Bermain sambil belajar bahasa Inggris

Tips Bermain Sambil Belajar Bahasa Inggris

Jul 15, 2022 | Other

Siapapun pasti akan memilih bermain sambil belajar bahasa inggris daripada harus belajar bahasa inggris dengan cara yang serius dan menegangkan. Apalagi bagi para pelajar di Indonesia yang notabene bukanlah negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari.

Tidak sedikit pelajar yang merasa bahasa inggris adalah pelajaran mudah dan menyenangkan. Bahkan banyak juga yang benci pelajaran bahasa inggris karena bingung dengan materi grammar ataupun tenses.

Tips Permainan Apa Untuk Belajar Bahasa Inggris

Bagi guru, bermain sambil belajar bahasa inggris menjadi kegiatan menarik yang bisa mengubah pola pikir para pelajar. Tujuannya untuk menghilangkan rasa bosan, dan membangkitkan rasa percaya diri dalam belajar bahasa inggris. Berikut adalah tips permainan apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris:

1. Hangman

Permainan ini sangat mudah dan sederhana. Hangman Games dimulai dengan penentuan tema yang ingin dimainkan. Contohnya, animals, fruits, colors, atau lainnya.

Selanjutnya, misi pemain adalah menyelamatkan seseorang yang sedang dihukum gantung. Tebak masing-masing huruf dari susunan-susunan kata yang sudah tersedia.

Games berakhir kalau pemain tidak sanggup menyelesaikan garis dan huruf-huruf tepat atau sebaliknya, games dinyatakan berhasil dimenangkan kalau ada pemain yang dapat mengisi garis-garis menggunakan huruf yang sesuai.

2. Observe and Remember

Bermain sambil belajar bahasa inggris kali ini melibatkan kemampuan observasi dan mengingat menggunakan bahasa inggris. Instruktur dapat memulai permainan dengan adanya jenis benda kecil yang dapat diidentifikasi secara mudah. Contohnya, penghapus, penggaris, pensil, buku, dan lainnya. Semua benda tersebut harus berada di atas meja.

Saat benda-benda tersebut sudah ada di atas meja, pemain harus melakukan pengamatan terlebih dahulu dengan waktu yang diberikan yaitu dua menit. Pemain duduk sejenak dan dipersilahkan menulis apa saja benda yang mereka lihat pada secarik kertas.

Semakin banyak yang ditulis dalam Bahasa Inggris, maka itulah pemenangnya. Sehingga, sangat membantu meningkatkan kosakata.

3. Blindfold

Belajar sambil bermain berikutnya adalah Blindfold games. Pada game ini, instruktur akan meminta pemain menutup mata memakai penutup mata. Setelah mata tertutup, instruktur akan menggunakan beberapa jenis benda yang harus diidentifikasi oleh pemain tersebut.

Contoh, instruktur akan memberikan pensil, maka pemain harus menebaknya dengan menggunakan kalimat bahasa inggris sebagaimana berikut:

Is it heavy?

Is it long?

Oh, I think it is a pencil

Jika bisa menebak, maka pemain akan menjadi pemenang dan mendapatkan reward.

Pilihan Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Selain dengan berbagai jenis permainan di atas, kamu juga bisa menggunakan game untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Contohnya, kamu dapat mengunduh game Crossword Puzzle untuk meningkatkan kosakata.

Anagram adalah alternatif lainnya untuk bermain sambil belajar Bahasa Inggris dari aplikasi permainan. Konsep game tersebut adalah mengubah sebuah kata dengan kata lain. Sehingga, kamu harus mempunyai perbendaharaan kata yang banyak dan melibatkan pengetahuan. Contoh, kamu bisa merubah kata listen jadi silent.

Cara lainnya agar kamu bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris secara signifikan adalah dengan belajar bersama ICAN English. Lembaga kursus Bahasa Inggris tersebut menyediakan banyak materi dasar yang akan membantu agar kamu dapat meningkatkan skill dengan bantuan tutor berpengalaman.

Dengan cara belajar yang tepat, kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan lebih baik. Banyak aspek yang bisa kamu tingkatkan dengan proses belajar yang tepat. Tutor di ICAN English bisa memberikan materi dan cara belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Lebih lengkap, kunjungi kami secara langsung atau hubungi kami di kontak resmi.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

IELTS atau TOEFL iBT, Mana Lebih Sulit?

IELTS atau TOEFL iBT, Mana Lebih Sulit?

IELTS atau TOEFL iBT memiliki ciri dan tantangannya tersendiri. Sehingga, jika kamu ingin fokus mempelajari salah satu, maka tentukan terlebih dahulu tujuanmu. Perlu kamu ketahui bahwa IELTS cenderung banyak diakui oleh berbagai instansi pendidikan maupun universitas...

Apa Saja Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris?

Apa Saja Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris?

Sertifikat kemampuan bahasa Inggris adalah salah satu persyaratan yang harus kamu miliki jika memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Apalagi jika kamu melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri menggunakan beasiswa, maka salah satu syarat...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH