tips belajar cara pengucapan bahasa inggris

Tips Belajar Cara Pengucapan Bahasa Inggris

Belajar cara pengucapan bahasa inggris sangat penting karena memang ada aturan ketat dalam hal tersebut. Sementara mempelajari gagasan aksen tonik tersembunyi pada Bahasa Inggris bukanlah hal mudah.

Sebagai contoh, kata read bisa diucapkan dengan dua cara, tetapi maknanya berbeda. Kata tersebut tidak mempunyai aksen ataupun indikasi cara baca kata tersebut atau pengucapan mana yang tepat. Sehingga, kamu hanya bisa mengetahuinya jika sudah dalam konteks kalimat.

4 Cara Membuat Pengucapan Bahasa Inggris Lebih Sempurna

Belajar cara pengucapan bahasa inggris tidak mudah. Ketika kamu sudah latihan bahasa inggris, kamu mungkin sudah tahu perbedaan apa saja pada elemen yang mencakup:

  • Pengucapan suara
  • Pengucapan kata
  • Ritme kalimat
  • Intonasi kalimat

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu pengucapan lebih sempurna dalam Bahasa Inggris:

1. Latih Per Kata

Cara paling signifikan untuk mempelajari pengucapan yang tepat yaitu melatih penggunaan Bahasa Inggris serta belajar mengucapkannya per kata. Bahkan cara ini harus dilakukan oleh native speaker, karena ketika membaca suatu kata, tidak selalu sama dengan bagaimana mengucapkannya.

Baca Juga:
Tips Belajar Pengucapan Bahasa Inggris

2. Fokus Satu Aksen

Cara efektif lainnya untuk belajar pengucapan adalah fokus satu aksen terlebih dahulu. Aksen Bahasa Inggris begitu luas dan bervariasi di seluruh dunia.

Lebih baik jika kamu fokus pada sebuah zona negara satu waktu, seperti belajar aksen Britania Raya atau AS. Kamu bisa belajar meningkatkan pengucapan dengan cara lainnya seperti memanfaatkan kursus Bahasa Inggris, seperti di ICAN English.

3. Fleksibilitas Ketika Bicara

Fleksibilitas adalah hal penting untuk berbicara bahasa inggris dengan fasih. Anak-anak bisa belajar Bahasa Inggris lebih mudah, tetapi bagi orang dewasa, kamu hanya perlu mengucapkannya dengan benar.

Selanjutnya, kamu bisa mengubah cara membentuk kata. Kemudian, mengekspresikan hasil belajar tersebut secara verbal.

4. Sering Dengarkan Bahasa Inggris

Apabila kamu punya keinginan menguasai bahasa inggris dengan cepat, salah satu cara terbaik adalah dengan sering mendengarkan. Kamu bisa menggunakan percakapan seperti film, radio, program pertukaran, atau lainnya.

Dengarkan dan tirukan sebagaimana anak kecil yang sedang belajar menirukan ucapan orang dewasa untuk meningkatkan kemampuan pengucapan.

Baca Juga:
Penggunaan To Dalam Bahasa Inggris

Kesalahan Umum Pengucapan Bahasa Inggris

Sekarang, kamu juga wajib tahu apa saja kesalahan umum yang bisa terjadi ketika sedang belajar pengucapan dalam Bahasa Inggris, sebagaimana berikut;

Pengucapan th

Mengucapkan ini tidaklah mudah dalam bahasa inggris. Apalagi pengucapannya bisa menggunakan beberapa cara berbeda.

Pengucapan L dan R

Kedua suara konsonan tersebut seringkali tercampur. Sehingga, terdengar mempunyai arti sama padahal berbeda kata. Contohnya yaitu kata Rice dan Lice.

Pengucapan W dan V

Kesalahan yang paling sering terjadi adalah ketika harus mengucapkan kata Water dan West. Banyak orang mengucapkan Vater, bukan water sehingga membuatnya terdengar berbeda dan membingungkan.

Perubahan intonasi pada huruf E

Saat menambakan e pada kata, mengubah suku kata, contohnya yaitu Not dan Note. Keduanya tampak sama, tapi pengucapannya menggunakan intonasi yang berbeda. Ucapkan Not dengan satu suku kata, sedangkan Note menggunakan dua suku kata.

Baca Juga:
Perbedaan For Dan To Dalam Bahasa Inggris

Huruf Mati Dalam Alphabet di Bahasa Inggris

Konsonan Diam banyak kata Bahasa Inggris mempunyai kata diam. Salah satu contoh yaitu Wednesday, yang diucapkan menjadi Wensday. Tidaklah mudah mempelajari kata mana yang mempunyai huruf diam. Hal ini karena tida adanya aturan terstruktur dalam penentuan cara kerjanya. Padahal, belajar huruf diam pada kata adalah cara baik supaya kamu bisa meningkatkan kemampuan mengucapkan Bahasa Inggris.

Penutup

Itulah penjelasan lengkap tentang seperti apa cara belajar cara pengucapan bahasa inggris. Dengan cara ini, kamu bisa tahu bagaimana dan apa saja yang harus kamu lakukan agar kemampuan mengucapkan bisa meningkat.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi