTS dalam waktu 3 bulan.

7 Cara Belajar IELTS dalam Secara Praktis

Materi yang diujikan dalam tes IELTS ini berupa tes Listening, Reading, Writing dan Speaking. Sehingga dalam persiapan menghadapi tes IELTS kamu perlu menguasai grammar atau tata bahasa dan memperkaya kosakata baru. Selain dengan cara tersebut terdapat beberapa cara yang kamu bisa lakukan dalam mempelajari IELTS, diantaranya sebagai berikut.

Baca Juga:
Judul Film untuk Belajar IELTS

1. Menetapkan Target Pada Tes IELTS

Hal ini bertujuan agar kamu tetap termotivasi dalam proses pembelajaran. Semisal dalam target kamu menentukan skor perolehan tes IELTS dengan nilai 6,0 – 6,5. Selain termotivasi kamu juga akan tetap terfokus dalam proses belajar atau latihan untuk persiapan tes.

2. Mengatur Strategi

Dengan mengatur strategi kamu akan menemukan cara untuk mempersiapkan tes IELTS. Dalam tes ini kamu perlu mengefektifkan waktu, sehingga dalam pelaksanaannya kamu perlu menandai kata kunci yang dapat menolong kamu untuk fokus kepada hal-hal penting.

3. Mempelajari IELTS Melalui Buku

salah satu cara belajar IELTS dalam 3 bulan yaitu dengan mempelajarinya melalui buku panduan untuk mempelajari IELTS. Judul buku tersebut seperti Two IELTS Speaking Books yang ditulis oleh Mark Clark atau Mark Allen untuk latihan berbicara. Adapun buku untuk latihan menulis berjudul Simon’s IELTS Writing Task 1, Task 2 oleh Mark Clark.

Sedangkan, untuk latihan membaca dan mendengarkan judul buku yang direkomendasikan yaitu The set of 9 Cambridge Practice Tests For IELTS. Di dalam buku ini terdapat 36 judul latihan dengan set latihan yang lengkap.

4. Mendengarkan Percakapan Berbahasa Inggris Dengan Berbagai Aksen

Tes listening dalam IELTS dianggap tes yang paling sulit bagi kebanyakan orang, sebab tes ini akan menguji kemampuan kamu dalam memahami konteks materi dalam berbagai aksen bahasa Inggris. Hal ini bisa kamu atasi dengan melatih mendengarkan percakapan berbahasa Inggris.

Kamu bisa melatih kemampuan listening ini dengan mendengarkan berbagai aksen bahasa Inggris melalui podcast atau radio. Setelah menyimak, setiap kalimat yang kamu pahami dituliskan dalam secarik kertas. Apabila kalimat yang kamu pahami dirasa masih kurang, kamu bisa menyimak kembali percakapan tersebut hingga mampu memahaminya.

Baca Juga:
Cara Cepat Belajar IELTS

5. Membaca Jurnal Atau Berita Dalam Bahasa Inggris

Latihan membaca ini akan mengasah kemampuan kamu dalam tes Reading pada IELTS. Untuk latihan ini kamu bisa membaca berbagai jurnal ilmiah berbahasa Inggris dalam topik yang berbeda seperti IT, Kedokteran, Sastra juga Ilmu Pengetahuan Alam. Setelah itu kamu juga bisa menerapkan metode baca secara singkat dengan skimming dan scanning.

Metode skimming merupakan metode membaca cepat seperti halnya menuruni anak tangga secara cepat tanpa membaca informasi secara spesifik. Sedangkan metode scanning dilakukan dengan menyaring informasi penting dalam tulisan yang dibaca. Pada metode scanning kamu perlu menentukan kata kunci dalam pokok pembahasan dari sebuah judul tulisan.

6. Membiasakan Diri Menulis Dan Berbicara Dalam Bahasa Inggris

Cara sederhana ini bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. kamu harus membiasakan diri menulis bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik.sedangkan dalam latihan berbicara kamu bisa melakukannya sendiri maupun mengajak lawan bicara kamu dengan bertanya pada seputar kegiatan yang akan dipilih ataupun perihal lainnya.

Baca Juga:
Film Bahasa Inggris di Youtube

Untuk memantapkan kemampuan bahasa Inggris, kamu bisa mengambil kursus persiapan IELTS di ICAN English. Lembaga kursus yang akan membantu kamu mempelajari bahasa Inggris hingga mahir.

7. Berlatih secara Rutin

Kamu perlu menetapkan waktu dalam mempelajari IELTS, dengan membuat jadwal tertentu menjadikan proses belajar lebih efektif. Latihan yang dilakukan tidak hanya sekedar mengerjakan latihan soal IELTS, kamu bisa juga berlatih melalui kanal media seperti youtube maupun aplikasi di handphone.

Mengenal IELTS Secara Menyeluruh

Tes Akademik IELTS menilai kemahiran berbahasa Inggris pada tingkat akademis untuk menentukan apakah seseorang siap untuk belajar di tingkat sarjana atau pascasarjana, atau bekerja di lingkungan profesional, seperti dokter, perawat, guru atau pengacara.

Tes Akademik menilai kemahiran berbahasa Inggris dalam empat keahlian, Mendengarkan, Membaca, Menulis dan Berbicara. Bagian tes Listening dan Speaking sama untuk Akademik dan General Training, sedangkan bagian Reading dan Writing berbeda.

IELTS Academic dan General Training adalah dua jenis tes yang terpisah, untuk dua tujuan berbeda. Meskipun beberapa organisasi mungkin menerima hasil Akademik sebagai pengganti hasil Pelatihan Umum, keputusan ini ada di tangan mereka. Kamu perlu menghubungi organisasi spesifik untuk mempelajari lebih lanjut.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi