Belajar cara pengucapan bahasa Inggris

Tips Belajar Cara Pengucapan Bahasa Inggris

Apr 26, 2022 | Bahasa Inggris

Belajar cara pengucapan bahasa inggris sangat penting karena memang ada aturan ketat dalam hal tersebut. Sementara mempelajari gagasan aksen tonik tersembunyi pada Bahasa Inggris bukanlah hal mudah.

Sebagai contoh, kata “read” bisa diucapkan dengan dua cara, tetapi maknanya berbeda. Kata tersebut tidak mempunyai aksen ataupun indikasi cara baca kata tersebut atau pengucapan mana yang tepat. Sehingga, kamu hanya bisa mengetahuinya jika sudah dalam konteks kalimat.

Baca Juga: TIPS BELAJAR PENGUCAPAN BAHASA INGGRIS

Cara Membuat Pengucapan Bahasa Inggris Lebih Sempurna

Belajar cara pengucapan bahasa inggris tidak mudah. Ketika kamu sudah latihan bahasa inggris, kamu mungkin sudah tahu perbedaan apa saja pada elemen yang mencakup:

  • Pengucapan suara
  • Pengucapan kata
  • Ritme kalimat
  • Intonasi kalimat

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu pengucapan lebih sempurna dalam Bahasa Inggris:

1. Latih Per Kata

Cara paling signifikan untuk mempelajari pengucapan yang tepat yaitu melatih penggunaan Bahasa Inggris serta belajar mengucapkannya per kata. Bahkan cara ini harus dilakukan oleh native speaker, karena ketika membaca suatu kata, tidak selalu sama dengan bagaimana mengucapkannya.

2. Fokus Satu Aksen

Cara efektif lainnya untuk belajar pengucapan adalah fokus satu aksen terlebih dahulu. Aksen Bahasa Inggris begitu luas dan bervariasi di seluruh dunia.

Lebih baik jika kamu fokus pada sebuah zona negara satu waktu, seperti belajar aksen Britania Raya atau AS. Kamu bisa belajar meningkatkan pengucapan dengan cara lainnya seperti memanfaatkan kursus Bahasa Inggris, seperti di ICAN English.

3. Fleksibilitas Ketika Bicara

Fleksibilitas adalah hal penting untuk berbicara bahasa inggris dengan fasih. Anak-anak bisa belajar Bahasa Inggris lebih mudah, tetapi bagi orang dewasa, kamu hanya perlu mengucapkannya dengan benar.

Selanjutnya, kamu bisa mengubah cara membentuk kata. Kemudian, mengekspresikan hasil belajar tersebut secara verbal.

4. Sering Dengarkan Bahasa Inggris

Apabila kamu punya keinginan menguasai bahasa inggris dengan cepat, salah satu cara terbaik adalah dengan sering mendengarkan. Kamu bisa menggunakan percakapan seperti film, radio, program pertukaran, atau lainnya.

Dengarkan dan tirukan sebagaimana anak kecil yang sedang belajar menirukan ucapan orang dewasa untuk meningkatkan kemampuan pengucapan.

Baca Juga: PENGUCAPAN KATA DALAM BAHASA INGGRIS

Kesalahan Umum Pengucapan Bahasa Inggris

Sekarang, kamu juga wajib tahu apa saja kesalahan umum yang bisa terjadi ketika sedang belajar pengucapan dalam Bahasa Inggris, sebagaimana berikut;

1. Pengucaan th – Mengucapkan ini tidaklah mudah dalam bahasa inggris. Apalagi pengucapannya bisa menggunakan beberapa cara berbeda.

2. Pengucapan “L” dan “R” – Kedua suara konsonan tersebut seringkali tercampur. Sehingga, terdengar mempunyai arti sama padahal berbeda kata. Contohnya yaitu kata “Rice” dan “Lice”.

3. Pengucapan “W” dan “V” – Kesalahan yang paling sering terjadi adalah ketika harus mengucapkan kata “Water” dan “West”. Banyak orang mengucapkan Vater, bukan water sehingga membuatnya terdengar berbeda dan membingungkan.

4. Perubahan intonasi pada huruf “E” – Saat menambakan “e” pada kata, mengubah suku kata, contohnya yaitu Not dan Note. Keduanya tampak sama, tapi pengucapannya menggunakan intonasi yang berbeda. Ucapkan Not dengan satu suku kata, sedangkan Note menggunakan dua suku kata.

5. Konsonan Diam – banyak kata Bahasa Inggris mempunyai kata diam. Salah satu contoh yaitu Wednesday, yang diucapkan menjadi Wensday. Tidaklah mudah mempelajari kata mana yang mempunyai huruf diam. Hal ini karena tida adanya aturan terstruktur dalam penentuan cara kerjanya. Padahal, belajar huruf diam pada kata adalah cara baik supaya kamu bisa meningkatkan kemampuan mengucapkan Bahasa Inggris.

Itulah penjelasan lengkap tentang seperti apa cara belajar cara pengucapan bahasa inggris. Dengan cara ini, kamu bisa tahu bagaimana dan apa saja yang harus kamu lakukan agar kemampuan mengucapkan bisa meningkat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH